December 1, 2020

dosa seorang hamba

Home Forums Forum Masalah Fiqih dosa seorang hamba

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • Author
    Posts
  • #72445113
    ahmad heriansyah
    Participant

    assalamu\’alaykum wr wb

    adalah seorang hamba Allah apabila melakukan dosa maka ia akan bersegera bertaubat dan segera mengikuti nya dengan berbagai macam perbuatan baik

    habib yg dirahmati Allah swt, ana mo tanya ttg dosa;
    1. jika seorang hamba Allah melakukan dosa kemudian ia bertobat tp suatu ketika ia mengulangi lagi dosa tersebut bagaimana posisi hamba tersebut?
    2. apabila seseorang melakukan korupsi kemudian ia bertobat namun ketika barang yg dia korupsi hendak dikembalikan ia tidak mampu untuk mengembalikannya dikarenakan ia jatuh miskin atau karena faktor ketidakmampuannya, sehingga pada suatu saat ia lebih dulu di panggil oleh sang Jallah Jallahlu…
    bagaimana posisi orang tersebut dimata Allah swt?..

    wassalamu\’alaykum wr wb

    #72445126
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Cahaya kemegahan Ramadhan semoga selalu menerangi hari hari anda,

    1. Rasul saw bersabda : \"Allah swt berfirman (dalam hadits Qudsiy) : \"Hamba Ku berdosa, dan ia bertobat, karena tahu ia memiliki Tuhan Yang Maha mengampuni, maka kuampuni dosa2nya\", lalu hamba ini bermaksiat lagi lalu ia bertobat lagi dan Allah berkata lagi : Hambaku berbuat dosa, dan ia bertaubat karena ia tahu bahwa Tuhannya maha mengampuni, maka kuampuni dosanya\", lalu hamba ini bermaksiat lagi dan Allah berkata seperti itu lagi. (Shahih Bukhari). dan Allah itu tak pernah bosan menerima taubat hamba Nya hingga hamba Nya lah yg bosan.

    2. mengenai koruptor atau seorang yg mendhalimi orang lain maka bila ia tak mampu menyelesaikannya di dunia dan mengembalikannya pd orang orang yg didholiminya maka sebaiknya ia banyak bersedekah, bila ia sudah jatuh miskin maka beramallah sebanyak banyaknya dan diniatkan pahalanya untuk orang orang yg ia dhalimi, karena kelak ia akan berhadapan dengan Sidang Akbar di hari kiamat, maka orang yg didholiminya akan meminta hak mereka dan ia mesti siap2 amal untuk membayarnya, bila tidak maka ia ditungga api neraka.
    namun bila ia bertobat dengan sungguh sungguh dan bertakwa kepada Allah, Niscaya Allah akan menolongnya.

    wallahu a\’lam

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Fiqih’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru