May 12, 2021

Mohon ijasahkan Bib

Home Forums Forum Masalah Umum Mohon ijasahkan Bib

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • Author
    Posts
  • #190068271
    Rahman
    Member

    Assalamualaikum Bib, Limpahan puji syukur kehadirat Allah SWT dan Shalawat serta salam tercurahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW serta kebahagiaan semoga menaungi hari-hari Habib dan sekeluarga, Saya mau bertanya :
    1. Bagaimana Bib hukumnya wanita yang sedang Haid berziarah kubur?
    2. Bagaimana hukumnya pinjam uang di bank untuk Renovasi rumah ?
    3. Bagaimana cara bertaubat jika kita menzalimi manusia?
    4 Mohon ijasakan kepada saya mengenai wirid / amalan u/ mempermudah saya membayar hutang sebelum waktunya karena saya ada pinjaman uang di Bank yang memberatkan saya untuk menutupi kebutuhan hidup sehari-hari ?
    Terima kasih atas jawabannya, lebih kurangnya saya mohon maaf.
    Wassalammualikaum wr.Wb

    Salam takzim

    Rahman

    #190068290
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    kebahagiaan dan Kesejukan Rahmat Nya semoga selalu menaungi hari hari anda,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    terimakasih atas doanya, sungguh tiada hadiah lebih agung dari doa, Rasul saw bersabda: Tiadalah seorang muslim berdoa untuk saudara muslimnya kecuali malaikat berkata : amin dan bagimu seperti doamu pada saudaramu (Shahih Muslim)

    1. wanita haidh tidak dilarang berziarah, namun yg dilarang adalah jika dirisaukan darah haidh berjatuhan di pekuburan, maka hal ini menjadi pelarangan ziarah bagi wanita, jika tidak ada kerisauan demikian maka hal itu diperbolehkan, namun tentunya tidak diperkenankan membaca alqur\’an untuk dihadiahkan pada almarhum yg kita ziarahi, karena haidh tidak dibolehkan membaca Alqur\’an

    2. meminjam di bank konvensional terkena riba secara mutlak, sebaiknya dihindari, namun jika terjebak kebutuhan primer, maka perbanyaklah ibadah lain dan bersedekah, untuk menyucikan harta pinjaman tsb

    3. bertaubat pada Allah swt, dan memohon maaf pd yg didhalimi, jika tak menemukannya atau orangnya sudah wafat, maka perbanyak amal pahala yg diniatkan utk orang yg diddholimi.

    4. saya Ijazahkan pada anda doa : \"Rabbiy Inniy limaa anzalta ilayya min khairin faqir\" (Wahai Tuhan, sungguh aku sangat faqir atas pemberian anugerah Mu), doa ini adalah doa Nabi Musa as, kemudian Nabi Musa as didatangi calon istrinya dan sekaligus mendapat pekerjaan. doa ini tercantum pada QS Al Qashash 24).

    Guru Mulia kita mengajarkan doa ini untuk mempermudah jodoh dan rizki/pekerjaan

    dan riwayat lain adalah Rasul saw masuk ke masjid, maka terlihatlah seorang lelaki dari Anshar yg bernama Abu Umamah ra, maka bersabda Rasulullah saw : Wahai Abu Umamah, mengapa kulihat maku duduk di masjid di selain waktu shalat..?”, ia menjawab : “gundah.. aku dijerat hutang wahai Rasulullah..”, maka bersabda Rasulullah saw : ”maukah kau kuajari kalimat yg jika kau ucapkan maka Allah akan menghilangkan gundahmu dan terselesaikan hutangmu?”, maka Abu Umamah ra : “ajari aku wahai Rasulullah..”, maka Rasul saw bersabda : “Jika di pagi harimu dan sore harimu ucapkanlah :[size=4]
    [b]
    اَللَّهُمَّ اِنِّيْ اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ ، وَاَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَاَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَاَعُوْذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ
    [/b][/size]
    Maka berkata Abu Umamah ra : kulakukan itu maka Allah menghilangkan gundahku dan dan terselesaikan hutangku” (Hadits hasan). (Al Adzkar Imam Nawawi)

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

    Wallahu a\’lam

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Umum’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru