January 20, 2021

Manakah yang didahulukan

Home Forums Forum Masalah Umum Manakah yang didahulukan

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • Author
    Posts
  • #162250233
    Fathimah
    Participant

    Assalamu\’alaikum warahmatullah wabarakatuh,

    Semoga pertanyaan saya sampai kepada habib dalam keadaan habib sehat dan dianugerahi umur panjang. Amiin…

    Habib ada yang hendak saya tanyakan, begini … di ATM saya ada uang Rp.420 ribu. Akan saya gunakan Rp.400 ribu dan Rp.20 ribu tetap ditinggal di ATM supaya rekening tidak ditutup. Pertanyaan saya dari ketiga pilihan dibawah ini, manakah yang lebih baik didahulukan dalam penggunaan Rp.400 ribu ini?

    1. Ibu saya menggadaikan cincin di penggadaian beberapa minggu yang lalu untuk biaya modal usaha di rumah. Dan sampai sekarang cincin tersebut belum ditebus, saya takut ibu saya kena riba. Apakah sebaiknya uang tersebut saya gunakan untuk menebus cincin atau justru tidak usah ditebus agar tidak terkena riba?

    2. Jika cincin tidak usah ditebus dan dibiarkan hilang, maka tinggal ada 2 pilihan. Yakni uang tersebut saya gunakan untuk sedekah atau upgrade online bisnis saya yang insyaAllah akan menghasilkan lebih besar dari Rp.400 ribu jika uang ini saya gunakan untuk online bisnis tersebut karena statusnya premium. Sehingga untuk 6 bulan ke depan, masih bisa sedekah terus sambil memiliki penghasilan tambahan. Namun karena situs online bisnis sempat mengalami masa krisis sehingga statusnya saat ini masih belum jelas antara akan bangkrut atau perlahan pulih kembali maka ada kemungkinan uang yang saya bayarkan juga akan hilang.

    Pertanyaan saya habib…(maafkan kalau pertanyaan saya tidak penting ya habib). Apakah uang tersebut lebih baik untuk menebus cincin, sedekah, atau online bisnis saya? manakah yang didahulukan?

    Oh ya habib, bolehkan shalat istikharah itu dilakukan setiap hari?

    Terima kasih banyak habib
    Wassalamu\’alaikum warahmatullah wabarakatuh,

    #162250244
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    kebahagiaan dan Kesejukan Rahmat Nya semoga selalu menaungi hari hari anda,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    uang anda yg 400 ribu segeralah tarik dari atm, jangan biarkan uang anda bertambah bunganya, dan yg 20 ribu ingatlah selalu bahwa itu uang yg tidak halal, jika bertambah uang bunga di atm, maka ingatlah, dan kelak ambillah dan jadikan untuk berinfak pada hal hal yg hina namun bermanfaat, misalnya membenahi wc umum, membetulkan jalan, membenahi tempat parkir, atau untuk membayar pajak.

    saran saya berpindahlah kepada faham bank syariah.

    pinjamlah uang pada teman anda yg tanpa bunga, dan tebus segera cincin ibunda anda dan menjauhlah dari pegadaian, karena berhubungan dg pegadaian hanya akan mempersempit rizki dan menghilangkan keberkahan.

    semoga rahmat dan keberkahan selalu menaungi hari hari anda.\’

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

    Wallahu a\’lam

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Umum’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru