November 28, 2020

HIJRAH NABI TANGGAL 4 ROBIU\’L AWAL ???

Home Forums Forum Masalah Tauhid HIJRAH NABI TANGGAL 4 ROBIU\’L AWAL ???

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • Author
    Posts
  • #95613180
    ucha
    Participant

    Assalammualaikum WR WB

    Semoga keberkahan dan rahmat Allah selalu tercurah kepada Habibana dan Keluarga Habibana serta Jama\’ah Majelis Rasulullah yang senantiasa menegakan dan membela Sunnah Baginda Nabi Besar Muhammad S.A.W

    Sebelumnya saya mengucapkan Jaza Kumullah khoiru jaza atas ilmu – ilmu yang Habib transfer kepada saya mudah – mudahan ilmu – ilmu ini dapat bermanfaat kepada saya dan mudah – mudahan pahala ilmu yang saya dapatkan mengalir kembali kepada habibana.

    Ya Habibana jujur saya sangat takjub dengan antum di dalam beretorika ( dakwah billisan ) sungguh kelembutan itu selalu mengalir didalam ucapan – ucapan Habibana, mudah – mudahan Allah juga menganugrahkan kelembutan – kelembutan kepada saya dan seluruh jama\’ah MR di dalam berdakwah. Pada majelis mingguan MR di masjid Almunawar tertanggal 10 – 3 – 2008 kita kedatangan banyak tamu dari Guru – guru kita saat itu habib mempersilahkan guru – guru kita untuk tampil dan menyampaikan beberapa nasihat atau wejangan untuk kita semua , di tengah – tengah sisa waktu yang begitu sedikit dan tidak seperti biasanya, hanibana menjelaskan satu hadits dengan begitu jelas meskipun waktunya hanya sebentar akan tetapi hadits yang didalamnya terdapat doa tersebut sangatlah mengena untuk kita semua hal ini dibuktikan dengan banyaknya jama\’ah yang mengambil hadits tersebut . dan Saya pun merasa doa ini merupakan doa yang dicari – cari selama ini , terlebih lagi didalam doa ini terdapat doa agar kita di lndungi dari Hutang 2x ,mmm ?? mungkin kata – kata hutang yang membuat jama\’ah tertarik dengan doa tersebut .

    Saya mohon maaf Ya Habibana , jikalau saya terlalu bertele – tele di dalam bertanya, saya hanya mengungkapkan ketakjuban saya kepada Habibana didalam mensiasati waktu dalam berceramah.

    Akan tetapi yang menjadi pertanyaan saya saat ini adalah tenang Hijrahnya Baginda Nabi Besar Muhammad SAW , dimana malam itu Habib berkata bahwa Hijrahnya nabi yaitu pada tanggal 4 Robiul Awal , lalu bagaimana dengan tangal 1 hijriah tersebut ??? , mohon Habib menjelaskan tentang perihal ini

    Atas perhatian dan Jawabannya saya mengucapkan Sukron Katsiron !!
    Mudah – mudahan keberkahan dan rahmat Allah selalu tercurah kepada Habibana , keluarga dan jama\’ah MR.

    SUBHANALLAHU WABIHAMDIH ..

    Wassalammualaikum WR WB.

    #95613233
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Keindahan Anugerah Nya swt semoga selalu terlimpah pada hari hari anda dan keluarga,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    itu semua adalah berkat doa guru mulia dan doa hadirin sekalian,

    mengenai sejarah tersebut adalah pada Sirah Ibn Hisyam, dan memang riwayat mutawatir dan shahih bahwa Hijrah Rasul saw bukan pada 1 Muharram, tapi Khalifah Umar bin Khattab ra memajukan penanggalan hijriyah mulai 1 Muharram, namun hijrah Rasul saw sendiri adalah pada rabiul awal, dan sampai di Madinah pada 12 Rabiul awal hari senin,

    mengenai pendapat Ibn Hisyam ini bahwa hijrah Rasul saw adalah 8 hari untuk tiba di madinah, maka keluarnya adalah 4 Rabiul awal.

    Sayyidina Umar ra menghitung tahun hijriah muilai 1 Muharram karena mulai diizinkannya hijrah para sahabat ke Madinah dg perintah Rasul saw, namun Rasul saw baru Hijrah pada rabiul awal.

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga sukses dg segala cita cita, semoga dalam kebahagiaan selalu,

    Wallahu a\’lam

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Tauhid’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru