June 22, 2021

masalah jatuh talak

Home Forums Forum Masalah Fiqih masalah jatuh talak

Viewing 4 posts - 1 through 4 (of 4 total)
  • Author
    Posts
  • #143071487
    Abdul Wahid
    Participant

    Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh,

    Habibina yang dirahmati Allah SWT, semoga Habib & keluarga selalu diberikan kesehatan dan panjang umur.
    Habib, saya ada masalah keluarga yang sudah beberapa hari ini mengganggu pikiran saya karena takut berdosa atas apa yang sudah terjadi dimana beberapa hari lalu istri saya mengungkapkan bahwa dia mempunyai perasaan tidak enak dan bersalah bila berkumpul dengan saya karena katanya sewaktu terjadi pertengkaran sekitar 6 bulan lalu saya pernah mengatakan (jujur saya tidak ingat redaksi pastinya) :\"YA SUDAH APA MAUNYA KAMU, BILA KAMU MAU BERPISAH YA SAYA ICHLAS , MUNGKIN SEMUA INI SUDAH KEHENDAK ALLAH\", kalau memang betul saya pernah mengucapkan kata seperti itu karena saya sudah terdesak dan tidak punya pilihan lain, karena pada intinya saya tidak ada niat untuk bercerai.
    Selama ini +/- 31 tahun bersama hidup kami pada umumnya bahagia dan tidak banyak persoalan, bila terjadi perbedaan pendapat hingga pertengkaran pasti disebabkan oleh orang lain (pihak ketiga), dan yang lebih mengganggu pikiran saya bahwa sekitar 29 tahun lalu kami juga pernah bertengkar dan kata istri saya , saya juga pernah mengucapkan kata – kata yang mirip seperti diatas walau dia tidak ingat pasti redaksinya (saya sama sekali tidak ingat apapun dan perasaan saya tidak pernah mengatakan apa-apa), juga menurut istri saya sekitar 2 tahun setelah pertengkaran pertama juga terjadi pertengkaran dan perkataan yang sama (saya sama sekali tidak ingat mengenai pertengkaran ini dan kata-kata apa yang saya ucapkan).
    Habib saya sangat berusaha untuk ,menjaga bila terjadi perselisihan pendapat untuk tidak mengucapkan kata-kata yang menyakiti hati & menjurus kepada perceraian karena saya sangat menyayangi & mencintai istri & anak-anak, karena bagi saya keluarga adalah segalanya.
    Habib yang sangat saya hormati dan cintai tolong berikan saya pandangan bagiamana status pernikahan kami ini, semoga dengan memohon ridho Allah SWT saya sangat berkharap bahwa status pernikahan kami ini masih aman & tidak menyalahi hukum Islam.

    Terimakasih atas penjelasan Habib, mohon do\’akan rumah tangga kami tenang dan selalu mendapatkan Taufik HidayahNya, karena beberapa bulan terkahir ini sepertinya ada pihak lain yang ingin menghancurkan rumah tangga kami dan yang sangat dipengaruhi adalah istri saya, saya berkharap Habib bisa membantu untuk melihat apakah semua yang saya rasakan ini betul dan bagaimana cara mengatasinya.

    Sekali lagi terima kasih…
    wassalam,

    #143071522
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Kesejukan kasih sayang Nya semoga selalu menerangi hari hari anda dg kebahagiaan,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    ucapan anda itu bukan talak, itu adalah ucapan lepas kepada istri, bukan ketentuan / penjatuhan kata cerai/ talak, yaitu : SAYA CERAI KAMU,,!, ucapan ini jatuh talak satu, belum talak 3.

    namun ucapan anda adalah pasrah pada istri dan itu belum jatuh talak.

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

    Wallahu a\’lam

    #143071536
    Abdul Wahid
    Participant

    Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh,

    Habibina yang saya muliakan, semoga Habib selalu bersedia membimbing kami yang butuh banyak tuntutan agama yang benar, semoga Habibina selalu diberikan kesehatan dan panjang umur.
    Terima kasih atas penjelasan Habib, alhamdulillah jawaban yang sangat menyejukkan hati telah Habib berikan, smg semuanya ini ada hikmahnya bagi kami berdua….
    Mohon ma\’af Habib bagaimana status 2 pertengkaran terdahulu yang menurut Istri saya juga pernah mengatakan hal yang mirip sama tetapi dia tidak pasti apa kata-katanya (redaksinya), semoga dengan penjelasan lengkap dari Habib akan merubah keyakinan istri yang merasa status perkawinan kami bermasalah.
    Mohon do\’a Habib agar saya, istri & keluarga selalu diberikan Taufik & Hidayah serta keluarga kami bisa menjadi keluarga sakinah, mawaddah, warohmah, dijauhkan dari segala macam sakit/penyakit dan perbuatan jahat dan jalim dari jin & manusia.

    Wassalamualaikum, warahmatullah wabarakatuh…

    #143071571
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Kesejukan kasih sayang Nya semoga selalu menerangi hari hari anda dg kebahagiaan,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    jika ragu dan tidak ada saksi maka tidak jatuh talak.

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

    Wallahu a\’lam

Viewing 4 posts - 1 through 4 (of 4 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Fiqih’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru