November 24, 2020

istri 4

Home Forums Forum Masalah Umum istri 4

Viewing 10 posts - 1 through 10 (of 11 total)
  • Author
    Posts
  • #72852991
    khunthai
    Participant

    Assalamu\’alaikum wrwb.

    Shalawat dan semoga selalu terlimpahkan kepada junjungan kita Rasulullah SAW, sahabat, keluarga, pengikut, khususon habib munzir almusawa sekeluarga. Semoga habib dan keluarga senantiasa diberi kesehatan selalu. amien.

    Langsung saja pak habib. Kebetulan saya saat ini banyak bergaul dengan kalangan non-muslim, yang kebanyakan buta (tidak tahu sama sekali/sedikit sekali) tentang islam.
    Pada umumnya mereka selalu menanyakan (berkomentar) tentang islam yang boleh beristri sampai 4. Bahkan ada yng tanya kenapa istri tidak boleh bersuami 4. Tidak fair katanya.

    Tolong pak habib, jelaskan masalah ini. Sehingga saya dapat menjawab untuk mereka dengan baik, singkat dan hikmah.

    Terima kasih sebelumnya pak habib.

    wassalamu\’alaikum wrwb

    #72852993
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Cahaya Keluhuran semoga selalu menaungi harri hari anda,

    saudaraku yg kumuliakan, Poligami merupakan bukti kesempurnaan Islam, lihat kesempurnaan ajaran Islam yg sangat sesuai dengan keadaan zaman, sebagaimana sensus dunia membuktikan saat ini perbandingan jumlah pria dan wanita sudah 1 banding 4, dan hadits mengatakan kelak di akhir zaman perbandingan pria dan wanita akan 1 banding 40,

    maka pengingkaran terhadap poligami berarti mendukung banyaknya wanita yg tak bersuami, banyaknya wanita yg melacur, wanita penghibur dll, karena wanita wanita itu tak mendapatkan suami, suami yg membimbingnya pada kemuliaan, hal ini muncul sebab pengingkaran manusia pada hukum Allah,

    mereka yg mengingkari hukum Allah itu bagaikan ibu yg melarang anaknya menyentuh Bara Api, dan anaknya tak percaya dan merasa harus membuktikannya, maka anak itu menelan bara api lalu menjerit menyalahkan ibunya..!, ibunya tak bersalah karena telah mengingatkannya.

    Jumlah wanita lebih banyak dari pria, dan diwaktu yg bersamaan muncullah ajaran Muhammad saw yg memperbolehkan berpoligami. Sesuai bukan?,

    Jelaslah bahwa ajaran Muhammad saw adalah ajaran yg paling sempurna mengatasi masalah bertambahnya jumlah wanita daripada pria di masa kini,

    dan tak ada jalan lain untuk menyelesaikan masalah ini kecuali dengan ajaran Allah yg disampaikan Nya pada Muhammad saw dengan Poligami.

    Coba beri solusi dari logika musuh islam, bagaimana mengatasi jumlah wanita yg semakin banyak dari pria dengan melarang poligami..?, apakah dibunuh?,

    pengingkaran atas poligami akan mengacaukan ekosistem dunia, merekalah perusak dan pembuat kerusuhan, dan didalam Islam poligami dibolehkan, dan bukan diwajibkan, bila mereka merasa mampu berpoligami maka boleh, bila mereka takut tidak adil maka cukup satu (Annisa-3).

    Dan dalam kitab merekapun diceritakan bahwa Ibrahim as telah menikahi dua Isteri dalam kehidupannya, dan pada alkitab mereka bercerita tentang Daud as dan Sulaiman as yang memiliki isteri-isteri lebih banyak dari Rasulullah saw.

    saudaraku, terus bertanyalah bila ada sanggahan dari mereka tentang syariah2 islam, insya Allah akan saya jawab.

    wallahu a\’lam

    #72853011
    khunthai
    Participant

    Assalamu\’alaikum wrwb.
    Semoga kesehatan selalu menyertai habib munzir sekeluarga. amien.

    Langsung saja pak habib. Bukannya membantah argumentasi pak habib. Tetapi kalau jawaban itu yang diberikan kepada mereka, niscaya mereka tak kan percaya. Data demografi penduduk dunia (dan juga Indonesia) [b]saat ini[/b] tidak mendukung itu. Kebetulan saya dapatkan dari web,

    Jumlah total penduduk dunia th. 2006 = 6,528,051,823 (laki-laki=3,286,346,545 perempuan=3,241,705,278). Sumber: [url]http://www.census.gov/ipc/www/world.html[/url]
    penduduk indonesia th. 2000 = 6 203,025,313 (laki-laki=101,399,497 perempuan=101,625,81). Sumber: [url]http://202.46.3.51/ppen/Web%202005/SE/STATISTIK%20PENDUDUK%20INDONESIA.pdf[/url]

    Selain itu, biasanya komentar itu dikemukakan bukan pada saat diskusi, tetapi di waktu-waktu senggang seperti pas makan siang, atau pas jumpa di waktu yang tidak terlalu lama, sehingga jawaban yg panjang tidak memungkinkan. Diperlukan jawaban yang singkat, tapi mengena.

    Tambahan lagi pak habib.
    Sekarang lagi marak pembahasan/diskusi/pro-kontra tentang poligami, dengan dipicu oleh poligami-nya AA Gym (maaf), rencana presiden untuk melarang (atau membatasi ??) poligami, dan lagi kasus perzinahan oknum anggota DPR kita.

    Bagaaimana sihh sebenarnya agama kita mengatur tentang hal itu. Mohon pak habib menerangkan hal ini sejelas2nya. Apakah ada syarat seorang pria sebelum dia poligami untuk masuk ke poligami? Apakah perlu ijin istri (istri-istri) tua-nya?. Ada yang bilang, harus ada syarat keadaan darurat (emergency). Benarkah?? Kalau ada, emergency yang bagaimana? Bahkan saya baca juga dari koran (web) poligami itu sebenarnya haram…kalau tidak bisa adil??? Bagaimanakah kriteria adil itu? Dan masih banyak hal2 yg tidak kami ketahui. Mungkin ini perlu artikel tersendiri untuk menerangkan.

    Terima kasih pak habib atas jawabannya. Semoga dakwah pak habib selalu mendapat keridloan dari Allah SWT. Amien.

    Wassalamungalaikum wrwb.

    #72853017
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Limpahan kemuliaan semoga selalu tercurah pada anda dan keluarga,

    terimakasih atas koreksinya, insya Allah akan saya tampilkan berpa artikel dalam wkt dekat.

    mengenai jawaban singkat utk mereka, katakan saja bahwa Nabi Ibrahim as, Nabi Sulaiman as, Nabi Daud as dan banyak nabi nabi lainnya pun berpoligami.

    bila mereka menentang Nabi Muhammad saw yg berpoligami, maka mereka menentang semua nabi nabi yg juga mereka akui.

    wallahu a\’lam

    #72853072
    awank
    Participant

    Assalamu\’alaikum warahmatullah wabarakatuh,

    saya mau bertanya, benarkah poligami merupakan sunnah seperti artikel yang ada pada halaman depan,

    Jazaakallahu khairan katsiiraa

    #72853076
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Cahaya kebahagiaan semoga selalu menerangi hari hari anda,

    saudaraku, kiranya adakah keraguan?

    #72853080
    awank
    Participant

    Assalamu\’alaikum warahmatullah wabarakatuh,

    keraguan bukan pada sunah nya,
    benar adanya bahwasanya para sahabat, dan ulama terdahulu tidak pernah mempermasalahkan poligami, dan saya pun tidak pernah mempermasalahkan, tapi pada dasarnya jawaban tentang poligami ini sendiri lom lah berdasar.

    sekiranya ada nya dalil atau hadist yang bisa mengukuhkan bahwasanya ini adalah sunah rosul, benar adanya bahwasanya segala tindakan yang dilakukan rosul pun adalah sunah?

    mohon penerangannya.

    Jazaakallahu khairan katsiiraa

    #72853086
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh

    Limpahan kasih sayang Nya semoga selalu menerangi hari hari anda,

    saudaraku yg kumuliakan, ada beberapa yg hadits yg merujuk pada hal tsb:
    Sabda rasul saw : Nikahilah para wanita (nisa), sungguh mereka itu akan menyebabkan datangnya rizki pada kalian (mustadrak alaa shahihain hadits no.2679)

    Istri Barra? bin Mu?awwir ra berkata kepada Rasul saw : ?aku syaratkan pada suamiku agar jangan menikah lagi?, maka Rasul saw bersabda : ?ucapan itu tidak benar? (Riwayat imam Tabrani dan periwayatnya shahih, majmu? zawaid Juz 4 hal 255)

    Nikahilah wanita yg dapat banyak berketurunan dan keibuan, sungguh aku akan membanggakan banyaknya ummatku dihari kiamat (HR Sunan Imam baihaqi Alkubra hadits no.13254)

    demikian pula Rasul saw melakukannya, demikian para sahabat, demikian para ulama.

    memang ada penjelasan sebagaimana dijelaskan oleh Imam Ibn hajar dalam Fathul Baari Almasyhur bahwa Rasul saw banyak menikah namun tidak mengurangi khusyu\’nya, tak pula mengurangi kegiatannya sebagai pengembang risalah, nah.. selayaknya mereka yg akan berpoligami tak sembarang melakukannya.

    saudaraku, contohnya saja ketika seseorang muslim ingin melakukan umroh yg sunnah, tapi niatnya bukan umroh ikhlas, tapi hanya ingin belanja ke mekkah, lihat wanita wanita iran dan mesir, iseng iseng kenalan dengan mereka.

    apakah ini disebut umroh?,. tentu disebut umroh, namun tentunya menyimpang dan penuh dosa, akan tetapi tak bisa pula kita meniadakan / melarang umroh karena banyak yg disalahgunakan,
    hal itu merupakan kesalahan pula.

    demikian pula poligami, ia tetap sunnah, namun bila oknum yg berbuat penyimpangan maka tak mungkin hukum itu dirubah, karena itu adalah kesalahn oknum.

    contoh lain shalat ied misalnya, ada sekelompok orang yg shalat ied itu untuk pamer mobil baru, atau baju baru atau cari pasangan,
    maka ini adalah oknum penyelewengan, namun oknum penyelewengan tak bisa membuat kita melarang shalat ied.

    poligami ini sangat berat, bila tak disertai niat ikhlas dan campur tangan dari kelembutan ilahi maka dapat dipastikan rumah tangga akan hancur.

    demikian saudaraku yg kumuliakan,

    wallahu a\’lam

    #72853092
    rommy
    Participant

    assalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh

    saya pernah mendengar ceramah sorang ustad di radio

    apakah benar Fatimah mau di poligami?dan pada saat rasulullah mendengar bahwa Fatimah mau dipoligami ,maka rasulullah naik ke mimbar dan berkata Kesedihan anakku adalah kesedihan aku dan rasulullah mengucapkannya sampai 3 kali ,berarti rasulullah tidak mngizinkan Fatimah di poligami donk ya habib

    terimakasih atas jawabannya

    #72853089
    rommy
    Participant

    [b]khunthai tulis:[/b]
    [quote]Assalamu\’alaikum wrwb.

    Shalawat dan semoga selalu terlimpahkan kepada junjungan kita Rasulullah SAW, sahabat, keluarga, pengikut, khususon habib munzir almusawa sekeluarga. Semoga habib dan keluarga senantiasa diberi kesehatan selalu. amien.

    Langsung saja pak habib. Kebetulan saya saat ini banyak bergaul dengan kalangan non-muslim, yang kebanyakan buta (tidak tahu sama sekali/sedikit sekali) tentang islam.
    Pada umumnya mereka selalu menanyakan (berkomentar) tentang islam yang boleh beristri sampai 4. Bahkan ada yng tanya kenapa istri tidak boleh bersuami 4. Tidak fair katanya.

    Tolong pak habib, jelaskan masalah ini. Sehingga saya dapat menjawab untuk mereka dengan baik, singkat dan hikmah.

    Terima kasih sebelumnya pak habib.

    wassalamu\’alaikum wrwb[/quote]

Viewing 10 posts - 1 through 10 (of 11 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Umum’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru