November 29, 2020

macam2 prtanyaan

Home Forums Forum Masalah Umum macam2 prtanyaan

Viewing 5 posts - 1 through 5 (of 5 total)
  • Author
    Posts
  • #95984046
    AHMAD SYARIF
    Participant

    assalamu\’alalikum
    Habib apa kabar semoga dalam keadaan sehat selalau,diberikan umur yang panjang dan rezeqi yang berkah dan selalu dam lindungan Allah SWT…………..amin
    1. Habib di kesempatan tanya jawab yang lalu tentang mencium aroma minuman keras habib menjelaskan hukumnya bisa jadi wajib,sunnah, makruh, mubah, haram.saya masih kurang mengerti kenapa bisa dikatakan seperti hal di atas,misalnya bisa jadi wajib karna apa dan contohnya begitu seterusnya Sunnah,makruh,haram, mubah, mohon di jelaskan satu-satu ?
    2. Kalau seorang anak memerintahkan sholat kepada orang tuanya apa hukumnya dan pantas atau tidak ?
    3. Bib kalau boleh saya minta amalan sehabis shalat maghrib apa…………..?
    4. Bib saya mau minta bacaan do\’a sebelum Al fatehah untuk yang sakit dan yang meninggal dunia seperti yang Habib Bacakan setiap malam selasa diakhir acara majlis kita………….?
    5. Bib sebelumnya saya mohon maaf kalau pertanyaan saya kurang pantas saya minta pendapat apa hadiah terbaik untuk seorang kekasih yang berjilbabagar dia merasa senang dengan pemberian kita……….?
    6. Bib saya minta do\’a untuk mensyari\’at air bagi orang sakit…..?
    itu saja pertanyan saya mohon maaf bila kurang pantas dan tidak lupa saya minta do\’anya.
    Assalamu\’alalikum

    #95984064
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Keindahan Anugerah Nya swt semoga selalu terlimpah pada hari hari anda dan keluarga,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    duh.., maaf kalau saya tak beri kejelasan..malah membuat kerancuan makna.

    1. wajib adalah jika misalnya ingin minum dan terdapat dua gelas minuman dg warna yg sama, dan ada kabar bahwa bisa saja salah satunya itu arak, maka wajib menciumnya demi membuktikan mana arak dan mana air halal.

    sunnah adalah bagi orang yg tak tahu baunya arak, belum pernah mencicipinya (alhamdulillah), lalu ia akan hidup dilingkungan peminum arak, atau akan kerja diluar negeri khususnya di negeri barat, bisa salah salah diberi gelas berisi arak, maka ia sunnah mengenal bau arak itu, agar dapat membedakannya.

    mubah
    sekedar ingin tahu saja tanpa niat meminumnya.

    makruh
    menciumnya jika dirisaukan akan mengaguminya.

    haram
    jika menikmati penciumannya itu walau tak bermaksud meminumnya.

    2. ia hanya wajib mengajak, dengan lemah lembut dan tidak lebih dari itu, yaitu tak boleh dg paksaan dan kemarahan, karena hidayah milik ALlah swt, bisa saja dengan merayu, dengan hadiah uang, hadiah atau lainnya.

    3. baiknya anda shalat awwabin hal ini sunnah, dan membaca Ratib, karena ia adalah dzikir nabawi pada pagi atau petang.

    4. doa itu adalah doa umum saudaraku, Insya Allah saya coba hubungi admin II mudah2an ia bisa membantu, sebab saya sangat sibuk sekali, dibelakang pertanyaan anda masih puluhan pertanyaan yg mennati jawaban, sedangkan waktu online saya terbatas sekali, insya Allah akan segera ditampilkan oleh Admin II.

    5. baiknya anda memberi ia barang / inventaris yg membuatnya bisa lebih leluasa beribadah, misalnya jam tangan indah yg disertai kompas, atau sejadah indah, atau inventaris lainnya yg membuatnya lebih tenang beribadah.

    6. doanya sama dengan doa kesembuhan di poin 4.

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga sukses dg segala cita cita, semoga dalam kebahagiaan selalu,

    Wallahu a\’lam

    #95984084
    mfd
    Participant

    [b]Doa yang diajarkan Rasul saw untuk menyembuhkan[/b]

    [size=4][b]اَللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ . اَذْهِبِ الْبَأسَ اِشْفِ اَنْتَ الشَّافِى وَعَافِ اَنْتَ اْلمُعَافِيْ , لاَشِفَاءَاِلاَّشِفَاؤُكَ , شِفَاءًلاَيُغَادِرُ سَقَمًا وَلاَاَلَمًا[/b][/size] ,

    \"Wahai Allah Tuhan seluruh manusia, sembuhkanlah dan Engkau Maha Menyembuhkan, dan sehatkan dan maafkanlah karena Engkaulah Yang Maha Memaafkan dan menyehatkan, Tiada kesembuhan kecuali kesembuhan yg datang dari Mu, Kesembuhan yg tak membawa kesialan dan kesakitan\",

    lalu kirimkan fatihah pada nabi saw.

    #95984106
    AMBRI
    Participant

    assalamualaikum.habib semoga dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindunagan Allah swt.habib saya pernah berdebat soal para guru…..dan aliaran .yang saya mau tanyakan apa benar kata teman saya bahwa aliran dari guru YAMAN itu tidak baik..soalnya saya kaget ketika dia mengatakn itu…….habib tolong di jawab ya…..

    #95984118
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Rahmat dan Kebahagiaan semoga selalu terlimpah pada hari hari anda dan keluarga,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    dari yaman ini ada dua aliran, Yaman Selatan dan Yaman Utara,

    Yaman Selatan adalah hadramaut, berpadu padanya ratusan para Imam dan Huffadh, sejak berabad abad hingga kini masih banyak ulama ahlusunnah waljamaah disana, termasuk sayapun belajar disana, dan sand guru guru dan kyai kyai kita pun banyak yg bersambung sanadnya kesana.

    namun Yaman Utara bekas jajahan Inggris, kini dirasuki faham wahabi, dan banyak pula santri indonesia belajar kesana, dan kembali kesini dan ke malayisa menjadi teroris, perakit Bom, pembuat kerusakan dimana mana.

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga sukses dg segala cita cita, semoga dalam kebahagiaan selalu,

    Wallahu a\’lam

Viewing 5 posts - 1 through 5 (of 5 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Umum’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru