November 28, 2020

Figih

Home Forums Forum Masalah Umum Figih

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • Author
    Posts
  • #72368070
    WIDAYAT NUR AZIS
    Participant

    Assalamu\’alaikum.
    Semoga Habib dan keluarga selalu dalam limpahan Rahmat Allah SWT, begitu juga umat Rasullullah di akhir jaman ini.
    Tak bosan-bosannya ana yang bodoh ini selalu bertanya, dan semoga ana tidak termasuk orang yang dibenci Allah.
    1. Pernah saya sholat jamaah, pada waktu imam selesai membaca alfatikah sebelum makmum mengucapkan \"Amin\", imamnya berucap \"Robighfirli\" baru amin.
    Adalah landasan dalilnya mengenai ini mohon dijelaskan.
    2. Pada saat masjid/mushola kita dibangun atau nggak cukup untuk menampung jamaah, apakah diperbolehkan kita sholat dilingkungan masjid/mushola tersebut, misalnya dipekarangan atau dijalan atau dirumah yang dekat masjid/mushola tersebut.
    3. Apakah ada cara tertentu untuk memperkuat hafalan kita, Bib, tentunya yang pernah diajarkan Rasul dan dikerjakan ulama2 kita.

    #72368096
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Limpahan kemuliaan Ramadhan semoga selalu menaungi hari hari anda,

    1. mengenai ucapan \"rabbighfirlii\" sebelum mengucapkan \"Amiin\", adalah hal yg sunnah dan pernah dilakukan oleh Rasul saw, sebagaimana diriwayatkan dalam Majmu? zawaid Juz 2 hal 113 Sunan Imam Baihaqi Alkubra hadits no.2281, Ma?jamulkabiir hadits no.107.
    namun sebagian besar para Ulama jarang memakainya.

    2. boleh boleh saja dan tetap sah shalat jamaah walaupun hingga keluar musholla, asalkan tetap shafnya bersambung dengan Imam, dan tentunya dengan syarat agar bila ia akan menuju Imam dari shafnya, tidak harus mundur, bila harus mundur dulu untuk mencapai imam maka shalat jamaahnya tidak sah.

    contoh jelasnya bila terdapat tembok pemisah antara musholla dan yg diluar, nah pintu penghubung antara dua tembok itu posisinya dimana?, bila posisinya didepan, maka shaf boleh bersambung sejajar dengan pintu, bila posisi pintu dibelakang maka shaf hanya boleh bersambung dari pintu itu dan terus ke belakang, bersambung keluar musholla dan jangan ada shaf yg bila makmum ingin mencapai imam mesti mundur, maka shalat jamaah nya tidak sah.

    3. mengenai doa penguat hafalan dari hadits rasul saw ini banyak sekali riwayatnya, saya mencarikan yg pendek untuk anda karena riwayat Sayyidina Ali kw panjang pula doanya dan tak mungkin saya tuliskan disini.
    \"barangsiapa yg risau lupa Alqur\’annya, atau lupa apa apa yg dipelajarinya, maka ia berdoa : \"ALLAHUMMA NAWWIR BILKITAABI BASHARIY, WASYRAH BIHII SHADRII, WASTA\’MIL BIHII BADANIY, WATLIQ BIHI LISAANIY\" (Riwayat Ibn Mas;ud dari Rasul saw). yg artinya : Wahai Allah terangilah penglihatanku dengan kitabulqur\’an, terangkan dadaku, dan pakailah tubuhku ini (utk menyimpan ilmu), dan lancarkan lidahku\".

    dan masih banyak lagi riwayat, sebagaimana dari Adaarimiy yaitu dengan membaca 10 ayat surat Albaqarah sebelum tidurnya, yaitu 4 ayat permulaan Al Baqarah, ALkursiy dan dua ayat sesudahnya dan 3 ayat akhir Baqarah, maka ia tak akan lupa hafalan Alqur\’annya. (riwayat Ibn Sunan) dan masih banyak lagi riwayat lainnya.

    wallahu a\’lam

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Umum’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru