November 29, 2020

Cara Minum Rasulullah SAW

Home Forums Forum Masalah Fiqih Cara Minum Rasulullah SAW

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • Author
    Posts
  • #72866579
    Muhammad Salim
    Participant

    Assalamu\’alaikum Warahmatullohi Wabarakatuh…

    Syukur ke Hadirat Allah SWT, Sholawat dan Salam kepada Nabi Muhammad SAW, serta salam ta\’zim kepada guru kita Al Habib Munzir bin Fuad Al Musawa..

    Pertama saya mengucapkan terimakasih sekali, karena Habib telah meluangkan waktu untuk menjelaskan pertanyaan terdahulu yang sangat panjang.

    Kemudian saya juga mohon maaf yang sebesar – besarnya kepada Habib, bukan maksud saya memberikan PR kepada Habib sebayak itu, saya kira Penjelasannya bisa diringkas…..sekali lagi saya mohon maaf yang sebesar-besarnya..

    Untuk kali ini saya mau menanyakan mengenai \" Cara Minum Rasulullah SAW \" sebagaimana terdapat di dalam buku syamail Imam Tirmidziy sekitar halaman 163 an
    dikatakan Rasulullah SAW minum dalam keadaan berdiri,

    Mohon maaf kalau saya salah baca atau kurang memahami maksudnya dari isi di halaman 163 an tsb, mohon penjelasannya ya Habib…

    Atas penjelasan dan waktunya saya ucapkan terimakasih

    Wassalamu\’alaikum Warahmatullohi Wabarokatuh…

    #72866592
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Kebahagiaan yang hanya Milik Nya semoga selalu melimpah pada anda dan keluarga,

    mengenai sunnah minum ada dua riwayat, yaitu Rasul saw minum dengan berdiri, sebagaimana yg anda sebutkan dalam Sunan Imam Tirmizdi, bahkan adapula riwayat pada shahih Bukhari dg makna serupa.

    riwayat kedua adalah pelarangan atas minum berdiri, sebagaimana diriwayatlkan dalam Shahih Muslim hadits no.2024 dan 2025, yg Rasul saw jelas jelas melarang minum dengan berdiri.

    dari kedua pendapat ini sebagian ulama mengatakan bahwa Rasul saw minum berdiri adalah air zam zam, memang sunnah minum air zam zam,

    namun Imam Ibn Hajar menjelaskan bahwa minum sambil berdiri adalah boleh (jawaz) namun yg lebih baik adalah duduk (tidak berdiri), sebab Rasul saw menjelaskan pelarangan minum sambil berdiri, bahkan Rasul saw berkata bila kalian lupa dan minum sambil berdiri maka muntahkanlah air itu. (Fathul Bari juz 10 hal 82).

    maka guru saya berpegang pada pendapat kedua yg memakruhkan minum sambil berdiri, dan kita mempunyai sanad dari guru saya, dari guru beliau akan hal ini yg bersambung kepada Nabi saw.

    demikian saudaraku yg kumuliakan,

    Wallahu a\’lam

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Fiqih’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru