December 5, 2020

Man yurottibu dzikral tahlil?

Home Forums Forum Masalah Tauhid Man yurottibu dzikral tahlil?

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • Author
    Posts
  • #77684356
    Kabut
    Participant

    Assalamualaikum yaa habibana..semoga habibana tetap diberikan kesehatan yang sempurna dan dalam lindunganNya SWT. Bib ana mau tanya tentang dzikir tahlil yang biasanya sering dibaca saat dibaca saat ada yang meninggal dunia dll, siapakah penyusunnya? Dan satu lagi bib..bila seseorang mengamalkan suatu dzikir, dan dzikir itu banyak fadhilah2nya, tapi dia mengamalkannya hanya ikut2an tanpa mengetahui fadhilah2 dzikir tsb. Apakah orang tsb mendapatkan fadhilah2 yang ia baca?
    Syukron ya habib. Wassalam

    #77684393
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabaraktuh,

    Rahmat dan kesucian Jiwa semoga selalu menaungi hari hari anda,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    Dzikir Tahlil itu banyak versi penyusunnya, masing masing wilayah mempunyai kebiasaan yg berbeda, masing masing ulama membuat versi berbeda pula, dan tujuan utama adalah mendoakan mayyit yg merupakan keluarga mereka, atau sahabat mereka, dan pengadaaannya pun berbeda2, ada yg masyarakat biasa mengadakannya di Masjid, ada yg dirumah Almarhum, ada yg di majelis taklim, demikian pula urutan bacaannya, ada yg meringkasnya, ada yg memanjangkannya, demikian pula jumlah dzikir2 dan surat2 yg dibaca.

    Karena tujuannya adalah hadiahan pada mayyit.

    Mengenai orang yg bertaqlid dalam suatu dzikir atau amalan, bila taqlidnya itu kepada orang yg tsiqah, guru yg terpercaya, berilmu, shalih dan mengamalkan sunnah, maka taqlid padanya sangat mulia, karena asal muasal dari syariah ini adalah Taqlid kepada Rasul saw, dan kemudian Tabiin bertaqlid pada sahabat, nah.. para ulama shalih yg mengamalkan ilmunya adalah pewaris para nabi.

    demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu,

    wallahu a\’lam

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Tauhid’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru