November 25, 2020

memperbaiki diri

Home Forums Forum Masalah Umum memperbaiki diri

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • Author
    Posts
  • #72361288
    Fajar Andika
    Participant

    Assalamualaikum, semoga rahmat Allah senantiasa selalu bersama Habib dan hamba-hamba Allah yang mencintai Rasulullah s.a.w.
    pertama-tama saya mau bilang ama habib kalo ini kali pertama saya bertanya di forum ini.
    Saya harap habib mau menjawab pertanyaan saya.
    1.Saya seorang pemuda yang ingin memperbaiki diri. saya mohon habib bisa menjelaskan bagaimana menjadi seorang ikhwan yang baik di segala aspek kehidupan?(pakaian,pergaulan dan amalan).
    2. Saya pernah membaca, bahwa dalam islam akan ada 72 golongan dan hanya salah satu yang benar, apakah ini berarti kita harus memilih untuk masuk kedalam salah satu golongan yang ada?mohon habib menjelaskannya dengan rinci.
    3. Apakah dalam menjalankan ibadah kita harus memilih salah satu mahzab yang ada? boleh tidak jika kita menggunakan mahzab yang berbeda dalam beribadah sehari-hari?

    sebelumnya terima kasih atas jawabannya habib. Assalamualaikum.

    #72361290
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Limpahan Keagungan Ramadhan semoga melimpah pada anda dan keluarga,

    1. Wahai saudaraku yg kumuliakan, kehidupan kita akan bahagia dan indah dengan beridolakan Sang Nabi saw, idola (panutan) tunggal yg dipilihkan Allah untuk seluruh hamba Nya.
    sebagian dari kita merasa bahwa bila kita mencintai Rasul saw nanti akan syirik, ini adalah tipuan orang yg belum memahami hakikat Tauhid, karena justru kesempurnaan Iman adalah dg mencintai Nabi saw sebagaimana hadits beliau : \"Tiada sempurna Iman kalian sebelum aku lebih dicintainya dari anak anaknya, ayahnya dan semua manusia\". (Shahih Muslim).
    maka dengan beridolakan sang Nabi saw kita akan terbimbing kepada cahaya keluhuran,

    cara berpakaian, berprilaku sopan mencirikan akhlak Muhammad saw, walaupun kita tidak mampu mengikuti pakaian beliau saw, namun yg jelas tujuan utamanya adalah kesopanan, juga kelembutan dan sahaja yg selalu muncul dalam pembawaan beliau saw yg tercermin pada setiap pecinta beliau saw dari masa ke masa.

    2. mengenai 73 golongan itu memang benar, dan kita mesti memilih salah satunya, sebagaimana sabda Rasul saw : \"Yahudi terpecah menjadi 71 golongan, dan nasrani 72 golongan, dan terpecah ummatku menjadi 73 golongan, kesemuanya masuk neraka kecuali satu golongan\" para sahabat bertanya : siapa mereka Wahai Rasulullah?, Rasul saw menjawab : \"adalah yg kujalankan kini dan para sahabatku\". (Tafsir Ibn Katsir Juz 1 hal 347 riwayat Imam Hakim).
    maka para ulama memperjelas bahwa yg satu golongan selamat adalah yg terbesar, yaitu ahlussunnah waljamaah, karena padanya 4 madzhab yg telah diakui oleh ribuan Ulama, Muhadditsin, Huffadh dan para Imam, dan pecahan yg 72 golongan adalah golongan golongan kecil yg memisahkan diri dari golongan besar yg padanya ribuan muhaddits dan Imam Imam.
    mereka memisahkan diri dan berbeda dengan Ahlussunnah waljamaah, dan yg ada pada kita ini adalah ahlussunnah waljamaah, dan golongan golongan baru yg muncul di akhir zaman inilah yg kita harus berhati hati.

    3. baiknya kita memilih madzhab Syafii bila kita berada di indonesia, sebab 99% muslimin indonesia bermadzhab syafii, sebab bila kita memilih madzhab lainnya maka kita sulit mendapatkan Imam/guru yg membiming, dalam masalah Qunut, wudhu, shalat, zakat, puasa, mestilah ada perbedaan, dan perbuatan kita akan berbeda dengan orang lain yg akan menimbulkan fitnah pd masyarakat awam,n dan kitapun mesti memiliki masyarakat sendiri yg semadzhab untuk mengamalkan madzhab kita, inipun akan menjadi fitnah baru di masyarakat.

    madzhab Imam Syafii adalah madzhab sebagian besar muslimin dimuka bumi, dan paling banyak pula diikuti para Muhaddistin dan Imam imam.

    demikian wahai saudaraku,

    wallahu a\’lam

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Umum’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru