June 18, 2021

membedakan bala\’ dan cobaan

Home Forums Forum Masalah Tauhid membedakan bala\’ dan cobaan

Viewing 4 posts - 1 through 4 (of 4 total)
  • Author
    Posts
  • #137491519
    Barata Aditya Akbar
    Participant

    Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    semoga Hbib dalam keadaan yang tebaik

    bib saya mau bertanya lagi bib
    1. bagaimana cara kita mebedakan sesuatu itu apa cobaan atau bala\’, apa cukup dengan kalau berhubungan dengan dunia, semisal belum bekerja, mengalami kecalakaan, sakit dll itu dinamakan cobaan. dan kalau berhubungan dengan hati, iman maka itu adalah bala\’, semisal bisa enteng kalau meninggalkan sholat fardu, puasa wajib, tidak terbebani sama sekali bila melakaukan perbuatan maksiat. mohon bimbingan bib
    2. kedua istri saya sudah dua minggu ini sakit flu bib, ditambah pusing, apa termasuk tidak bersabar, bila dia mengeluh kepada saya, walau keluhan itu sebatas karena terus menerus menahan sakitnya saja bib. mohon penjelasan
    3. kapan habib bertandang ke malang lagi …….
    demikian bib, doakan saya bib dan keluarga agar selalu mendapat perlindungan dari Allah Maha tunggal, dan selalu berada di bawah panji Nabi Muhammad

    #137491532
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Rahmat dan Kebahagiaan Nya semoga selalu menerangi hari hari anda,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    1. bala itu tidak ada bagi ummat ini, karena Nabi kita itu pembawa rahmat bagi kita, maka kita yg muslim berarti sudah dalam rahmat Nya Allah swt, makin taat maka makin besar rahmat Nya padanya.

    dalam kehidupan, ada masanya Allah mendekatkan diri Nya pada kita, yaitu dengan cobaan, musibah, dlsb, itu Allah mendekat pada kita tanpa kita berusaha mendekat pada Nya, Allah menyucikan dosa kita, mengangkat derajat kita, padahal kita diam saja.

    ada masanya kita yg harus mendekat pada Allah, yaitu keadaan yg sebaliknya, kenikmatan dunia, tapi malas melakukan perintahnya dan gemar melakukan larangan Nya, nah.. ini medan juang pada kita untuk mendekat pada Allah swt.

    demikian mesranya Allah berbuat pada kita, bagaikan ibu yg sesaat merangkul anaknya, menciuminya dan memanjakannya dan memberinya apa apa yg disenangi anaknya, bola, mainan, dan apa saja,

    juga dari bentuk kasih sayang ibu, adalah anaknya menangis menjerit marah dan kesal, ibu tidak perduli dan terus memandikannya, menyabuninya, mencekokinya obat, tanpa perduli dengan tangis anaknya. inipun kasih sayang,

    ada lagi waktu ibu diam saja dari jauh, anaknya yg harus merangkak mendekat pada Ibunya, ibunya tak mau mendekat demi mengajarkan anaknya agar bisa berjalan sendiri,

    demikian dan lebih dan lebih dan lebih kasih sayang Allah swt pada kita.

    kecuali jika manusia ini menceraikan Allah, dan terus menceraikan Allah, hingga ia wafat dalam keadaan bercerai dengan kasih sayang Allah, maka ia dalam penyesalan sepanjang zaman abadi.

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

    Wallahu a\’lam

    #137491929
    salwa mauladawilah
    Participant

    Assalamualikum wr wb

    Sholawat dan salam kami hanturkan kepada junjungan idolaku Rasulullah SAW. dan salam khidmatku kepada habibana , semoga selalu dalam keaadaan sehat walaafiah dan panjang umur.

    habibana yang kami hormati,
    al faqir masih sedikit bingung tentang jawaban habib, bahwa di dunia ini tidak ada bala\'(bencana), bagaiman ayang dimaksud ya bib?
    yang hamba tau katanya bala itu ada dan datang kedunia, bahkan katanya ada hari atau bulan tertentu
    misal katanya bulan shafar bulan dimana banyak Allah mendatangkan bala\’, karna itu kita diberi tuntunan untuk membaca doa dan dzikir2 tertentu yang tujuannya insyaAllah kita terhindar dari bala\’? betulkah bulan shafar demikian???
    terus ada pula yang berkata hari selasa Allah menciptakan bala\’, dan pada hari itu kita di anjurkan untuk membaca dzikir Basaudan salah satu niatnya juga minta kepada Allah untuk terhindar dari segala bala\’.

    JAdi bagaimana maksudnya ya bib, tidak ada bala???
    itu saja habib
    terima kasih sebelumnya

    Wassalamualaikum wr wb

    #137491962
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Kesejukan kasih sayang Nya semoga selalu menerangi hari hari anda dg kebahagiaan,

    Saudariku yg kumuliakan,
    sabda Rasul saw :[size=4] [b]
    ما من مصيبة تصيب المسلم إلا كفر الله بها عنه حتى الشوكة يشاكها[/b][/size]

    tiadalah musibah menimpa muslim kecuali menghapus dosanya, walau hanya duri yg menyakitinya (Shahih Bukharii)

    puluhan hadits semakna riwayat shahih Bukhari dan Shahih Muslim, bahkan Rasul saw menyebutkan kegundahan hati pun menghapus dosa.

    dan banyak pula ayat Alqur\’an yg menjelaskan hal ini, mengenai bulan safar, bulan itulah pernikahan Sayyidina Ali kw dan Sayyidah Fathimah ra.

    semua hari adalah rahmat bagi kita, musibah ataupun kenikmatan..

    Alhamdulillah..

    Demikian saudariku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

    Wallahu a\’lam

Viewing 4 posts - 1 through 4 (of 4 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Tauhid’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru