November 29, 2020

ILMU KALAM 2

Home Forums Forum Masalah Tauhid ILMU KALAM 2

Viewing 4 posts - 1 through 4 (of 4 total)
  • Author
    Posts
  • #95173460
    amir hamzah
    Participant

    Assalamu\’alaikum wr wb

    maaf bib bukanya saya tidak mengikuti para ulama dan salaffunassholihin tapi ane ada tugas dari skolah suruh nyari bib ttg itu…

    terutama tentang kepercayaan golongan syiah…
    apa yang dimaksud dengan al \’ishmah?
    apa yang dimaksud dengan al mahdi?
    apa yang dimaksud dengan at taqiyyah?
    apa yang dimaksud dengan ar raj\’ah?

    sebab turunya surat annisa ayat 43??

    wassalamu\’alaikum wr.wb.

    #95173467
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Keindahan Anugerah Nya swt semoga selalu terlimpah pada hari hari anda dan keluarga,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    Al Ishmah adalah kemaksuman orang ornag tertentu, yaitu terjaga dari berbuat maksiat.

    AL Mahdi adalah Imam pembawa kebenaran di akhir zaman, memimpin seluruh dunia dan menjadi Khalifah tunggaldi Bumi, sebelum kemunculan dajjal,dan setelah kemunculan Dajjal maka perjuangan ImamMahdi dibantu Isa bin Maryam as yg akan turun di akhir zaman setelah Imam Mahdi dan Dajjal pendusta.

    Taqiyyah adalah perbuatan dusta dan menyembunyikan kebenaran

    Arraj\’ah saya belum jelas akan maknanya.

    sebab turun ayat tsb adalah para sahabat yg mengadakan jamuan makan dan mabuk lalu shalat dalam keadaan mabuk (Tafsir Imam Attabari dll).

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga sukses dg segala cita cita, semoga dalam kebahagiaan selalu,

    Wallahu a\’lam

    #95173879
    amir hamzah
    Participant

    assalamu\’alaikum

    pada menjelang hari kiamat yang turun ke bumi imam mahdi apa nabi isa???

    apakah ada hadist yang menyatakan imam mahdi atau nabi isa yang turun???

    tolong jelaskan ya bib,, biasa nich tema nanya nya aneh2 aja…

    wassalamu,alaikum

    #95173903
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Rahmat dan Kebahagiaan semoga selalu terlimpah pada hari hari anda dan keluarga,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    berikut hadits hadits tentang Imam Mahdi :
    1. Almahdiy adalah dari keturunan Rasul saw, mengenai hadits shahih yg mengatakan bahwa Almahdiy adalah Isa bin Maryam as adalah hadits Munqathi\’, hadits yg mengatakan Almahdiy adalah dari Keturunan Rasul saw Ashahhu (lebih shahih), (Tafsir Imam Qurtubiy Juz 8 hal 122)

    2. Bila kebangkitan ALmahdiy, maka ia akan menundukkan Qastantiniyyah (Konstantinopel) dan mengalahkan mereka. (Tafsir Imam Attabari juz 1501)

    3. Almahdiy bahwa ia bernama Muhammad dan nama ayahnya adalah nama ayah nabi Muhammad saw (Abdullah), maka namanya adalah Muhammad bin Abdullah, ia akan memenuhi penduduk bumi dengan keadilan, dan Almahdiy itu bukan yg dinanti nanti sebagaimana dinantikan kaum Rafidhah yg menantikannya keluar dari dalam goa, hal ini adalah pemahaman batil, sebagaimana pemahaman kaum syiah dg keyakinan mengenai 12 imam. (Tafsir Imam Ibn Katsir Juz 2hal 33)

    4. demikian pula diriwayatkan dalam Shahih Ibn Hibban hadits no.6823

    5. Sabda Rasul saw : \"Tak akan dating hari kiamat, sampau permukaan bumi dikuasai oleh seorang lelaki dari Ahlulbaitku, namanya sama dengan namaku dan nama ayahnya sama dengan nama ayahnya, maka ia memenuhi bumi dengan keadilan dan kemakmuran\" (Shahih Ibn Hibban hadits no.6824)

    6. Mahdi di bai\’at antara Rukun dan Maqam Ibrahim (di Masjidil Haram Makkah) Shahih Ibn Hibban hadts no.6827.

    7. akan terangkat pasukan membawa bendera hitam dari Timur lalu memerangi kalian (orang orang kufar) dengan kekuatan tempur yg sangat dahsyat dan tak terkalahkan, bila kalian menjumpainya maka Bai\’at lah ia (Bai\’at=sumpah setia), walaupun harus dengan merangkak diatas salju, (walaupun sulit untuk membai\’atnya berusahalah sekuat tenaga), sungguh ia itu Khalifatullah Almahdiy\". Hadits ini memenuhi persyaratan Shahih Bukhari dan Muslim. (Mustadrak \’alaa Shahihain hadits no.8433).

    8. bila kalian melihat keluarnya pasukan membawa Bendera hitam dari Khurasan, maka datangilah walau dg merangkak, sungguh dalam pasukan itu terdapat Khalifatullah Almahdiy\". Hadits ini memenuhi persyaratan Shahih Bukhari dan Muslim. (Mustadrak \’alaa Shahihain hadits no.8531).

    9. sabda Rasul saw : \".., Dan bahwa Almahdiy yg akan memenuhi Bumi dengan keadilan sebagaimana sebelumnya dipenuhi dengan kejariman, maka akan amanlah hewan hewan dan binatang buas, dan permukaan Bumi memuntahkan simpanan dari hatinya\". Maka aku bertanya : apakah muntahan bumi berupa pendaman hatinya?, beliau saw menjawab : \"seperti tiang dan balok berupa emas dan perak\" (Mustadrak Ala Shahihain hadits no.8568)

    10. diriwayatkan pula bahwa Almahdiy akan muncul di saat haji, ketika saling bunuhnya muslimin di Mina, maka Almahdiy menangis melihat pertumpahan darah muslimin, lalu mereka membai\’atnya dengan paksa, maka bila kalian hidup di zamannya maka bai\’at lah ia, sungguh ia adalah Almahdiy di Bumi dan Almahdiy dilangit\". (Mustadrak Ala Shahihain hadits no.8537)

    mengenai Isa Bin Maryam as :
    sabda Rasulullah saw : “Demi Allah yang jiwaku ditanganNya. Sesungguhnya telah dekat masanya Isa anak Maryam akan turun ditengah-tengah kamu. Dia akan menjadi Hakim yang adil, dan menghancurkan salib, membunuh Babi, dan mewajibkan orang kafir mengeluarkan Jizyah (semacam zakat), dan membagi bagikan harta hingga tak lagi ada yg menerimanya (Shahih Muslim, Shahih Bukhari).

    dan teriwayatkan dalam beberapa hadits shahih bahwa Imam Mahdi mendahului Isa bin Maryam as, lalu muncullah dajjal, lalu turunlah Isa Bin Maryam as.

    Wallahu a\’lam

Viewing 4 posts - 1 through 4 (of 4 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Tauhid’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru