August 1, 2021

mohon ijazah dan tanya

Home Forums Forum Masalah Umum mohon ijazah dan tanya

Viewing 4 posts - 1 through 4 (of 4 total)
  • Author
    Posts
  • #207102213
    M.Fadholy
    Member

    Assalamualaikm ya habib. Smg habib srta keluarga slalu sehat & dlm rahmat Allah. Smg Allah mengangkat derajat hbb ke tmpt yg tertinggi dalam pandangan rahmatNya aminnn ya Allah 100000x.
    Hbb perkenalkan saya Mochamad Fadholy, mohon ijazah keguruan serta ijazah lainnya. skaligus mhn ijazah u teman saya Roni Purwanto & Eko Haryoto. Kami alhamdulillah slalu hadir bersama2 di tiap acara majelis malem selasa dan tablig akbar, meski kadang berhalangan.
    Bib sy mau cerita, dlwaktu bujangan sy baca2 di forum ini jk ada yg susah punya anak agar brnazar dgn nama Muhammad. Maka kmudian sy maka bernazar demikian dgn niat agar Allah mdhkan saya u dpt jodoh dan anak. alhamdulillah tdk lama sy ktmu jodoh, skrg anak sy baru lahir namanya Muhammad Arif billah,, minta doanya spy jd ulama di masanya..amiin

    pertanyaan:
    1. Puasa daud apakah ada batasan minimalnya, bolehkah hanya 1 mg?
    2. ingin mndgr kisah hbb swktu bersama hbb umar, yg paling berkesan bagi hbb?

    Trm ksh & mhn maaf jika ada suul adab.wslm

    #207102253
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    kebahagiaan dan Kesejukan Rahmat Nya semoga selalu menaungi hari hari anda,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    saya ijazahkan seluruh dzikir salafusshalih, semua doa Rijaalussanad dan semua doa dan dzikir dari seluruh para wali dan shalihin, munajat dan dzikir para Ahlusshiddiqiyyatul Kubra, kepada anda dan teman2, Ijazah sempurna yg saya terima dari Guru Mulia kita Al Allamah Al Musnid Alhabib Umar bin hafidh yg sanadnya muttashil (bersambung) pada segenap para ulama, muhaddits, para wali dan shalihin. Ijazah ini mencakup seluruh surat dalam Alqur’an, wirid, dzikir, amalan sunnah, dan doa Nabi Muhammad saw dan doa para Nabi dan Doa seluruh Ummat Muhammad saw, dan seluruh Hamba Allah yg shalih. semoga anda dan teman teman selalu dalam kemuliaan Dzikir dan Cahya Munajat mereka. Amiin

    saya Ijazahkan kepada anda da teman teman sanad Alqur\’anulkarim dalam tujuh Qira\’ah, seluruh sanad hadits riwayat Imamussab\’ah, seluruh sanad hadist riwayat Muhadditsin lainnya, seluruh fatwa dan kitab syariah dari empat Madzhab yaitu Syafii, Maliki, Hambali dan Hanafi, dan seluruh cabang ilmu islam, yg semua itu saya terima sanad ijazahnya dari Guru Mulia Al Allamah Al Musnid Alhabib Umar bin Hafidh, yg bersambung sanadnya kepada guru guru dan Imam Imam pada Madzhab Syafii dan lainnya, dan berakhir pada Rasulullah saw.

    saya Ijazahkan pada anda dan teman teman sanad keguruan saya kepada anda dan teman teman , yg bersambung sanadnya kepada Guru Mulia kita, hingga Rasulullah saw, ia adalah bagai rantai emas terkuat yg tak bisa diputus dunia dan akhirat, jika bergerak satu mata rantai maka bergerak seluruh mata rantai hingga ujungnya, yaitu Rasulullah saw, semoga Allah swt selalu menguatkan kita dalam keluhuran dunia dan akhirat bersama guru guru kita hingga Rasul saw.

    saya ijazahkan pada anda dan teman teman shalawat yg paling saya cintai, yg diajarkan langsung oleh Rasul saw pada saya dalam mimpi, yaitu : ALLAHUMMA SHALLI ALAA SAYYIDINA MUHAMMAD NABIYYIL UMMIY, WA ALA ALIHI WA SHAHBIHI WASALLAM
    anda dan teman teman boleh membacanya kapan saja dan berapa saja tanpa batas waktu dan jumlah.

    saya Ijazahkan sanad mahabbah kepada anda dan teman teman, yg bersambung sanad (untaiannya) kepada Rasul saw hingga anda berpadu dalam orang orang yg dicinta Rasul saw,
    wahai saudaraku dan teman teman mu, saya mencintai anda karena Allah, maka ucapkanlah setiap habis shalat : Allahumma a\’inniy ala dzikrika, wasyukrika wa husni ibaadatika I(Wahai Allah, bantu aku dalam dzikirku pada Mu, dan bersyukur pada Mu, dan memperbaiki ibadah pada Mu).
    ucapan ini hamba ijazahkan pada anda dan teman teman , dan saya terima dari guru mulia, dari guru beliau sampai pada Rasul saw, yg bersabda pada Sayyidina Muadz bin Jabal ra : Wahai Muadz, Aku mencintaimu karena Allah , maka ucapkanlah setiap selesai shalat : Allahumma a\’inniy ala dzikrika, wasyukrika wa husni ibaadatika, maka kemudian sayyidina muadz ra mengucapkannya pada muridnya, dan muridnya mengucapkannya pada muridnya pula, demikian sanad ini hingga kini.

    wahai saudaraku, saya mencintai anda dan teman teman karena Allah swt, maka bacalah setiap habis shalat Allahumma a\’inniy alaa dzikrika wa syukrika wa husni ibaadatika. (Wahai Allah bantulah aku untuk memperbanyak dzikir pada Mu, dan memperbanyak syukur pada Mu, dan menyempurnakan ibadahku.).

    saya Ijazahkan sanad akhlak yg diucapkan oleh Rasul saw : Addabaniy rabbiy fa ahsana ta\’diibiy (aku diajari akhlak oleh Allah dan sebaik baik akhlak adalah akhlakku)

    ketika mendengar ini sayyidina Ali kw berkata : aku beradab dg adabnya Rasul saw maka sebaik baik akhlak adalah akhlakku (karena belajar akhlak dari Rasul saw), dan sanad selanjutnya memakai kalimat sayyidina Ali kw sebagaimana sanad ini sambung menyambung hingga imam hasan al bashri yg berkata : Aku beradab dg adabnya Ali bin Abi Thalib, dan Ali bin Abi Thalib berakhlak dg tuntunan nabi saw, maka sebaik baik baik akhlak adalah akhlakku., demikian seterusnya sanad ini hingga kini.

    saya ijazahkan kepada anda dan teman teman, dari guru mulia kita, yg bersambung sanad akhlak ini hingga Rasul saw.

    wahai saudaraku, saya mencintai anda dan teman teman dan karena Allah swt, maka bacalah setiap habis shalat Allahumma a\’inniy alaa dzikrika wa syukrika wa husni ibaadatika. (Wahai Allah bantulah aku untuk memperbanyak dzikir pada Mu, dan memperbanyak syukur pada Mu, dan menyempurnakan ibadahku.).

    dikatakan orang yg mempunyai sanad akhlak ini, Allah tak akan mewafatkannya sebelum Allah bimbing akhlaknya sebaik baiknya, hingga ia wafat sudah berakhlak dg akhlak Rasul saw.

    1. boleh saudaraku.
    2. ups saya tak berani menceritakannya saudaraku,,, sebab ini forum umum….

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

    Wallahu a\’lam

    #207102346
    M.Fadholy
    Member

    Qobilna kami trm ijazahnya ya habib, alhamdulillah jazakumullah khoyruljaza. Maaf bib, permintaan mhn doa u anak sy sptnya terlewat blm di jwb.
    Bib, klo gitu sudilah kiranya habib ceritakan ttg apa saja antara hbb dgn guru mulia agar makin brtambah kcintaan kami kpd hbb n guru mulia. Kisah yg blm pernah hbb sampaikan di forum ini.
    Pertanyaan:
    1. Jk wudu dlm toilet/k.mandi mn yg lbh afdhol, bc doa selesai wudu di dlm atau diluar toilet?
    2. sholat jumat bukan di mesjid apkh ada tahiyatul mesjid?
    3. klo tertidur saat ceramah jumat, apkh solat jumat sah atau tdk dan hrs solat zuhur lg?

    #207102351
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    kebahagiaan dan Kesejukan Rahmat Nya semoga selalu menaungi hari hari anda,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    Ampuni Hamba, semoga anak anda menjadi kesayangan Rasulullah saw, dicintai Rasul saw, dan menjadi panutan ummat, dan menjadi kebanggaan ayah bundanya dunia dan akhirat

    amiin

    saya dulu pernah terkena sakit luka gatal gatal dikaki, namun karena saat itu musim lalat, maka lalat mengerubuti luka dipunggung telapak kaki, maka terjadi infeksi, bengkak, bernanah dan (maaf) bau dan menjijikkan, saya tak bisa pakai sandal pula sebabnya, dan dokter meyarankan untuk tidak diferban, karena jika terkena air akan semakin bernanah karena air akan membuat debu menempel, dan disana tanah kering banyak berdebu.

    saya tidak berani atau malu tidur bersama teman teman, takut mereka tidur tertendang, takut mereka jijik pula jika terkena sarung mereka,

    kemana mana lalat terus mengerubuti luka itu, mereka seraa menggigitnya karena kerasnya mereka menghisap nanah dan luka luka menganga itu.

    maka Guru mulia yg sangat santun ini memerintahkan saya tidur di ruang tamunya, karena disitu ruang tertutup, dan lalat sangat sedikit, dan air conditioner terus hidup, demi hamba bisa istirahat dg tenang dan luka tidak tersengat panas matahari dan udara.

    sekali waktu tamu tamu datang, saya tidur tidak tahu ada tamu, kalau tahu maka saya akan menghindar tentunya,

    saya bangun tamu sudah kumpul, para ulama besar yg akan makan siang,

    anda tahu apa yg beliau perbuat dan katakan?

    ini muridku munzir, ia sedang sakit kakinya tapi ia bersabar dan itu akan membuat derajatnya terangkat..

    saya duduk dari rebah dengan baju kumal dan wajah bangun tidur yg sangat tidak layak menghadapi tamu, dan guru mulia melihat saya bangkit duduk beliau memandangi saya dg pandangan tajam seakan isyarat untuk jangan kemana mana,dan beliau mengalihkan perhatian para tamu pada hal hal pembahasan macam macam, supaya tamu tidak fokus dan tidak melihat luka bernanah dikaki saya karena mereka akan makan siang..,,

    saya menutupi luka itu pelahan lahan dg menarik sarung usang yg saya pakai, agar tamu tak melihat luka luka besar menganga dan sangat gatal di kaki saya.

    melihat saya sudah menutupi luka, maka guru mulia kembali mengarahkan perhatian tamu pada saya dan berkata : munzir ini demam dan meriang, dia tak boleh kemana mana supaya istirahat diruangan ini saja…

    memang luka luka bernanah yg infeksi itu membuat saya demam..

    lalu guru mulia dan tamu yg berada kira kira 7 meter dari tempat saya, makanan prasmanan mulai dihidangkan dan setelah siap, beliau berkata : wahai munzir bagaimana keadaan demam mu ?, kiranya dirimu bergeser kesini untuk makan bersama kami, atau kau lemah maka biar kami yg menggeser prasmanan ke dekatmu..?

    mendengar ucapan selembut itu saya bagai disambar petir, saya bangkit dan mendekat pd mereka dg terus menutupi luka….

    sarapan pagi istri beliau memerintahkan anaknya menyajikan sarapan, makan siang dan makan malam saya bersama beliau…

    ketika saya mulai pulih dan kaki mulai sembuh, memang kebetulan rumah beliau hanya berjarak sekitar 30 meter dari masjid..

    maka lihat budi pekerti beliau, beliau lihat saya sudah bisa jalan kemana mana, namun dasar hamba malas yg masih berusia belasan tahun ini malas ke masjid, karena kebiasaan dimanja dirumah beliau, bukan di rumah santri,

    beliau berkata sambil tersenyum lebar…. Alhamdulillah… kau sudah sangat fit dan jauh lebih sehat, bagaimana wahai munzir., kau mampu sedikit berolahraga dg berjalan dan shalat jamaah di masjid?, atau aku memapahmu ke masjid?. atau kau sudah siap berjalan sendiri..?, jika belum maka tetaplah shalat disini… jangan dipaksa, nanti lukamu kambuh lagi…

    maka sayapun dg sangat malu dam hati yg hancur karena dihantam akhlak luhur, saya jalan ke masjid dan mulai lagi berjamaah di masjid sbhmn biasa, lalu saya kembali keruang tinggal santri, beliau tersenyum puas..

    belum pernah saya temukan akhlak seagung ini di dunia, inilah bayangan Rasulullah saw…

    1. doa selepas wudhu maksudnya saudaraku?, tentunya diluar toliet, jika yg anda maksud doa doa dalam wudhu, maka dibaca didalam toilet namun dalam hati, dan usahakan toilet tertutup, sebab ada sabda Nabi saw : barangsiapa yg beerwudhu ditempat ia berhadats, maka jangan salahkan Allah jika ia tekena penyakit was was.

    namun tentunya kan tempat hadats dimasa itu beda dg skrng, kalau skrng hadats dissisiram dan hilang tak berbekas mengarah ke pembuangan atau safety tank, namun tentunya jika closet ada tutupnya, maka tutuplah katupnya, jika ada tempat wudhu diluar toilet maka usahakan jangan wudhu di toilet.

    2. tidak saudaraku,tahiyyatul masjid adalah untuk masjid yg wakaf, namun ada ulama yg membolehkan, dg alasan dilarang melarang orang shalat dimanapun, dan semua bagian bumi ini adalah masjid bagi ummat muhammad saw, maksudnya bukan hanya boleh shalat di masjid, tapi dimanapun shalat sunnah boleh, dan awal makna kalimat masjid adalah bermakna tempat sujud. maka ada dua pendapat dalam hal ini, anda bisa memilihnya.

    3. selama tidurnya duduk, tidak membatalkan shalat jika bukan orang yg terlalu gemuk atau terlalu kurus, demikian dalam madzhab syafii

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

    dan jangan Lupa membaca Aqur\’an, jangan lewatkan seharipun tanpa membaca Alqur\’an jadikan bacaan yg paling anda senangi, berkata Imam Ahmad bin Hanbal, Cinta Allah besar pada pecinta Alqur\’an, dengan memahamainya atau tidak dg memahaminya.

    Wallahu a\’lam.

Viewing 4 posts - 1 through 4 (of 4 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Umum’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru