May 13, 2021

Malikah Rahmat

Home Forums Forum Masalah Tauhid Malikah Rahmat

Viewing 4 posts - 1 through 4 (of 4 total)
  • Author
    Posts
  • #105126845
    salwa mauladawilah
    Participant

    Assalamualaikum wr wb

    Habibana munzir yang kami hormati,

    Ada saat saat malaikah rahmah tak mau masuk ke rumah seseorang, bila ada gambar makhlik hidup dirumah atau terbukanya aurot prp atas non muhrim di dalam satu rumah, atau pelihara anjing….pertanyaan saya:
    1.Adakah hal lain lagi ya habib sehingga malaikat Rahmat tak masuk kedalam rumah orang islam?
    2.masalah ada gambar makhluk hidup ….. gambar yang bagaimana lukisan binatang atau patung…..utuh satu badan atau separuh, hamba kurang jelas masalah hal ini?
    3.kalau ada rumah tangga yang pembantunya disitu orang kafir, apakah juga malaikah rahmat tak masuk?
    4. Apa dampak dari tak masuknya malaikah rahmat kerumah muslimin dalam kehidupannya? mohon penjelasannya, mungkin hati jadi gelap atau lainnya?

    sekian dulu , mohon maaf hamba banyak merepotkan habib.
    terimakasih

    Wassalamualaikum wr wb

    #105126861
    Munzir Almusawa
    Participant

    alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Rahmat dan Anugerah Nya swt semoga selalu menerangi hari hari anda dengan kebahagiaan

    saudariku yg kumuliakan,
    1. ada,yaitu anjing jika berada dirumah tsb.

    2. ikhtilaf ulama dalam hal ini, sebagian mengatakan gambar tubuh sempurna dari makhluk yg bernyawa, termasuk patung, dan sebagian ulama mengatakan hanya patung atau gambar yg dijadikan sesembahan saja, dan kita merujuk pada pendapat yg kedua.

    3. keberadaan non muslim disebuah rumah tak mempengaruhi hal ini.

    4. hal ini berbeda pendapat para ulama,sebagian mengatakan itu adalah tahdzir saja (perinagatan) bahwa tak sewajarnya dirumah muslimin ada hal hal seperti itu,. namun bukan berarti tak ada rahmat bagi penghuni rumah itu, namun sebagian ulama mengatakan bahwa malaikat rahmat tak masuk rumah itu.
    kita mengambil pendapat yg pertama, terbukti riwayat tsigah bahwa para sahabat menjadikan bantal bantal bergambar makhluk bernyawa untuk diduduki, mereka mengatakan jika tak diagungkan maka tak dilarang dalam syariah

    Demikian saudariku yg kumuliakan, semoga sukses dg segala cita cita, semoga dalam kebahagiaan selalu,

    Wallahu a\’lam

    #105127008
    salwa mauladawilah
    Participant

    Assalamualaikum wr wb

    Habibana yang kami hormati, hamba pernah dengar sebaiknya kalau kita di rumah memakai kerudung terus….. malaikat rahmat akan dekat dengan kita, sehingga kalau kita berdoa sewaktu waktu..insyaAllh bisa kabul.
    sebagaimana sewaktu siti khodijah memakai kerudung dan malaikat itu ada di sekitar nabi dan bila dibuka kerudungnya malaikat itu menghilang, jadi kita sebaiknya memakai kerudung…..apakah kita yang tak memakai kerudung DIRUMAH berarti kita di jauhi malaikat rohmah?
    mohon habib memberikan penjelasan tentang dampak apa yang bisa dirasakan di rumah kalau malaikah rahmah tak masuk?sebagai nasehat juga.

    sekian dulu habib. terima kasih sebelumnya
    Wassalamualaikum wr wb

    #105127027
    Munzir Almusawa
    Participant

    alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Kedermawanan Nya swt semoga selalu menaungi hari hari anda dengan kesejahteraan

    saudariku yg kumuliakan,
    hal itu tidak mutlak demikian, karena diriwayatkan pada shahih Bukhari bahwa Nabi Ayyub as mandi dengan tak memakai pakaian apa apa (bugil), lalu Allah swt menjatuhkan untuknya belalang dari emas, maka Ayyub as mengambilnya dengan terburu buru, maka Allah bertanya : Wahai Ayyub, bukankah sudah kucukupi engkau dari apa yg kau lihat (belalang emas) itu?, maka Ayyub as menjawab : Betul Demi kewibawaan Mu, namun aku tak akan melewatkan barang yg datang dari keberkahan Mu\" (Shahih Bukhari).

    hadits ini merupakan dalil jelas bahwa mandi bugil tidak makruh, dan menutup aurat tentunya afdhal

    dari keterangan hadits ini jelas sudah nafinya makruh membuka aurat jika dalam kesendirian, demikian pula bagi wanita untuk membuka rambutnya saat sendiri atau dihadapan muhrimnya, hal ini tak membuat ia tertutup dari Rahmat Allah swt,

    mengenai kehadiran atau kepergian malaikat dalam hal ini tak menjadi dalil makruhnya wanita membuka jilbabnya karena Rasul saw tak memerintahkan demikian pada istri istri beliau saw atau pada wanita lainnya, berbeda dengan gambar bernyawa dan patung yg jelas ada nash hadits shahih yg menjelaskannya, bahwa malaikat rahmat tak masuk rumah yg ada gambar bernyawa atau patungnya

    Demikian saudariku yg kumuliakan, semoga sukses dg segala cita cita, semoga dalam kebahagiaan selalu,

    Wallahu a\’lam

Viewing 4 posts - 1 through 4 (of 4 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Tauhid’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru