November 25, 2020

Grafiologi

Home Forums Forum Masalah Tauhid Grafiologi

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • Author
    Posts
  • #91818926
    Hendra_Gunawan
    Participant

    Assalamu\’alaikum

    Bib, kemarin dosen sy mempraktekan ilmu grafiologi atau ilmu membaca tulisan tangan yg dipelajarinya sewaktu dia kuliah dulu. Hebatnya, berbagai sifat orang bisa dia tebak dengan cara nulis tanda tangan, nama lengkap dan tanggal lahir. Apa hal itu dibolehkan bib dalam agama?

    Bib, mohon do\’anya, sy sedang menyusun skripsi, mudah2an dimudahkan oleh Alloh dan nilai2nya di semester sekarang bisa lebih baik dari sebelumnya.

    Syukron

    #91818933
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Kesejukan Rahmat Nya dan Keindahan Dzat Nya swt semoga selalu menaungi hari hari anda dg kebahagiaan,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    selama hal itu merupakan teori dan ilmu pengetahuan maka boleh boleh saja, namun bukan ramalan dengan mengandalkan kekuatan Jin atau syaitan, itulah yg dilarang, namun ucapan yg dikeluarkan dg teori yg jelas,
    misalnya orang yg berpengalaman memancing di sungai, ia mencium bau banjir, segera ia naik dari aliran sungai, karena ia mencium bau banjir besar, dan banjir belum datang, namun bbrp menit/jam kemudian banjir datang melanda.

    ini bukan ramalan namun ilmu atau teori, juga misalnya seorang ulama yg berkata : esok akan turun hujan sesudah subuh..!, maka betullah ucapannya, esok hari sesudah subuh hujan turun, ini bukan ramalan jin, ia berkata ini adalah ilmu, aku merasakan kelembaban ditanah dan ini menunjukkan hujan akan turun beberapa jam lagi,

    dan hal yg semacamnya,

    jika ia memiliki ilmu teori dan pengetahuan membaca pemikiran orang dg tulisannya maka hal itu boleh saja, namun tidak menafikan Dzat Allah swt sebagai penentu segala kejadian, dan tidak percaya padanya tidak berdosa, dan takut dan percaya padanya bisa jadi dosa jika melupakan Kemampuan Allah swt.

    berbeda lagi firasat orang shalih, hal ini diakui oleh Rasul saw yg bersabda : \"hati hati dg firasat orang shalih, sungguh mereka itu melihat dg cahaya Allah\".

    sebagaimana riwayat riwayat shahih bahwa para sahabat pun ada yg terjadi pd mereka hal spt itu.

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga sukses dg segala cita cita, semoga dalam kebahagiaan selalu,

    Wallahu a\’lam

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Tauhid’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru