June 22, 2021

curhat pekerjaan & kyai asrori

Home Forums Forum Masalah Umum curhat pekerjaan & kyai asrori

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • Author
    Posts
  • #143008846
    luqman firmansyah
    Participant

    Assalamu’alaikum wr.wb

    Sebelumnya, tanpa mengurangi rasa hormat pada habibana Munzir AlMusawa yang saya cintai, bolehkan saya memanggil dengan sebutan abah? Saya mau curhat banyak bah.
    Perkenalkan nama saya Muhammad Luqman Firmansyah (21 th) asal kota tegal. saya baru lulus kuliah D3 Akuntansi di sebuah PTN di semarang oktober 2008 lalu. Alhamdulillah saya ketrima cpns di instansi pemerintah. Namun yang masih mengganjal adalah daerah penempatannya yang sangat jauh dari kota asal saya yaitu Makassar (Sulawesi Selatan). Karena persyaratan seorang cpns harus mau ditempatkan di seluruh indonesia, maka meskipun saat mendaftar saya tidak memilih Makassar, akhirnya saya mau menerimanya. Menurut rencana sih akan berangkat kira2 bln Februari2009.
    Saya udah minta restu orangtua. Bapak sih mengiyakan, namun Ibu yang masih berat hati untuk ditinggal anaknya jauh2. Saya ingin mendapatkan ridho dari orangtua dalam masalah ini, sebab saya tau ridhonya orangtua adalah ridhonya Allah juga. Sebenarnya saya pun ketrima di Pegadaian wil semarang, namun setelah berkonsultasi dengan seorang ulama bahwa Pegadaian itu ada unsur ribanya, sebaiknya hindari pekerjaan di bank dan pegadaian, maka meskipun pegadaian menawarkan gaji yang besar tapi saya tinggalkan dengan harapan pekerjaan yang nanti saya jalani adalah yang bener2 berkah dan mendapatkan rizki yang halal. Saya udah membicarakan ini ke Ibu, bahwa walaupun aku harus jauh dengan Ibu tapi ini juga demi Ibu, demi Ortu, untuk kebahagiaan orangtua..Akhirnya, Ibu luluh juga dan mau memberi ijin bagiku untuk mencari nafkah di Makassar.
    1.Saya bingung bah, sebenarnya Ibuku sudah meridhoiku 100% apa belum, bagaimana nanti kalo ternyata Ibuku hanya terpaksa saja? Kalau saya sendiri sih sudah mantap ke Makassar. Mungkin sikap ibu ini karena masih trauma dengan masa dulu, ketika kakak kandungku mencoba peruntungan bekerja di Batam selepas lulus SMA. Berkat bantuan saudaranya, dia diangkat jd pegawai tetap di sebuah BUMN. 4 tahun kemudian, kakakku pulang, ke tanah kelahirannya di kota tegal namun kepulangannya hanya meninggalkan Jasadnya saja dalam peti mati. Kakak kandungku yang sangat saya cintai itu sekaligus juga pulang menghadap ke hadirat ilahi yang maha kuasa dan maha menghendaki. Dia meninggal akibat kecelakaan sehabis pulang kerja, sehabis menjalani kewajiban sholat magrib . Ibuku sangat shock. Dan mungkin hal ini lah yang menjadi penyebab Ibuku menjadi setengah hati melepasku mesku aku tidak tahu isi hati Ibu yang sebenarnya. Bagaimana ini bah? Apa yang harus saya perbuat? Doa dan wirid apa yang paling cocok untuk aku amalkan saat ini bah? Mohon abah mau berkenan untuk mengijjasahkan doa atau wirid itu kepadaku.
    2.Berhubung saya tidak mengenal lebih jauh tentang Makassar, maka dalam benak pikiranku Makassar itu kota yang banyak kerusuhannya seperti yang banyak diberitakan di media. Islam disana juga tidak kental dan cenderung minoritas. Itu hanya perkiraan saja bah, semoga tidak benar. maka saya ingin bertanya apakah di Makassar itu banyak para ulama, kyai, dan habaib berpengaruh yang berhaluan ahlussunnah waljamaah? Dimanakah itu?.. Apakah banyak majelis taklim dan majelis dzikir yang sering menggelar tabligh/dzikir akbar disana?serta pondok pesantren yang berhaluan ahlussunah waljamaah disana?dimana? apakah ada cabang MT Majelis Rasulullah SAW juga disana? saya berkeinginan bekerja disana sambil tidak ketinggalan mendalami ilmu agama di pondok pesantren. Saya takut bah, bila dengan bekerja di Makassar malah semakin menjauh dari Allah SWT. Aku ingin dengan pekerjaanku nanti bisa lebih mendekatkan diri pada Allah SWT Doakan aku ya abah…
    3.Doakan aku bah,,, semoga aku bisa menjalani pekerjaan dengan benar agar bisa mendapatkan penghasilan yang halal dan barokah. Doakan agar aku tidak terjebak dalam perangkap syaithan berupa KORUPSI, apalagi aku bertugas di bagian keuangan yang pastinya banyak godaan untuk bertindak korupsi dan penyelewengan. Doa apa yang cocok bah? Mohon ijasahkan doa tersebut.
    4.Doakan aku bah,,, agar nantinya disana aku terlindung dari bahaya nafsu syaithan, nafsu syahwat yang tidak terkendali, apalagi aku masih sangat muda yang pastinya banyak godaan syahwat dari lawan jenis
    5.Bah, saya pernah tak sengaja membaca sebuah “rubrik surat pembaca” pada sebuah majalah islam yang mana Pembaca mengadukan bagini ke majalah itu:
    “ Ada sebuah kyai kondang asal Kedinding, Surabaya yang pernah berceramah bahwa ada seseorang meninggal dunia, lalu di alam kuburnya di tanyai oleh malaikat, Man Robbuka? Man Nabiyyuka? Dan seterusnya. Namun yang dijawab oleh orang itu hanyalah “ Syeikh Abdul Qadir Jaelani” terus menerus di setiap pertanyaan yang dilontarkan oleh malaikat. Oleh sebab itu, malaikat marah dan melaporkan pada Allah SWT. Namun apa yang terjadi, Allah SWT malah membebaskan orang itu dari siksa neraka dan dimasukkan sorga berkat jawaban itu.”
    Lalu oleh majalah itu, dijawabnya bahwa Kyai itu telah berdusta dan jangan diikuti.
    Nah, abahku yang saya cintai, bagaimana menurut abah? Apakah abah pernah mendengar cerita seperti itu? Apakah benar dengan menjawab “Syeikh Abdul Qadir Jaelani” maka dia dibebaskan dari neraka? Saya jadi bingung bah,, sebab aku sudah bisa menebak siapa kyai itu. Dia adalah kyai besar yang sangat saya kagumi dan saya hormati. Siapa lagi kalau bukan Romo Kyai Haji Asrori Al-Ishaqi (Pengasuh Ponpes AlFithrah Kedinding Surabaya). Sewaktu di semarang dulu, saya sering mendengar ceramah beliau di radio hampir setiap hari, bahkan saya juga sering merekam ceramah beliau dengan menggunakan mp3 player dan saya kumpulkan koleksinya untuk bisa didengarkan dan diamalkan.
    tapi untuk lebih jelasnya, karena saya orang awam yang masih harus banyak menambah ilmu, maka saya meminta pendapat abah tentang pernyataan itu. Kalau memang benar, maka apa dasarnya?
    Demikian lah pertanyaan dari saya, mohon maaf banyak sekali pertanyaannya bah.

    #143008856
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Kesejukan kasih sayang Nya semoga selalu menerangi hari hari anda dg kebahagiaan,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    1. jika tak ada lowongan di tempat yg didambakan bunda, maka berangkatlah, namun teruslah menghubungi bunda dan seringlah pulang sebisanya, dan teruslah menghibur bunda dg sms dll. namun jika ada pekerjaan yg diwilayah dekat bunda namun halal, maka itu afdhal.

    2. anda dapat berhubungan dg Hb Mahmud Alhamid di 085299834447. di Makassar, sampaikan salam hormat saya, beliau adalah penggerak gabungan majelis majelis taklim disana.

    3. saya sarankan anda membaca dzikir Subhanallahi wabihamdih, bacalah 100X setiap pagi dalam keadaan suci, dzikir ini disarankan oleh Nabi saw sebagaimana sabda beliau saew : Barangsiapa membaca Subhanallahi wabihamdih 100X setiap harinya maka berjatuhan dosa dosanya walau sebanyak buih dilautan (Shahih Bukhari)

    dan sabda Rasulullah saw : \"Kalimat yg paling dicintai Allah adalah Subhanallahi wabihamdih\" (Shahih Muslim)

    dzikir ini mencerahkan wajah, menenangkan hati, menyejukkan jiwa, dan membuka banyak kemudahan,

    kenapa?

    karena kita menyukai dan mencintai dan mengamalkan ucapan yg dicintai Allah, maka Allah akan memberi apa apa yg kita senangi dan sukai, yaitu kecerahan wajah, kemudahan hidup, dan ketenangan hati

    4. mengenai riwayat itu, saya belum pernah mendengarnya dan tak berani memastikan bahwa ucapan itu benar, karena belum menemukan jalurnya yg tsigah, namun telah ada pendukung riwayat ini, bahwa Rasul saw bersabda : \"Seseorang akan bersama dg orang yg ia cintai\", maka bisa saja Allah swt munculkan pada mimpi seseorang shalih bahwa orang yg mencintai hamba hamba Nya yg shalih akan dipermudah didalam pertanyaan di alam kubur.

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

    Wallahu a\’lam

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Umum’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru