June 14, 2021

hanya….

Home Forums Forum Masalah Umum hanya….

Viewing 4 posts - 1 through 4 (of 4 total)
  • Author
    Posts
  • #145449481
    Abdul Latif, S.Hut
    Participant

    Assalamu\’alaikum….

    Maaf habibana… hanya ingin mengucapkan \"selamat Hari lahir\"

    semoga Allah ………………………………………………………………………………………………………

    duh bib bingung mau doa apa rasanya tak pantas Hamba yg penuh berdosa spt sy memohon yg gak karuan…. yah, yg baik-baik dan yg terbaik u/ habib dan keluarga….

    maaf telat, seharusnya tgl 23 ya bib…. tapi karena Quota nya gak kedapatan terus…. yah baru hari ini….

    Mhn doanya ya bib….

    WAss…
    Hamba yg penuh dosa…
    Abdul LAtif

    #145449493
    Abdul Latif, S.Hut
    Participant

    Assalamu\’alaikum….

    habibana… semoga limpahan karunia, Rahmat dan Kelembutan-NYA senantiasa menghampiri setiap desah nafas kita….

    mengaruniakan keindahan Pemberian-NYA….
    habib, ada sebuah pertanyaan yg masih mengiang-ngiang ditelinga saya… karena pernah di perdengarkan kepada saya ttg firman Allah QS 2:30

    \"Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: \"Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.\" Mereka berkata: \"Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?\" Tuhan berfirman: \"Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.\"

    pertanyaan nya adalah :
    1) kenapa bisa sampai-sampai malaikat yg mulia seakan-akan protes kpd Allah ttg kekhalifahan manusia di muka bumi…..?

    lalu
    2) darimana juga pikiran malaikat yg mengganggap bahwasanya manusia merupakan perusak dan pembuat pertumpahan darah… dari mana para malaikat mengetahui hal tsb, padahal manusia blm lagi turun kebumi….

    duh, bib ini pertanyaan membuat saya bingung…. sampai ada yg terlontar kalimat…. \"…kita gak tahu ada dibagian mana kehidupan, diperiode keberapa dari kehidupan….\" duh, benar membuat saya bingung sehingga sy bertanya kpd yg lebih mengetahuinya,..

    demikian saja bib, kesempatan kali ini….
    oh iya, kapan kiranya habib berkenan berkunjung majelis di Masjid Al Anwar Sukabumi Utara Rawa Belong, kebon jeruk… mdh2n bisa ada waktu…

    [b]untuk admin….[/b] apakah sudah ada jadwal maulud agung 2009….???
    mohon infonya maulud agung terutama di daerah jadebotabek….

    semoga berkenan.

    Jazakumullah khair,
    Abdul Latif

    #145449491
    Munzir Almusawa
    Participant

    Hayyakumullah.. semoga Allah menyambut anda dengan segala anugerah Nya swt..

    #145449495
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Kesejukan kasih sayang Nya semoga selalu menerangi hari hari anda dg kebahagiaan,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    berikhtilaf para ahli tafsir dalam menafsirkan hal ini, namun ada dua pendapat kuat yg saling menguatkan satu sama lain, sebagaimana dijelaskan oleh Imam Ibn Katsir,mam Attabati dan para Imam lainnya dalam tafsirnya pada ayat tsb, bahwa para malaikat sudah diberi pengetahuan oleh Allah swt, sebagaiamana firman Allah swt yg juga menjelaskan bahwa Malaikat berkata : TIADALAH KAMI MENGETAHUI KECUALI YG TELAH KAU AJARKAN PADA KAMI, (QS Al Baqarah 32),

    Allah memberi kabar kepada malaikat dan pengetahuan bahwa akan diciptakan Manusia, dan akan terjadi pertumpahan darah dan permusuhan, dan sampai disitulah pengetahuan malaikat, dan Allah belum memberitahukan kemuliaan kemuliaan yg akan muncul dari para shalihin, syuhada, para rasul dll.

    dan pertanyaan malaikat bukan berupa protes karena para malaikat itu tidak diberi sifat itu oleh Allah, mereka dicipta dari cahaya, dan hanya berbuat apa apa yg diperintah oleh Allah swt dan tiada berbuat maksiat pada Allah swt, sebagaimana dijelaskan pada surat Attahrim 6 dan Annahl 49-50, bahwa para malaikat itu tidak berbuat maksiat dan patuh hanya kepada apa yg diperintah oleh Allah,

    terbukti ketika diperintahkan sujud pada Adam as mereka sujud tanpa menyangkal, padahal sujud pada selain Allah lebih patut dipertanyakan daripada menciptakan manusia.

    maka Allah ingin memunculkan percakapan itu kepada manusia, agar diketahui bahwa makhluk suci seperti malaikat pun tidak diberikan kuasa sebagai khalifah, inilah keturunan Adam as yg dimanjakan oleh Allah swt.

    ada penafsiran lain bahwa dimuka bumi pernah dihidupkan kelompok makhluk yg mirip dg manusia, dan mereka merusak dan berbuat kehancuran, dan ini diketahui oleh malaikat, dan kembali ditanyakan pada Allah, apakah akan ada makhluk yg sama dg perbuatan kerusakan lagi dimuka bumi?.

    didalam Alqur;an dan hadits, sering terlihat seakan malaikat lebih tahu dari Allah, namun bukan demikian maksudnya, namun yg dimaksud adalah agar percakapan antara Allah dan malaikat itu diketahui dan ditafakkuri oleh manusia,

    sebagaimana puluhan riwayat shahih Bukhari dan shahih muslim dan riwayat shahih lainnya bahwa Allah bertanya pada malaikat, apa yg diperbuat hamba Ku itu?, apa yg diucapkannya saat wafat kekasihnya?, apa yg dikatakannya ketika kujadikan ia tidak melihat (buta).,
    dan banyak lagi pertanyaan pertanyaan ini yg Allah tanyakan pada malaikat, padahal Allah Maha Tahu, namun Allah ingin kita mentafakkuri firman firman Nya itu, bahwa betapa agungnya Allah memanjakan dan menyayangi kita.

    Insya Allah masjid anda akan kita kunjungi..

    mengenai jadwal maulid agung, Insya Allah ditampilkan oleh Admin II

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

    Wallahu a\’lam

Viewing 4 posts - 1 through 4 (of 4 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Umum’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru