November 26, 2020

macem2

Home Forums Forum Masalah Fiqih macem2

Viewing 6 posts - 1 through 6 (of 6 total)
  • Author
    Posts
  • #198880677

    Assalamu’alikum Warahmatullohi wabarokatuhu ..Yaa Habibanaa

    Teriring takdim atas Habibana…
    pertanyaan hamba
    1.sebelumnya hamba ucapkan beribu terimakasih atas ijazah umum yg hamba terima dari habib,bib sejak dpt ijazah tsb hamba langsung mngamalkan wirdul latif ratib attas,hizb nashr,dan ratib al hadad,tp dlm hati msih ada yg mngganjal bib,soalnya kata orang itu semua adl wiridan toriqoh alawiyah,apakah hamba yg org biasa boleh mngamalkannya?mohon pencerahannya bib
    2 bib hamba mau tanya ttg ghibah apakriteria sesuatu yg qt ucapkan termasuk ghibah atau bukan?apakah klo qt mnyebutkan ciri2 seseorg sdh dpt digolongkan sedang brghibah?jika cm dlm hati apakah jg brdosa bib?
    3. bib klo qt sedang puasa sunah trs bertamu,dan dikasih makanan,mana yg lbh afdol mmbatalkan puasa atau bilang ja klo qt sedang brpuasa?
    4. bib hamba tiap hbs shlt sll baca shalawatny habib 100x,mohon ijinnya bib
    Kirannya Habibanaa berkenan menjawab pertanyaan hamba yang Muftaqir
    Wabillahi taufik walhidayah
    Wassalamu’alaikum warahmatullohi wabarokatuhu

    #198880692
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    kebahagiaan dan Kesejukan Rahmat Nya semoga selalu menaungi hari hari anda,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    1. selamat datang di web para pecinta Rasul saw, kita bersaudara dalam kemuliaan
    q,thariqah Alawiyyah adalah induk dari semua thaeriqah, dan kesemua ajarannuya adalah murni dari sunnah Rasul saw, maka orang yg bukan berguru pada orang yg berthariwah alawiyyah pun berhak mengamnalkannya, karena sunnah Rasul saw berhak diamalkan oleh seluruh muslimin bukan untuk satu thariqah.

    dan jika anda mengangggap sanad keguruan anda ingin bersambung kepada hamba pendosa ini maka anda sudah dalam benteng Thariqah Alawiyyah, jika tidak maka anda telah berjalan dalam sunnah Rasul saw karena kesemuanya merupakan sunnah Rasul saw, seperti Ratib adalah paduan haditss Rasul saw, demikian juga kesemua tuntuntan thariqah alawiyyah.

    2. ghibah dibolehkan dalam dua hal, pertama jika dirisaukan orang lain terjebak kejahatannya, misalnya ia pencuri, maka kita mengungjap aibnya karena risau ia mencuri teman kita pula, dan hal kedua adalah para murid terhadap gurunya, boleh ia melaporkan kesalahan temannya, karena jika tidak maka ia bertanggungjawab dihadapan Allah menyembunyikan kesalahan yg semestinya bisa dibenahi oleh gurunya, dan hal ini termasuk pd ulul amri, yaitu pemerintah dalam hal ini aparat keamanan.

    adalagi yg disebut hadzr, ia semacam ghibah tapi bukan ghibah, hadzrartinya berhati hati, misalnya melihat gerak gerik orang yg mencurigakan, maka ia melaporkannya pada yg berwajib atau pd gurunya jika dipesanyren atau yg bertanggungjawab padanya misalnya ayah bundanya, dengan menyebut secara jelas bahwa ia hanya melihat gelagat tidak baik pada orang tsb, bukan berbuat.

    jika hanya dihati dan sampai mencapai su;udhoan/sangka buruk maka terkena dosa.

    3. jika anda bertamu pada teman akrab yg tak tersinggung dg puasanya anda maka teruskan puasa, namun jika ia telah payah payah masak untuk menyambut anda, lalu anda mengecewakannya maka sebaiknya berbukalah

    4. shalawat itu boleh anda baca lapan saja dan dg jumlah berapa saja.

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

    Wallahu a\’lam

    #198881256

    assalamualaikum yaa habiby
    bib hamba akan bahagia sekali apabila habib berkenan menyambungkan sanad keguruan habib kepada hamba yang hina ini, bib klo boleh hamba juga mohon diijazahkan sanad mahabah dan sanad akhlak,
    wasalamualaikum wr wb

    #198881259
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    kebahagiaan dan Kesejukan Rahmat Nya semoga selalu menaungi hari hari anda,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    1. saya Ijazahkan pada anda sanad keguruan saya kepada anda, yg bersambung sanadnya kepada Guru Mulia kita, hingga Rasulullah saw, ia adalah bagai rantai emas terkuat yg tak bisa diputus dunia dan akhirat, jika bergerak satu mata rantai maka bergerak seluruh mata rantai hingga ujungnya, yaitu Rasulullah saw, semoga Allah swt selalu menguatkan kita dalam keluhuran dunia dan akhirat bersama guru guru kita hingga Rasul saw.

    2. saya Ijazahkan sanad mahabbah kepada anda, yg bersambung sanad (untaiannya) kepada Rasul saw hingga anda berpadu dalam orang orang yg dicinta Rasul saw,
    wahai saudaraku, saya mencintai anda karena Allah, maka ucapkanlah setiap habis shalat : Allahumma a\’inniy ala dzikrika, wasyukrika wa husni ibaadatika I(Wahai Allah, bantu aku dalam dzikirku pada Mu, dan bersyukur pada Mu, dan memperbaiki ibadah pada Mu).
    ucapan ini hamba ijazahkan pada anda, dan saya terima dari guru mulia, dari guru beliau sampai pada Rasul saw, yg bersabda pada Sayyidina Muadz bin Jabal ra : Wahai Muadz, Aku mencintaimu karena Allah , maka ucapkanlah setiap selesai shalat : Allahumma a\’inniy ala dzikrika, wasyukrika wa husni ibaadatika, maka kemudian sayyidina muadz ra mengucapkannya pada muridnya, dan muridnya mengucapkannya pada muridnya pula, demikian sanad ini hingga kini.

    maka saudaraku, usahakanlah jaga dzikir itu setiap habis shalat, maka anda digolongan rantai orang yg dicintai Rasul saw

    3. saya Ijazahkan sanad akhlak yg diucapkan oleh Rasul saw : Addabaniy rabbiy fa ahsana ta\’diibiy (aku diajari akhlak oleh Allah dan sebaik baik akhlak adalah akhlakku)

    ketika mendengar ini sayyidina Ali kw berkata : aku beradab dg adabnya Rasul saw maka sebaik baik akhlak adalah akhlakku (karena belajar akhlak dari Rasul saw), dan sanad selanjutnya memakai kalimat sayyidina Ali kw sebagaimana sanad ini sambung menyambung hingga imam hasan al bashri yg berkata : Aku beradab dg adabnya Ali bin Abi Thalib, dan Ali bin Abi Thalib berakhlak dg tuntunan nabi saw, maka sebaik baik baik akhlak adalah akhlakku., demikian seterusnya sanad ini hingga kini.

    saya ijazahkan kepada anda dari guru mulia kita, yg bersambung sanad akhlak ini hingga Rasul saw.

    dikatakan orang yg mempunyai sanad akhlak ini, Allah tak akan mewafatkannya sebelum Allah bimbing akhlaknya sebaik baiknya, hingga ia wafat sudah berakhlak dg akhlak Rasul saw.

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

    Wallahu a\’lam

    #198881299

    assalamualaikum wr wb
    hamba terima ijazahnya ya habiby,, bib dulu hamba harus menunggu satu th utk dpt quota utk minta ijazah kepada habib,sampe suatu mlm hamba mimpi ditemui seorang habib,belakangan hamba baru tahu klo itu adalah habib umar bin hafid,entah ada hubungannya atau tidak tp setelah mimpi itu besoknya pas hamba buka website ini hamba dapat qouta,bib apakah itu cm mimpi yg ga ada artiny apa hamba ini memang benar2 berjumpa ruh dg habib umar?
    sekali lg hamba ucapkan terima kasih utk ijazahnya
    wa\’alaikumsalam wr wb

    #198881305
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    kebahagiaan dan Kesejukan Rahmat Nya semoga selalu menaungi hari hari anda,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    Rasul saw bersabda : Barangsiapa yg melihat hal yg baik dalam mimpinya maka itu dari Allah, maka ucapkanlah alhamdulillah, dan jika ia mimpi buruk maka itu dari syaitan maka ucapkanlah Ta\’awwudz (audzubillahi minassyaytanirrajim) maka mimpi itu tak akan membawa keburukan baginya (Shahih Bukhari), dan mimpi anda adalah mimpi baik, maka itu benar adanya, karena Allah swt tidak berdusta, dan Rasul saw mengatakan mimpi baik dari Allah swt.

    maka ruh memberitahu pada anda sudah waktunya hajat anda terkabul saudaraku, berupa terbukanya quota ini untuk anda bertanya sepuasnya, dan ikatan ruh abadi, tidak bisa terputus dg kematian

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

    Wallahu a\’lam

Viewing 6 posts - 1 through 6 (of 6 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Fiqih’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru