June 22, 2021

makan makanan orang nasrani

Home Forums Forum Masalah Fiqih makan makanan orang nasrani

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • Author
    Posts
  • #148289138
    Abdur Rosyid
    Participant

    Assalamu\’alaikum wr.wb
    Begini bib, ana berkunjung ke rumah saudara dimana, dia orang nasrani dan disuruh makan siang dengan ayam hasil sembelihannya lalu bagaimana hukumnya jika kita makan daging tersebut….? Sedangkan kalau kita tidak makan khawatir terjadi jurang pemisah persaudaraan antara kami dengan dia, mohon dijelaskan ya bib. Lalu bagaimana kalau kita sudah terlanjur makan ayam tersebut.? Syukran..
    Wassalamu\’alaikum wr.wb

    #148289143
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Kesejukan kasih sayang Nya semoga selalu menerangi hari hari anda dg kebahagiaan,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    berikhtilaf ulama kita tentang boleh tidaknya makan makanana yg disembelih oleh non muslim, sebagian ulama mengatakan jika sembelihan itu tidak disembelih atas nama tuhan selain Allah maka boleh dimakan walau disembelih oleh non muslim, namun sebagian mengharamkan makanan yg disembelih non muslim, maka jika anda terjebak dalam keadaan yg tak bisa dihindari, anda boleh mengambil pendapat yg ,membolehkannya,
    sebagaimana riwayat shahih Bukhari bahwa para sahabat membawa daging sembelihan seraya berkata : Kami diberi makanan sembelihan yg kami tidak tahu, maka Rasul saw bersabda : Makanlah dan kalianlah yg ucapkan basmalah (Shahih Bukhari).

    sebagian ulama ahli hadits mengatakan bahwa hadits itu adalah saat islam masih baru dan masih sedikit muslimin, namun ada pula ulama yg mengatakan hadits itu berupa dalil dibolehkannya makan makanan mereka selama tidak disembelih dg atas nama tuhan selain Allah swt.

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

    Wallahu a\’lam

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Fiqih’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru