December 3, 2020

Ikhlasnya sang Imam dan ktk kt dicuekin

Home Forums Forum Masalah Umum Ikhlasnya sang Imam dan ktk kt dicuekin

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • Author
    Posts
  • #90485392
    Muhammad Adrian
    Participant

    Assalamu\’alaikum Habib?

    Sebelumnya saya mohon maaf krn bnyk sekali pertannyaannya Bib?

    # Saya ingin bertanya mengenai keikhlasan seorang imam dalam shalat berjamaah.
    1.Apakah ada pengaruhnya dgn kekhusukan para jamaah?
    2.apa hukumnya bila ada imam yg mogok jd imam atau angin2an mengimami dikarenakan persoalan materi?
    3.apa yg hrs saya lakukan sebagai makmum,bila menjumpai imam yg sprt ini?

    # saya sering \"bersafari shalat berjamaah\" diberbagai masjid baik di daerah saya berdomisili maupun luar pulau bila saya sedang bepergian atu sedang di luar rmh.bbrp wkt yg lalu saya sempat ditegur seorang jemaah dimasjid dkt rmh saya,beliau berkata tdk boleh meninggalkan masjid dimana kt tinggal utk shalat dimasjid lainnya.apakah benar itu Bib?.

    # Apa yg hrs saya lakukan bila ada seseorang yg tiba2 tdk mau bertegur sapa,bahkan melihat kearah saya sekalipun.saya sdh berusaha utk menegurnya,dengan salam,tp setiap saya ucapkan salam dia kadang membalas salam dgn melihat kearah bawah,ato kearah lain.sampe skrg saya tdk tau sebabnya.pernah saya tanyakan ke teman,dikatakan bahwa beliau tdk mau sapa saya krn saya irgnya pendiam dan kaku.memang saya orgnya kurang bnk ngomong utk hal2 yg tdk penting.bila dimasjid setelah shalat fardlu berjamaah,saya lebih memilih berdiam diri.Mohon nasehatnya ya Bib?

    Semoga Allah selalu memberkahi Habib.

    Terimakasih banyak,Wassalamu\’alaikum warahmatullahiwabarakatuh.

    #90485414
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Kasih sayang dan Rahmat Nya swt semoga selalu menerangi hari hari anda dg kebahagiaan,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    1. keikhlasan imam dan kekhusyu;annya sangat berpengaruh pada jiwa makmum, namun jika jiwa makmum tidak khusyu, tak bisa ia memvonis imamlah peyebabnya, karea ada juga Imam seorang khusyu dan ikhlas namun makmumnya lah yg tidak konsen, namun jiwa Imam umumnya sangat berpengaruh pada makmum.

    2. terkadang masalah materi ini menjijikkan, namun terkadang juga kita mesti memaklumi, ada orang yg krn terjebak dahsyatnya kesulitan dalam materi, misalnya sedang dikejar2 penagih, atau kontrakan rumah, atau biaya anak yg sakit, atau hal hal mendesak lainnya yg membuatnya kehilangan kontrol, hingga berbuat yg tidak senonoh,
    walau tak sepatutnya Imam berbuat demikian, hal ini salah namun dalam beberapa hal perlu dimaklumi dan kita menahan diri.

    3. bantulah semampunya jika anda punya kelebihan materi, jika tidak maka berusahalah menenangkannya bahwa hidup ini tak selalu susah, dan setiap musibah itu diganjar pahala, jika anda tak mampu menasehati karena segan, maka doakanlah kemudahan baginya dan kekhusyuan.

    Rasul saw sering shalat ditempat yg jauh yaitu di masjid Quba (Shahih Bukhari) padahal rumah beliau saw berdempetan dg Masjid Nabawiy.
    hal ini menjadi dalil diperbolehkannya hal tsb.

    berusahalah ramah padanya, niscaya ia akan berubah menjadi teman akrab anda dan lumer, kalahkan dan tundukkan ia dengan akhlak anda.

    karna kemenangan yg hakiki bukanlah mengalahkan lawan dengan kekerasan, namun kemenangan hakiki adalah menundukkan lawan hingga berubah menjadi pendukung dan pembela, dan senjata untuk mencapainya adalah akhlak dan budi pekerti mulia.
    .
    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga sukses dg segala cita cita, semoga dalam kebahagiaan selalu,

    Wallahu a\’lam

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Umum’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru