November 25, 2020

hadis

Home Forums Forum Masalah Fiqih hadis

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • Author
    Posts
  • #73956046
    Dadang Sulaiman
    Participant

    puji sarta syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT yg telah memberikan kita nikmat yang banyak dan tak terhitung.
    Shalawat serta salam selalu tercurah limpah kepada Nabi Muhammad dan keluarga serta sahabatnya mudah -mudahan kita semua mendapatkan syafaatnya.Amin
    Habib ana mau tanya:
    1.Saya pernah baca di buku ( judulnya saya lupa ) di buku itu di katakan bahwa \" perbedaan didalam umat ku adalah rahmat\" menurut buku tersebut hadis itu dhoif
    mohon penjelasan dari habib?
    2.apakah benar bahwa di akhir jaman umat nabi akan terbagi menjadi 73 golongan tapi hanya satu yg di jamin masuk surga atau di ridhoi Allh ? golongan manakah itu dan mohon penjelasan Habib tentang nama nama golongan tersebut?
    mohon penjelasan habib mengenai perhitungan bulan hijriah mengapa di namakan seperti itu misal Muharam dll apakah ada sejarahnya tentang nama nama bulan itu ?
    Terima kasih atas jawaban habib dan saya mohon maaf kalo kata – kata saya ada yang salah.
    mudah-mudahan jawaban habib bermanfaat untuk saya .Amin

    #73956099
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Limpahan kasih sayang Nya semoga selalu tercurah pada anda dan keluarga,

    saudaraku yg kumuliakan,
    1. mengenai ikhtilaf ummaty adalah rahmat memang haditsnya dhoif, namun bukan berarti ikhtilaf ummat ini pasti membawa musibah, karena Rasul saw membenarkan kedua kelompok sahabat yg berbeda pendapat memahami perintah beliau, keduanya tak disalahkan oleh Rasul saw menunjukkan bahwa ikhtilaf telah ada dimasa beliau saw dan rasul saw menerima keduanya, karena keduanya dalam kebenaran.

    2. mengenai 73 golongan itu memang benar, dan kita mesti memilih salah satunya, sebagaimana sabda Rasul saw : \"Yahudi terpecah menjadi 71 golongan, dan nasrani 72 golongan, dan terpecah ummatku menjadi 73 golongan, kesemuanya masuk neraka kecuali satu golongan\" para sahabat bertanya : siapa mereka Wahai Rasulullah?, Rasul saw menjawab : \"adalah yg kujalankan kini dan para sahabatku\". (Tafsir Ibn Katsir Juz 1 hal 347 riwayat Imam Hakim).
    maka para ulama memperjelas bahwa yg satu golongan selamat adalah yg terbesar, yaitu ahlussunnah waljamaah, karena padanya 4 madzhab yg telah diakui oleh ribuan Ulama, Muhadditsin, Huffadh dan para Imam, dan pecahan yg 72 golongan adalah golongan golongan kecil yg memisahkan diri dari golongan besar yg padanya ribuan muhaddits dan Imam Imam.
    mereka memisahkan diri dan berbeda dengan Ahlussunnah waljamaah, dan yg ada pada kita ini adalah ahlussunnah waljamaah, dan golongan golongan baru yg muncul di akhir zaman inilah yg kita harus berhati hati.

    3. mengenai nama nama bulan qamariyah sudah ada sejak sebelum islam, walaupun ada beberapa pendapat ulama bahwa sya\’ban, ramadhan dan beberapa bulan lainnya ada sebabnya dinamai demikian, sebagaimana sya\’ban dinamai demikian karena banyaknya terkumpulnya kebaikan di bulan itu. dari kalimat tasya\’ab, dan masih ada beberapa riwayat lainnya, namun jelas nama nama itu sudah ada sejak sebelum kebangkitan islam.

    beribu maaf saya terlambat menjawab anda, nama anda mirip dg nama saya jadi tak terlihat selintas, barangkali kacamata ini sudah mesti diganti pula. sekali lagi beribu maaf,

    demikian saudaraku yg kumuliakan,

    wallahu a\’lam

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Fiqih’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru