November 25, 2020

hisb

Viewing 6 posts - 1 through 6 (of 6 total)
  • Author
    Posts
  • #73453415
    WIDAYAT NUR AZIS
    Participant

    Assalamu\’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    Semoga keridhoan Allah selalu menaungi kehidupan habib dan keluarga,

    Pada malam selasa kemarin di masjid Munawar saya tertidur sebentar sambil duduk, karena biasanya saya tidak pulang dulu ke rumah, saya berusaha untuk datang ke majelis, dan setelah terbangun saya diberi fotokopian hisb imam nawawi,
    – apakah keutamaan hisb tersebut dan kapan kita mengamalkannya?
    – dimanakah saya bisa dapatkan terjemahan hisb tersebut?
    Ana juga pengin bertanya, gimana untuk mempertahankan imam ini supaya tetap istiqomah, karena terus terang, untuk istiqomah, saya sendiri merasakan kesulitan.
    Misalnya untuk menjalankan sholat malam dan menjaga pandangan.
    Mungkin habib ada cara2 khusus untuk istiqomah,

    Dan mohon doa\’nya semoga pada hari jum\’at yang akan datang saya dapat hadir di masjid Al Makmur, karena pada waktu habib Umar di Munawar, walaupun udah saya persiapkan untuk hadir, Allah berkehendak lain, banjir telah mengepung tempat tinggalku sehingga untuk keluar tidak memungkinkan.

    #73453425
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Limpahan Kebahagiaan semoga selalu menghiasi hari hari anda,

    saudaraku yg kumuliakan,
    hizb Nawawi adalah doa yg dibuat oleh Al Hafidh Al Muhaddits Al Imam Abu Zakariya Yahya bin Syaraf Annawawi rahimahullah dari kumpulan beberapa hadits Nabi saw.

    mengenai waktu membacanya, maka Guru Mulia kita mengajarkan membacanya setiap ba\’da subuh dan ba\’da isya, bila tidak maka cukup sekali sehari, dan manfaatnya adalah menjaga kita dan keluarga kita dari gangguan sihir, binatang berbisa, kerusakan harta, kecurian dll, semuanya tersirat maknanya dari doa doa tersebut yg berdasarkan hadits Rasul saw.

    mengenai terjemahnya wallahu a\’lam, bila saya ada waktu luang akan saya terjemahkan insya Allah.

    mengenai Istiqomah memang butuh perjuangan saudaraku, namun teruslah berdoa, dan meminta, karena Dia swt yg membagi bagikan sifat mulia itu pada Hamba Nya,

    semoga anda dapat hadir di masjid almakmur jumat ini, dan dapatkan vcd kedatangan guru mulia di almunawar.

    saudaraku, doaku menyertaimu,

    wallahu a\’lam

    #73453443
    Muhammad Thoyib
    Participant

    Assalamu\’alaikum warahmatullohi wabarakatuh.
    Semoga rahmat Allah selalu bersama Habiebie dan menaungi jamaah Majelisrasululloh semuanya…amien.
    Habiebie yang baik dan bijaksana. Kalau kita telah membaca hizb dan bacaan mulia lainnya bertahun-tahun lamanya. Kemudian kita mendapat lagi wiridan lain yang juga bermanfaat untuk lebih taqarrub kepada Allah Robbul\’alamien. Permasalahannya terkadang kita ada tamu yang datang, dan akhirnya menumpuk hutang wiridan yang belum kita qodho. hmm (seringnya sih kesiangan … ) Pertanyaannya :
    (a) Bagaimana sebaik-baik mengatur urutan wirid2 itu. Mana yang duluan dibaca antara hizb nashr, nawawi, bahr, syafi\’i, kabir, hafzhoh dll (kalo ada yang laen kasih tau ya habiebie)
    (b) Bolehkah kita mengurangi waktunya, misalnya dari sehari sekali menjadi tiga hari sekali, he he Berdosakah kita meninggalkan wirid yang udeh bertahun-tahun kita baca digantikan dengan wirid yang laennya?
    (c) Kalou untuk sholat tahajud itu, bagusnya kita banyakin zikir atau mutholaah kitab. Soalnye keduanya penting.
    Udeh dulu Habiebie. Semoga Habiebie memakluminya. Mohon maaf pabila ada kesalahan atau kekhilafan atas pertanyaan ana ini. Jazakalloh khoiron katsiiro

    #73453452
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Limpahan keridhoan Nya semoga selalu menghiasi hari hari anda,

    saudaraku yg kumuliakan,
    ada kitab kumpulan wirid oleh Guru Mulia Alhabib Umar bin Hafidh, namanya Madad Nabawiy, beliau telah mengaturkan waktu waktu untuk membaca Hizb Nashr, Hizb Bahr, Hizb Nawawi dll, bila anda memilikinya saran saya anda mengikuti tatanan beliau, karena beliau sangat memahami mana efek terbesar waktu bagi suatu hizb untuk dibaca,

    (b) tidak berdosa meninggalkan hal yg bukan wajib, namun makruh meninggalkan wirid yg biasa kita baca, sebagaimana dikatakan ketika Imam Sya\’rani diambang sakratulmaut masih sibuk meng qadha wirid wiridnya yg terlewat dan tertinggal sebab kesibukan atau sakitnya, namun bila anda tak mampu maka boleh diganti dg shalawat atas Nabi saw.

    (c) tentunya tahajjud pada waktunya dan muthola\’ah pada waktunya, namun bila anda mempelajari ilmu juga diwaktu tahajjud maka mulailah dengan tahajjud dulu, agar muthala;ah dan muraja\’ah anda lebih sempurna dan jernih.

    demikian saudaraku yg kumuliakan

    wallahu a\’lam

    #73453489
    Muhammad Thoyib
    Participant

    Assalamu\’alaikum warahmatulloh wabarokatuh.
    limpahan Kasih Sayangnya semoga selalu menyertai Habiebie dan jama\’ahnya.
    Terima kasih atas jawabannya semoga mjd ilmu yg bermanfaat. Kelihatannya ana harus bertemu Habiebie di markaz majelisrasulullah untuk memperoleh kitab aurad karangan Guru Mulia Al Habib Umar bin Hafidh (semoga kita memperoleh keberkahan ilmunya di dunia dan akhirat, amien). Sekalian melihat kemungkinan Habiebie bisa taklim di Pd. Cabe sabtu pagi atau Minggu pagi yaa sebulan sekali aja juga masykuuuuur, boleh kan bib?
    Habiebie, ana mao curhat nih.
    Kemaren ketika ada angin puting beliung, bait ana juga kena. 6 lembar atap dari asbesnya pecah beterbangan en air hujan membasahi ruangan dalem bait. Perasaan ana takut dan harap, bersamaan dengan geledek yang menggelegar2. Subhanaka laa ilaha illa anta, inni kuntu minazh zholimin. Sekarang alhamdulillah do\’a dan tawasul, bait ana uda pulih, bahkan ada dana lebih dikit hasil sumbangan kakak & adik2 ana sendiri. alhamdulillah.
    Pertanyaannya begini Habiebie :
    (1) Kok wiridan ana gak mempan menolak angin beliung sih
    (2) Lima menit sebelum kejadian ada gambaran di hati ana bahwa angin muter akan dateng ke arah bait ane dan sekitarnya. Sebenarnya lintasan itu biasanya aja atau Allah sayang sama ana, hmm (pengennya sih disayang banget)
    (3) Gimane caranye biar wirid yang ana baca itu selalu khusyu\’ dan Allah selalu hadir di hati ana setiap saat. (ini pengennya bib).
    Ude dulu deh. Syukron katsiron.
    Wassalamu alaikum warahmatulloh wabarakatuh

    #73453505
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Limpahan kebahagiaan semoga selalu menaungi hari hari anda,

    saudaraku yv kumuliakan, ahlan wa sahlan, kitab wirid Madad Nabawi Insya Allah stok nya masih banyak di markas.

    pondok cabe?, sangat bisa, mumpung kan katanya cabe lagi mahal nih.. he..he..he.. insya Allah bisa.

    pertanyaan anda yg pertama ini membuat saya geli, saya yakin ada hikmahnya angin puting beliung itu tidak mempan kena wirid antum, sebab kalau mempan.. wah.. anda bisa jadi pawang angin puting beliung, bisa diundang ke Amerika serikat sana untuk menghadapi Tornado disana, saudaraku yg kumuliakan, ampuni saya kalau saya bercanda, ini sudah dinihari dan saya terkantuk kantuk menjawab, jadi saya perlu rileks supaya ngga tidur nibanin meja.

    1. saya yakin wirid anda itu bermanfaat, dan sangat meringankan keadaan walau tidak 100% percayalah saudaraku, nama Allah tidak sia sia.

    2. nah.. kejadian itu merupakan firasat orang mukmin, dan itu diakui dalam hadits shahih.

    3. wirid selalu khusyu bila diawali dg mengingat kelembutan ilahi, banyak hadir di majelis ilmu atau majelis dzikir, dan jangan terlalu kenyang saat berdzikir, anda dapat bedakan bila anda berdzikir selepas makan atau sudah beberapa jam dari habis makan, jauh berbeda, perut yg kenyang akan sulit untuk sanubari khusyu.

    demikian saudaraku yg kumuliakan,

    wallahu a\’lamn

Viewing 6 posts - 1 through 6 (of 6 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Fiqih’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru