November 27, 2020

maqom mulia

Home Forums Forum Masalah Tauhid maqom mulia

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • Author
    Posts
  • #73892507
    Muhammad Thoyib
    Participant

    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Alhamdulillaahil ladzii hadaana. Bi’abdihil mukhtari man da’aana. Shollaa ‘alaikallaah baariukal ladzii bika yaa musyaffa’u khoshona wahabaana.

    Habibiy yang kami muliakan.
    (1) Benarkah di kalangan orang2 mulia yang telah bertemu dengan Rasul saaw, mempunyai lukisan atau gambar Nabi saaw. Kemudian apa pengertian dzikir khofiy, dzikir hati. Adakah perbedaan alam sirr, alam malakut dan alam jin. Ada kawan (ahwal) mengatakan bahwa ia pernah bermimpi bertemu rasul saaw dan pernah pula ruhnya keluar (alam sir) mengunjungi orang2 sholih lainnya (amalannya dalailul khoirot).
    (2) Adakah nash atau maqolah ulama yang mengatakan bahwa orang yang telah bertemu dengan Rasul saaw secara jaga (sadar) mempunyai maqom mulia.
    Demikian pertanyaan kami ini, harap habibiy berkenan memberikan keterangannya.
    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    #73892523
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Limpahan kasih sayang Nya swt semoga selalu tercurah pada hari hari anda,

    saudaraku yg kumuliakan,
    1. Lukisan Rasul saw tak pernah ada karena semua orang yg melihat beliau saw dalam mimpi tak berani melukiskannya, namun telah ada kini tersebar lukisan beliau saw ketika masih bocah, konon itu adalah lukisan pendeta Buhaira ketika melihat Rasul saw dimasa kecilnya 14 abad yg silam, lalu lukisan itu disimpan di musium roma, namun lukisan itu tidak diakui oleh para Ulama dan dilarang untuk disebarluaskan.

    dzikir khafiy merupakan istilah pada kaum sufi dengan beragam makna, namun secara umum dzikir khafiy adalah dzikir yg terahasiakan dan tersembunyi, dzikir hati adalah dzikir yg disertai lafadh atau tdk disertai lafadh namun berdzikir dengan hatinya dg khusyu.

    Alam sirr, alam malakut dan alam jin kesemuanya adalah alam gaib dan masing masing merupakan alam yg tersembunyi, alam sirr adalah alam yg tersembunyi dari mata umum, ia mencakup seluruh alam gaib termasuk malakut dan alam jin. namun alam jin berbeda dimensi dengan alam malakut.

    bermimpi bertemu Rasul saw sudah dijelaskan dalam beberapa hadits shahih, dan hal itu sering didapatkan oleh muslimin muslimat, mengenai keluarnya ruh mengunjungi alam lain adalah hal yg tak terjadi dengan hanya membaca dalail khairat atau doa lainnya, namun dengan bimbingan guru yg memang ahli makrifah billah, tak lain adalah agar lebih kuatnya iman muridnya yg masih labil, dan keluarnya ruh ke alam lain dengan tanpa bimbingan guru merupakan tipuan syaitan berupa khayalan belaka.

    karena hal itu bukan suatu derajat agung, karena sejauh jauhnya ruh menempuh alam malakut dan alam yg terjauh, tetap puncak kemuliaannya kelak bahwa ia akan menemukan bahwa puncak kemuliaan ruh yg bisa dicapainya adalah pada dirinya sendiri, bukan ke alam alam lain, karena Allah swt telah menciptakan kemuliaan ruh adalah pada dirinya sendiri, bukan berkeliaran ke alam alam lainnya.

    namun hal ini dianggap agung oleh sebagian orang awam, padahal hal itu merupakan bentuk labil dan belum istiqamahnya Iman, bila ia telah istiqomah maka ruh nya akan tetap ditubuhnya, dan kemuliaan derajatnya adalah pada pengamalannya terhadap syariah dan sunnah Muhammad saw, karena untuk itulah ia diciptakan, dan dg itu pula hakekat hamba dan seluruh kemuliaan derajat akan ia capai.

    2. tentunya orang yg telah melihat Rasul saw dalam mimpi, telah dijanjikan oleh Rasul saw untuk melihatnya dalam hal jaga, sebagaimana hadits Beliau saw : \"barangsiapa melihat aku dalam mimpi maka ia akan melihat aku dalam hal jaga\" (Shahih Bukhari dan shahih Muslim).

    dan tentunya memang merupakan derajat mulia bagi mereka yg dapat melihat Rasul saw dalam hal jaga, selama bukan berkhayal dan melamun lalu mengaku telah melihat rasul saw secara jaga, padahal ia hanya menghayal belaka.

    demikian habiby, saudaraku yg kumuliakan,

    wallahu a\’lam

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Tauhid’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru