March 8, 2021

jodoh dalam islam

Home Forums Forum Masalah Umum jodoh dalam islam

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • Author
    Posts
  • #150148374
    sitimaryam
    Participant

    Bismillahirahmanirahim

    Assalamualaikum wr wb,

    Rahmat dan kasih sayang ALLAH semoga tercurah untuk habibana sekeluarga.
    Habibana, mohon maaf seandainya email ini mengurangi waktu istirahatnya ya..
    ada beberapa hal yang saya mau tanya kan.

    1. Apa konsep jodoh dalam islam ? benarkah perempuan adalah bagian dari tulang rusuk laki-laki yang hilang sehingga si laki-laki harus mencarinya ? ada yang mengatakan ini ke saya apa benar bib ?
    2. Apa maksud kalimat “carilah jodoh yang se kufu” bib ? apa maksudnya yang sholeh mendapat yang sholeh ? sebenarnya pasangan itu bukankah harus saling melengkapi ? sehingga kalau ada kekurangan ditutup yang lain. saya mendengar kalimat “perempuan baik-baik untuk lelaki yang baik-baik pula”. Namun, kerapkali saya melihat ada perempuan yang sangat baik tapi mendapat suami yang memperlakukan ia dengan tidak baik. Itu sebenarnya kenapa dan mohon kiranya habib menjelaskan.
    3. Habibana, apa ciri-ciri lelaki yang baik untuk dijadikan pendamping hidup ? apa ada ‘trik’ memilih pendamping dan imam bagi kami kaum perempuan ? Mohon maaf habib saya selama ini sangat takut dan khawatir salah pilih. Dengan bahasa kasar mungkin saya akan berfikir seribu kali untuk menikah.
    4. Terakhir, mohon doanya ya bib, Alhamdulillah orangtua saya nampaknya sudah mengikhlaskan, meridhoi dan meminta saya untuk ‘mencari’ pendamping hidup saya sendiri. Kepada saya, orang tua saya memberi kebebasan untuk mencari dan memilih. Mohon doanya agar siapapun dia, dari majlis manapun dia, yang datang adalah pemuda baik, bisa menjadi sahabat, imam bagi saya dan khususnya ia menyayangi kedua orangtua saya. Atas doa habibbana sebelumnya saya haturkan terimakasih.

    Demikian habibana pertanyaan dari saya. Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada kata-kata yang kurang sopan dan tidak berkenan. Bib, tetap semangat yaa..semoga habib bisa pulih kembali. jangan lupa istirahat dan minum air putih ya bib. Kami semua sayang dan masih sangat sangat membutuhkan habib..salam rindu dan ta’dzim dari kami untuk habibana dan keluarga…
    Jazakumullah yaa abaanaa yaa habibanaa….

    Wassalamualaikum wr wb

    #150148383
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Kesejukan kasih sayang Nya semoga selalu menerangi hari hari anda dg kebahagiaan,

    Saudariku yg kumuliakan,
    1. Nabi Adam as dicipta dari tanah lumpur dan wanita dicipta dari sulbi Adam as mengenai ucapan itu hanya kiasan saja.

    2. yg sekufu dalam madzhab syafii adalah bukan dimaksud yg shalih dg yg shalih, karena walaupun ada ayat : \"Pria yg baik baik adalah untuk wanita yg baik baik, dan pria yg jahat adalah untuk wanita yg jahat…dst\" maksud dari ayat itu adalah ayat turun untuk para wanita pelacur dimasa quraisy yg akan dinikahi oleh kaum muslimin, maka turunlah ayat ini, maka para ulama memaknakan karena mereka belum masuk islam, jika sudah masuk islam maka mereka termasuk yg baik, dan jika diluar islam walau mereka baik tetap Allah swt tidak meridhoi hamba Nya yg menyekutukan Nya swt.

    3. pria yg beriman, shalih, dan dikenal baik, dari keluarga baik baik, jika sudah ada maka jangan dulu menerimanya, namun anda beristikharah pada ALlah swt, lakukan shalat istikharah 3 malam berturut turut, dan pada hari ketiga anda akan diberi petunjuk oleh Allah swt dengan kemantapan hati (bukan mimpi), maka Allah akan memilihkan satu pilihan terbaik bagi anda yaitu yg anda mantap melakukannya, dan kemantapan itu adalah dari Allah setelah anda mohon petunjuk Nya swt,

    dan setelah kemantapan itu jika anda jalankan maka Allah akan menyingkirkan segala permasalahan dan rintangan yg merintanginya,

    namun jika Allah tak menghendakinya untuk anda, mungkin akan menjadi musibah, dosa, kemiskinan, perceraian, pengkhianatan dan musibah lainnya, maka pada hari ketiga anda melakukan istikharah itu hati anda akan mantap meninggalkannya.

    4. semoga akan datang pria baik baik, shalih, bertanggungjawab dan menyenangkan anda dan ayah bunda, dan muncul keturunan shalih dan shalihah dari anda dan suami kelak, amiin.

    terimakasih atas doa dan nasihatnya saudariku yg baik,

    Demikian saudariku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

    Wallahu a\’lam

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Umum’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru