November 28, 2020

Masalah Kerja

Home Forums Forum Masalah Umum Masalah Kerja

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • Author
    Posts
  • #73028320
    Arul
    Participant

    Assallammualaikum warohmatullahi wabarokattu,

    Habib Munzir yg saya hormati, langsung saja sy ingin bertanya beberapa hal sbb :

    1. Bagaimana hukumnya bekerja di sebuah perusahaan yg tidak jujur. Misalkan perusahaan itu sering memanipulasi laporan pajak dan memasukkan barang2 yg sebagian besar ilegal. Apakah orang yg bekerja diperusahaan tersebut mendapatkan rezeki yg tidak halal, padahal dia bekerja pada bagian yg tidak ada hubungannya dengan pajak atau barang2 yg masuk, misalkan bekerja dibagian teknical support komputer.

    2. Habib, atasan dan teman2 saya banyak yg beragama kristen. Teman2 saya yg muslim banyak mengucapkan selamat Natal kepada teman2 yg kristen dan juga atasan saya itu. Sementara saya tidak, padahal pada saat itu saya berada dalam satu ruangan. Menurut habib apakah sikap saya sudah benar? kira2 bagaimana sikap yg seharusnya saya ambil.

    Demikian yg ingin saya tanyakan, terima kasih atas waktu yg habib luangkan buat membaca dan menjawab pertanyaan saya ini. Semoga habib dan sekeluarga senantiasa dirahmati oleh Allah SWT.

    Wassalam,

    Arul

    #73028337
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Cahaya Rahmat Nya semoga selalu menerangi hari hari anda dengan kebahagiaan dan keridhoan Nya,

    1. mengenai tempat bekerja yg terlibat d hal yg haram maka tentunya kesemuanya terlibat dalam hal yg haram pula, dan kini sebersih apapun tugas anda di perusahaan itu maka mestilah penghasilan itu antara haram dan syubhat,

    namun anda tak perlu berkecil hati dan sedih, bila pekerjaan anda itu memang sangat darurat karena menyangkut nafkah dan tanggung jawab anda, maka baiknya anda sambil bekerja namun terus mencari pekerjaan lain yg lebih halal, tidak ridho pada pekerjaan itu dan meminta kepada Allah mendapat pekerjaan yg lebih besar penghasilannya, lebih berkah, lebih halal dan suci maka selama anda belum mendapatkan pekerjaan lainnya maka usaha anda untuk lepas dari perangkap dosa itu membuka pintu maaf dari Allah swt, walau anda masih bekerja di perusahaan itu,

    jauh berbeda dimata Allah antara orang yg terjebak perangkap dosa dan berusaha keluar namun belum mampu, dibanding yg sengaja masuk kedalam dosa dan tak mau pula keluar dari dosa.

    kedua duanya dalam dosa, namun orang yg pertama akan mendapat pengampunan Nya.

    2. mengenai ucapan selamat natal atau selamat untuk hari raya agama lainnya haram hukumnya, namun bila keadaan kita terjebak dan akan membawa mudharrat maka boleh kita melakukannya, karena bukan dg maksud memberi selamat, tapi dg maksud selamat dari mudharrat.

    demikian saudaraku yg kumuliakan,

    wallahu a\’lam

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Umum’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru