December 3, 2020

masalah rizki

Home Forums Forum Masalah Tauhid masalah rizki

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • Author
    Posts
  • #72515841
    rizal
    Participant

    Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarakatuh,

    Habib apa kabar ? Semoga sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.

    Habib saya pernah membaca buku terjemahan kitab minhajul abidin karangan Imam Ghazali. Di dalam buku itu disebutkan bahwa rezeki setiap manusia itu sudah dijamin oleh Allah SWT, jadi dalam menjalankan ibadah seharusnya tidak melulu memikirkan masalah rizki. Saya meyakini betul bahwa memang demikian adanya. Tapi apakah kita sebagai manusia, terutama yang beriman kepada Allah dan rasulNya, tidak perlu memikirkan/concern terhadap rezeki ? ada seorang ulama yang cukup terkenal di Indonesia mengatakan bahwa sebaiknya kita tidak menunggu rezeki tapi menjemput rizki, dengan artian bahwa kita sebaiknya mencari rizki tersebut. Nah, pandangan ini agak berbeda dengan isi kitab minhajul abidin. Saya yakin habib sudah mengkhatamkan kitab ini, jadi saya mohon sudi kiranya habib memberikan pendapatnya mengenai hal ini.

    Jazakumullah Khair.

    Wassalamualaikum Warohmatullahi wabaraktuh.

    Rizal

    #72515846
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Cahaya Keagungan Nuzululqur\’an semoga selalu menaungi hari hari anda,

    yg dimaksud meminta rizki kepada Allah semata adalah bekerja dengan pekerjaan yg halal seraya bekerja mencari rizki, sebagaimana firman Allah swt dalam Surat Al Jumu\’ah ayat 10 : \"Wahai wahai orang orang beriman, bila kalian dipanggil untuk shalat pada hari jumat maka segeralah menuju dzikrullah (shalat jumat) dan tinggalkanlah perdaganganmu, itulah yg terbalik bagi kalian bila kalian menyadarinya, dan Bila telah selesai menunaikan shalat jumat maka bertebaranlah dimuka bumi dan carilah anugerah2 Allah\" (QS Al Jumu\’ah 9-10).

    para sahabat pun bekerja dan berdagang, demikian Abubakar shiddiq ra, Utsman bin Affan ra, Abdurrahman bin Auf ra, demikian pula banyak lagi para tabi;in, ulama, dll.
    justru tidak bekerja dengan membiarkan tanggungjawab kita terlunta lunta, merupaka hal yg tak disukai oleh nabi saw, Demi Allah, memegang alat tani dan mencari nafkah jauh lebih mulia dibanding menanti bantuan orang.

    demikian saudaraku yg kumuliakan, Imam Ghazali tidak melarang mencari rizki, namun beliau menyinggung orang orang yg melupakan ALlah swt karena sibuk mencari rizki, padahal rizki itu dari Allah swt.

    wallahu a\’lam

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Tauhid’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru