December 1, 2020

Hari Idul Fitri

Home Forums Forum Masalah Umum Hari Idul Fitri

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • Author
    Posts
  • #81860787
    rommy
    Participant

    Assalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh…

    Semoga habib selalu dalam keadaan sehat dan panjang umur selalu..amien

    Bib saya telah membaca penjelasan habib mengenai perbedaan penetapan hari Idul fitri dan habib mengatakan memisahkan diri dari muslimin itu adalah kekuhuran.

    yang ingin saya nanyakan adalah kan keduanya adalah muslim bib , terus kalau terjadi suatu perbedaan sesama muslim dan kita meyakini bahwa muslim minoritas adalah yg benar knpa kita malah mengikuti yg salah??

    Apabila terjadi perbedaan antara Muslim dan Umat Nasrani dan ternyata yg benar adalah umat nasrani tersebut tetapi bukan masalah agama bib, apakah kita tetap harus membela Muslim yg salah??

    manakah yg lebih baik mengakui dan berlapang dada apabila pendapat kita salah dan mengakui org lain itu yg benar atau tetap mempertahankan pendapat kita karna lebih banyak yg mengikuti kita?

    Manakah yg lebih baik mengikuti muslim yg minoritas atau yg mayoritas tetapi malu untuk mengakui kebenaran?

    Apakah di zaman Rasulullah pernah terjadi perbedaan2 pendapat sesama muslim bib, bagaimanakah Rasulullah memutuskan dan menyikapinya???

    bib semakin lama kok saya liat semakin byk perbedaan2 antara sesama umat muslim ya?dan perbedaan2 itu muncul malah dari orang2 yg ibadahnya dan imannya dekat dengan Allah tetapi mereka merasa selalu paling benar dan egois tanpa memperdulikan umat yang semakin kebingungan.

    Saya gak bisa membayangkan lagi gmna nantinya apabila 20 thn atau 30 thn kedepan apabila perbedaan2 ini tidak dicari solusinya?setiap org punya bermacam macam dalil untuk membenarkan pendapatnya.

    Setiap imam mempunya pendapatnya masing2 dan gmna jadinya jika muncul ribuan imam dimasa yg akan datang yg mempunyai pendapat yg berbeda2 semakin byk pula muslimin yg bingung bib.

    atas penjelasan yang habib berikan saya mengucapkan terima kasih ya bib

    mohon maaf atas segala perkataan atau pertanyaan saya yg kurang sopan bib.ini semata mata untuk menghilangkan rasa kebingung2gan saya dengan byknya perbedaan2 pendapat sesama ulama dan imam2.

    Saya hanyalah org yg miskin ilmu tetapi haus dan selalu kepingin tau byk tentang semuanya bib

    wasalamualikum

    #81860814
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Cahaya Rahmat Nya swt semoga selalu menerangi hari hari anda dengan kebahagiaan,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    yg dimaksud disini adalah masalah Ijtihad, atau masalah yg akan menyebabkan pertumpahan darah, maka kita mengikuti muslimin terbanyak,

    bukan masalah yg telah baku, misalnya shalat, wajib puasa, zakat dll, ini tdk berubah, namun ketika terdapat perbedaan pendapat ijtihad Muslimin seperti idulfitro, 1 ramadhan, , kita memilih Jamaah Muslimin terbanyak, karena sudah pasti kelompok muslimin terbanyak itu lebih banyak ulama nya, fuqaha nya, shalihinnya,

    demi meredam perpecahan muslimin, sebagaimana Hasan bin Ali bin Abi Thalib ra rela menyerahkan khilafahnya pada Muawiyah demi jangan terjadi pertumpahan darah antara muslimin, padahal banyak para sahabat yg berfihak pada beliau ra,

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu,

    Wallahu a\’lam

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Umum’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru