November 29, 2020

Kiblat dan makanan di shanghai

Home Forums Forum Masalah Umum Kiblat dan makanan di shanghai

Viewing 4 posts - 1 through 4 (of 4 total)
  • Author
    Posts
  • #79304535
    Anonymous
    Guest

    Assalamualaikum

    Dear Habib Munsyir yang penuh ilmu dan selalu tersenyum …namun belum pernah ada kesempatan tegur sapa dan untuk rekan semuanya , mohon masukan dan advisenya utk case gue dibawah ini

    gue tempo hari july19-july 28 ke kantor pusat dishanghai/china sendirian dari kantor jakarta …sampai di shanghai dihotelnya ga ada tanda2 kiblat …ga ada tempat bertanya sama petugas hotel karena ga ada muslimnya..trus gue sholat aja…trus dikamar sebelum sholat sambil baca doa Ya Allah ,hamba hanya menyembah kepada-Mu dimana pun wajah hamba ini hamba hadapkan kan dan hamba hanya bersujud kepada-Mu karena tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau Ya Allah dan hamba bersaksi bahwa Nabi Muhammad itu adalah utusan-Mu …hal ini terus gue lakuin sewaktu ingin sholat walau itu di provinsi2 china lainnya….disana bib gue nga sholat jumat 2 kali disana karena ga ada mesjidnya..yang jelas nga nyari..susah nyarinya

    case yang laennya .. gue bingung sama makanan2nya disana … boleh dibilang disana 99% makanannya ga halal, walaupun gue udah pilih ayam ,sapi,sayuran ..tapi tetep aja ga yakin masaknya pake minyak yang halal..trus ada lagi bib..disana itu kalo ayam itu asalnya bukan dipotong tapi cuma dicekek gitu aja…tapi trus bib sambil baca Bismillah…ya gue makan aja daging yang menurut agama kita diperbolehkan dimakan…pernah satu kali gue ke propinsi Liaoning (daerah benxi-Utara china) mau makan di buffet disebuah hotel..gue sempet nanya nanya…ini apa itu apa…trus krn ga tau lagi ..gue ambil aja nasi goreng …didalam nasi goreng itu ada daging yg ga halal ..trus tanya ke kokinya..ini apa ..dia bilang ini daging pork ..ya udah batal deh…balik kemeja sama rekan2 lainnya…tiba tiba ada 1 orang koki bilang ..apakah anda muslim…gue jawab iya gue muslim..trus dia bilang kamu bisa makan kare ayam..saya bilang bisa tapi minyaknya jangan pork yah..dia bilang iya dont worry jangan khawatir …gue seneng banget bib..ada juga orang china yang perhatian ama gue disana..akhirnya gue berdoa supaya koki tersebut dapet hidayah islam dari Allah ,amin

    sebenarnya masih banyak bib ,pertanyaan2 tentang fiqih ini selama saya di shanghai tapi nanti aja ya bib kalo

    Mohon petunjuknya bib dan doa kan gue bib supaya kelakuan gue diampuni sama Allah SWT selama gue disana

    Wassalam

    Thanks & Best Regards

    #79304541
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Cahaya kemuliaan Bulan Rasulullah saw ini semoga selalu menerangi hari hari anda dalam kebahagiaan,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    Kiblat anda dengan ijtihad itu benar, anda tak perlu mengulang shalatnya, kecuali bila diketahui dg jelas bahwa kiblat anda itu salah arah maka wajib qadha,

    saran saya anda membeli kompas yg anda buku petunjuknya, karena memang sangat penting sekali, sayapun sering bepergian keluar kota atau keluar negeri, dan sering terjebak dalam suatu keadaan yg tak mungkin saya bertanya arah kiblat,

    misalnya di pesawat dimana saya terjebak waktu subuh, tak mungkin di jamak taqdim atau ta\’khir, dan cuaca subuh telah terlihat, kemana saya harus bertanya?, pramugari2 itu hanya geleng2 dan tak tahu dan tak mau tahu,

    maka saya membeli kompas dg petunjuknya, habis deh.., lewat deh semua keraguan, dan memang tampaknya tidak penting, tapi bila kita dalam perjalanan dan terjebak spt itu kita akan sangat senang dan lega sbb adanya kompas,

    saya sarankan bagi anda dan rekan2 yg sering mengadakanm safar perjalanan untuk membawa kompas kemanapun kita pergi,

    mengenai makanan, saran saya anda memilih makanan berupa ikan laut, jangan ayam. sapi atau lainnya,

    pilihlah ikan, tapi jangan pakai lemak pork itu lho.. misalnya Ikan bakar dg nasi, dan yah.. anggap aja diet, banyakin makan buah deh.. he..he..he..

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu,

    Wallahu a’lam

    #79304545
    Abdullah99
    Participant

    Assalamulaikum

    Noted with thanks for your advise and appreciated this bib

    Wassalam

    Best Regards

    Abdullah MK

    #79304561
    Munzir Almusawa
    Participant

    hayyakumullah.. Allah menyambut anda dengan segala Anugerah Nya swt.. amiin

Viewing 4 posts - 1 through 4 (of 4 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Umum’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru