December 6, 2020

hukum hadis nabi saw

Home Forums Forum Masalah Umum hukum hadis nabi saw

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • Author
    Posts
  • #94765349
    binshall
    Participant

    assalamualaikum.wr.wb Segalapujihaya untuk ALLAH swt,dan sholawat dan salam senantiasa selalu di hantur kan kepada junjungan kita,nabi besar kita nabiyuna muhammad saw. Al-mukarram al habib munzir al musyawah yang senantiasa kami khormati,semoga al habib diberikan umur yang panjang oleh allah swt di dalam ke taat tannya .aamin wahai habib mohon dijelaskan bagai mana kita bisa mencari syaik futuh,dan yg ke dua dlm hadis nabi saw, yang maksud nya jika anak adam itu berkata dengan suatu perkataan yang di maksudkan untuk membuat temanya tertawa ia akan di masuk kan ke dlm neraka selama 70 tahun lamanya(di dlm kitab bidayatul hidaya) ,yang al fagir tayakan apa hukum hadis tersebut? dan apakah hadis tersebut mutlak untuk semua bentuk lelucon?,dan semoga habib berkenan mengijazakan kpd al fagir amalan untuk kutat meng hafal ilmu dan al fagir meminta doa kpd habeb semoga al fagir di lulus kan nanti pada ujian uan,sekian dulu,kalau ada di dlm tulisan ini yg habib tidak berkenan al fagir meminta maaf yang sedalam-dalamnya,wassalamualaikum,wr,wb

    #94765367
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Keindahan Anugerah Nya swt semoga selalu terlimpah pada hari hari anda dan keluarga,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    saya belum menemukan jalur hadits itu apakah shahih atau dhoif, namun Imam Ghazali rahimahullah selalu menyampaikan riwayat riwayat utk tahdzir, (berhati hati), namun bukan makna hadits itu sesuai dg kalimatnya, namun berhati hatilah dalam menyampaikan lelucon, karena dalam lelucon bisa saja terjebak dalam kufur, jika mencela Allah swt, mencela Rasul rasul alaihimsalam, atau mencela Alqur;an, atau meremehkan Nabi saw, demikian saudaraku.

    karena dalam hadits hadits lain dan ayat ada juga hal seperti itu, sebagaimana firman Allah swt : \"celakalah orang yg shalat, mereka yg lupa dalam shalatnya, riya, dan melarang orang membantu oran lain\" (QS Al Maa\’un).
    tentunya bukan berarti yg sholat itu celaka, tapi berhati hatilah wahai orang yg shalat.., kira kira demikian.

    mengenai syeikh futuh adalah seorang ulama yg shalih dan bisa dijadikan panutan dalam pengamalannya thd sunnah Rasul saw.

    saya doakan semoga Allah swt mengabulkan segala hajat anda dan membukakan gerbang kemudahan dan keluasan dalam aktifitas anda, amiin

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga sukses dg segala cita cita, semoga dalam kebahagiaan selalu,

    Wallahu a\’lam

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Umum’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru