December 1, 2020

Memilih calon istri

Home Forums Forum Masalah Umum Memilih calon istri

Viewing 10 posts - 1 through 10 (of 10 total)
  • Author
    Posts
  • #82524983
    Nurinsan Kamil
    Participant

    Assalamualaikum habib.,

    Perkenalkan nama saya Insan.
    Saat ini saya sedang resah gelisah dalam menghadapi permasalahan dengan pacar saya.
    Saya sudah berjalan hampir 3 tahun dengan dia. saya sudah kenal dengan orangtuanya dan begitu juga dengan dia. Sebenarnya kami sangat ingin sekali menikah, tapi permasalahannya saya sama dia masih satu kantor. Saya sudah mencoba untuk mencari pekerjaan di tempat lain, tapi belum ada panggilan. Di kantor saya tidak boleh suami – istri satu kantor. Sedangkan kalo dari sisi gaji dia yang paling besar saat ini gajinnya karena dia lebih lama bekerja disini.

    Singkat cerita,. Sebulan terakhir ini dia berubah. Dia mengakui kalo sedang bosan dengan kerjaan dan dengan hubungan kita. Saya jadi bingung menghadapinya.
    Setiap malam saya berdoa minta petunjuk sama Alloh agar di beri jalan keluar atas permasalahan ini.

    Intinya saya saat ini sangat mencintainya. Dan ingin menjadikan dia istri saya.
    Yang mau saya tanyakan ;
    1. Kriteria2 seperti apa saja ketika kita mencari seorang istri menurut islamdan tuntunan rosululloh tentunya?
    2. Bagaimana caranya solat istikhoroh? Dan bagaimana caranya agar kita bisa mengetahui jawaban dari alloh atas kebimbangan kita?
    3. Apakan habib punya tips and saran agar hubungan saya dengan dia kembali normal dan bagaimana caranya menasehati agar dia mau memakai jilbab dan rajin solatnya?

    Terima kasih banyak habib atas jawabannya!
    Semoga alloh membalas budi baik habib dengan pahala.

    Aminn

    Insan

    #82525011
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Cahaya Keberkahan Lailatul Qadr semoga selalu menerangi hari hari anda dengan kebahagiaan,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    1. kriteria dalam islam adalah wanita mukminah, wanita yg berpendidikan agama cukup mendalam, dan wanita yg siap taat pada suami.
    bisa saja anda menikahi wanita yg belum mengamalkan syariah seperti jilbab, shalat dll jika hal itu bukan sebab keburukan sifatnya, namun mungkin karena kurang sempurna dari bimbingan kedua orang tuanya, maka selama ia bisa menerima nasehat dan mau berubah, maka sangat mulia anda membimbingnya.

    2. Istikharah adalah dua rakaat, shalat minta petunjuk dari Allah swt, lakukan 3 malam berturut turut, setelah selesai shalat bacalah subhanallahi wabihamdih 100X.

    nah.. setelah selesai 3 malam berturut turut maka anda akan merasa lega pada salah satu pendapat, iya atau tidak, dan kelegaan itu datang dari Allah swt.

    3. saran saya sih.., anda tetap saja bekerja disitu, tak mengapa ia menjadi atasan anda dalam pekerjaan, sebagaimana Nabi saw pun awalnya adalah bekerja untuk Khadijah ra yg kemudian menjadi Istri beliau saw.

    tampaknya membujuk wanita itu mudah saudaraku, wanita mempunyai sifat cepat berubah, sifatnya lebih lembut maka mudah dibujuk, namun hati hati menikahi wanita yg menolak ketaatan pada Allah swt, karena ia akan menjadi Ibu bagi anak anak anda kelak, dan ia yg akan mendidik anak anak anda, maka jika ia mukminah dan shalihah, anda akan bahagia melihat anak anak anda diajari doa tidur, doa makan, dzikir dll, jika tidak maka sungguh kita akan sedih melihat anak anak kita dituntun pada kebiasaan barat, ia lebih suka musik klasik mengantar tidurnya daripada ayat kursiy, dan lebih suka lebaran di Mic donald daripada shalat idulfitri bersama ayahnya.

    nah.. ini kiat kiat saya saudaraku, namun jangan pula sangka buruk pada wanita yg belum melakukan shalat dan berjil,bab, bisa saja mereka berjiwa mulia namun belum ada yg menuntunnya,

    anda lihatlah jiwa calon istri anda, jika mudah dituntun pada kemuliaan maka teruskanlah dengannya, karena ia akan menjadi ibu mulia bagi anak anak anda kelak.

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu,

    Wallahu a\’lam

    #82525048
    atiek riza
    Participant

    Assalamu\’alaikum Wr.Wb. ya Habibana yg ana sayangi.

    Habib pa Kabar? semoga sehat2 selalu dan selalu di Rahmati Allah tuk habib dan para pendukung MR.

    Habib yang saya sayangi…..ane dulu pernah sholat istiqaroh dan jawabannya adalah mundur. lalu ane bilang sama calon ane bahwa ana mundur. tapi dengan sikapnya ana masih melanjutkan hubungan kami sampai saat ini. dan akhir-akhir ini ana melakukan sholat istiqaroh lagi. tapi ana bingung ana lom tau jawabannya. sampai sekarang ana juga masih menjalani hubungan kami. kalau hasil dari sholat istiqaroh dia. hasilnya jalan terus.

    Bib, doakan kami ya bib. apapun yang terjadi pastinya adalah yg terbaik kan bib dari Allah. terima kasih bib atas perhatiannya. btw, makasih ya bib salamnya (Aisya Zahratul Arsy).

    Wassalamu\’alaikum wr.wb.

    #82525062
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Cahaya Keberkahan Lailatul Qadr semoga selalu menerangi hari hari anda dengan kebahagiaan,

    Saudariku yg kumuliakan,
    barangkali anda salah tafsir dalam memahami jawaban istikharah?, jadi begini saudariku, istikharah itu mudah saja, yaitu setelah melakukannya maka hati kita akan mantap kesalah satu dari pilihan, mana yg hati anda mantap maka itulah merupakan petunjuk Allah swt.

    nah.. kalau saya lihat, justru anda melanjutkan dengan calon anda, berarti hati anda mantap pada pria tsb, maka istikharah anda mengarah padanya, insya Allah demikian..

    Demikian saudariku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu,

    Wallahu a\’lam

    #82525641

    Assalaamu \’alaikum Wr. Wb.
    HAbib Munzir yang dimuliakan Allah SWT,Ane juga mempunyai calon istri….
    kita dah jalan sekitar 1 tahun…..
    tapi dia bisa dikatakan termasuk gol wahabi……
    ga ada dalam kamusnya dia itu tahlil, maulid,dan amalan2 ahlussunnah wal jama\’ah sering bertolak belakang dg pemahamannya dia…..
    yang lebih parahnya lagi dia tidak mengenal adanya 4 Imam Mazhab…..
    Dalam Penetapan 1 syawal kemaren pun kami sempat berdebat…karenadia memilih yang tgl 12….alasannya simpel…..karena pemerintah kita tidak menerapkan syariat islam…makanya dia berpendapat bahwa pemerintah kita tidak harus diikuti…
    saya bingung bib….saya harus bagaimana….?????
    saya takut kalau kita menikah nanti,dia tidak bisa menjadi istri yang penurut kepada suami…..
    menurut habib saya harus bagaimana????saya sudah terlanjur sayang sama dia……
    mohon pencerahannya……
    Semoga dalam perjalanan Habib ke Yaman menemui guru mulia, mendapatkan perlindungan dari Allah SWT…….
    Saya minta doanya ya bib……
    Wassalam.

    #82525829
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Rahmat dan kebahagiaan semoga selalu menyelimuti hari hari anda

    Saudaraku yg kumuliakan,
    beribu maaf selama 10 hari saya tidak online hingga tak bisa menjawab pertanyaan anda

    saudaraku, saran saya anda mempunyai dua pilihan mengenai calon istri anda,
    1. bimbinglah ia kepada kebenaran dan agar lepas dari kesesatan, bagaimana ia tak mau mengikuti pemerintahan karena tak berjalan dg syariah islam, namun ia juga tak mau mengikuti 4 Madzhab yg merupakan madzhab seluruh Imam Ahlussunnah waljamaah, lalu ia ikut siapa?, siapa imamnya?,

    adakah pendapat yg ia ikuti itu mengalahkan seluruh Imam Madzhab yg jumlahnya ribuan orang dan kesemuanya berada diantara 4 madzhab besar itu?

    sedangkan Rasul saw bersabda : \"Jika kalian melihat sesuatu yg kalian ingkari pada penguasa kalian, maka bersabarlah, karena siapa yg memisahkan diri dari Jamaah laluia wafat maka ia akan wafat dengan kematian Jahiliyah\" (Shahih Bukhari).

    datanglah beberapa orang kepada Anas bin Malik ra mengadukan kedhaliman Khalifah Hajjaj, maka Anas bin Maik ra memerintahkan mereka bersabar dan bukan membangkang dan memberontak.

    nah.. jika calon istri anda tak bisa diajak kembali bertobat maka anda mempunyai jalan yg kedua.

    2. anda meninggalkannya, demi anak anak keturunan anda yg membutuhkan ibu dari wanita suci yg memberikan Tarbiya mulia dari ahlussunnah waljamaah, tentunya anda mesti berfikir jangan sampai anak anak anda mendapat racun tarbiyah sesat dari ibunya, dan anda akan bertanggung jawab disisi Allah.

    anda perbanyaklah doa dan munajat dan usaha untuk mengembalikan akidahnya pada kebenaran, saya turut membantu anda untuk berdoa agar Allah swt menghujaninya dengan Hidayah dan Taubah.

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu,

    Wallahu a\’lam

    #82526213
    farid
    Participant

    assalamu\’alaikum wr wb

    allahumma sholli wa sallim \’ala sayyidina wahabibina wa syafiina wa qurrotin ayunina muhammadin shollallahu alaihi wa salim wa barik alaih…

    habib munzir yg saya muliakan, perkenankan ane farid asli malang sekarang kerja di lingkungan BUMN kebetulan baru di kalimantan tepatnya di kota bontang ya habib…
    alhamdulillah sekali saya bisa browsing dan bisa tau website MR
    begini habib ada yg ingin saya tanyakan ttg rencana saya utk bisa menikah dg wanita baik2 yg sekarang deket ama ane bib, tapi kendala yg saya hadapi adalah masalah keyakinan bib…dia nashoro bib :( abinya udah wafat, dan uminya kena stroke bib, dia sendiri temen kantor tapi dia dibalikpapan dan ane di bontang. kita sudah deket sekali. cuman masalahnya saya belum pernah bicara utk masalah dia mau ga bersyahadat ??? (saya sendiri juga ga mau kl dia bersyahadat karena cinta bukan lillahi ta\’ala)
    sebaiknya dibawa kemana hubungan ini ya bib ???
    mohon nasehatnya bib

    sukron katsir
    jazakumullah khairon katsir

    #82526224
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Curahan Rahmat Nya swt semoga selalu menghujani kemudahan pada hari hari anda,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    saran saya anda mengajaknya kepada tauhid, dan yg penting adalah dia mengakui tiada tuhan selain Allah, dan Nabi Muhammad saw utusan Allah, berarti ia telah kufur dari agamanya, dan telah masuk islam, jadikanlah mahar perkwainan anda adalah keislaman kekasih anda, alangkah agungnya mahar itu disisi Allah swt,

    berusahalah dengan lemah lembut, sungguh perasaan manusia itu sangat mudah disentuh jika dengan kasih sayang dan kelembutan,

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

    Wallahu a\’lam

    #82526231
    farid
    Participant

    syukran katsir habib munzir yg saya sangat hormati, tapi bgmn dg pendekatan ke family ana bib ??? melihat latar belakang keluarga umi ane yang tergolong orang2 yg wara\’ bib ???
    ana sekali waktu pernah bicara dengan umi mengenai masalah ini, tapi beliau yg sangat saya cintai langsung memotong dengan kata Naudzubillah Min Dzalik…mudahan2an ALLAH mencarikan ente yg terbaik, gitu bib ??? bgmn utk solusi yg terbaik ya bib, disatu sisi perasaan ane ke dia udah \’laen \’ bib, tapi disisi yang laen ana juga pengin membahagiakan ane punya umi bib…
    mohon saran habib munzir

    syukran katsir
    salamualaikum wa rahmatullahi wabarakatuh

    #82526252
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Curahan Rahmat Nya swt semoga selalu menghujani kemudahan pada hari hari anda,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    rayulah bunda anda dengan kasih sayang dan lembut, bahwa ia akan mendapat mantu sekaligus mengantarkannya ke sorga, karena mantu yg suci dari dosa, dan menjadi Muslimah sebab restunya,

    maaf saudaraku yg kumuliakan, jika bunda bersikeras, maka janganlah memilih selainnya, karena ridho Allah swt tersimpan pada ridhonya,

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

    Wallahu a\’lam

Viewing 10 posts - 1 through 10 (of 10 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Umum’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru