October 29, 2020

harta

Home Forums Forum Masalah Umum harta

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • Author
    Posts
  • #180058969
    Riwaldi
    Member

    assalamu\’alaikum.wr.wb.habibana yg sy cintai semoga limpahan rahmat Nya selalu menaungi habibana sll.1.habibana bagaimana hukum nya orang tua sy sekarang berjualan sepatu .tapi uang nya dari hasil berjualan kaset bajakan dulu.dan sekarang sudah tidak jualan kaset lagi. bagaimana hukumnya tapi setiap haul selalu zakat bagaimana sy sbg anak apakah boleh memakan uangnya? terimakasi atas jawabannya.wassalamualaikum

    #180058973
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    kebahagiaan dan Kesejukan Rahmat Nya semoga selalu menaungi hari hari anda,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    masalah kaset bajakan, ada keluasan penjelasannya, jika yg dimaksud adalah membajak kaset demi bebas dari pajak, itu tidak melanggar syariah, pajak tidak wajib dikeluarkan, namun masalah pajak baiknya ditunaikan jika dirisaukan akan membawa mudharrat bagi kita.
    jadi jika hasil itu dari bajakan demi menghindari pajak, maka itu masalah ia dg pemeritah, bukan syariah, syariah tak mewajibkan kita bayar pajak, namun dirisaukan saja akan menjadi masalah dg pemerintah maka membawa mudharrat bagi kita.

    namun jika bajakan itu milik orang lain, maka belum halal sebelum diizinkan oleh pemilik awal yg memproduksinya, jika sudah terlanjur, dan sulit menemukan pemilik awalnya untuk meminta maaf dan ridhonya (tanpa perlu membayar ganti rugi jika mereka maafkan), maka hendaknya perbanyak sedekah saja untuk kelak membayar tuntutan mereka di akhirat jika mereka menuntutnya, maka kita sudah siapkan pahala pahala sedekah untuk membayarnya di hadapan Allah swt.

    anda terlepas dari masalah itu saudaraku, karena ayahanda sudah banyak bersedekah

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

    Wallahu a\’lam

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Umum’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru