November 30, 2020

mohon jawabannya…

Home Forums Forum Masalah Umum mohon jawabannya…

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • Author
    Posts
  • #83646291
    siti nurhayati
    Participant

    assalam mu\’alaikum warahmatullahi wabarakatuh…

    \"Selamat Hari Raya Idul Fitri 1428 H,Minal Aidin Wal Faidzin,Mohom Maaf Lahir dan Bathin,,,\"

    salam sejahtera semoga Habib dan keluarga selalu dalam lindungan Allah SWT…Amiin..

    Bib,ada yang ingin saya tanyakan,
    1.Saya membaca buku terjemahan tentang agama,salah satu kutipannya adalah \"Barang siapa yg meninggalkan sholat secara sengaja,hingga keluar dari waktunya maka dia telah kafir dan boleh dialirkan darahnya\".
    Apakah yang dimaksud boleh dialirkan darahnya??

    2.Keluarga saya pernah beberapa kali di beri semacam hadiah(berupa uang/barang) dari seorang kerabat yang saya ketahui bahwa hartanya itu diperoleh dr hasil korupsi.Apakah keluarga saya berdosa karna menikmati hadiah tsb??
    Dan apakah Allah menerima ibadah kami?karna setau saya,orang yg memakan sesuap makanan dr hasil yg haram,ibadahnya tdk diterima selama 40 hari??

    3. Orang tua tidak mengizinkan untuk hadir di majelis karena alasan waktunya terlalu malam,bolehkah saya melawan mereka agar bisa tetap hadir di majelis??

    4.Adik saya sudah berumur cukup untuk wajib sholat.Tetapi ia mls sekali untuk sholat,Saya menyuruhnya sholat dan kadang ia memberi alasan \"ibu aja gak sholat?\"(sholat ibu kadang masih bolong2).Apa yg harus saya jwb pd adik?dan apakah saya salah jika menyuruh dia sholat saya memukulnya?(ayah saya kerja dr pagi-sore,jd jarang menyuruh adik sholat)

    mohon maaf ya Bib,pertanyaan saya terlalu banyak…
    jazakallahu khairan katsira..

    wassalam mu\’alaikum wr.wb…

    #83646305
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Cahaya agung hari hari suci semoga selalu menerangi hari hari anda dengan kebahagiaan,

    Saudariku yg kumuliakan,
    1. sabda Rasulullah saw : \"Barangsiapa yg meninggalkan shalat dengan sengaja maka ia telah Kafar\", berikhtilaf pendapat Imam Madzhab tentang hadits ini, Imam Syafii mengatakan yg disebut \"Kafar\" disini adalah dosa besar, bukan Kafir secara mutlak,

    dan hukum Islam mengatakan orang yg tak mau shalat dan diperintah shalat ia tetap tak mau maka ia boleh dibunuh, namun ini adalah dimasa Khilafah Islamiyah, bukan saat ini, yaitu dimasa semua orang shalat, dan orang ini tak mau shalat sendiri, maka ditunggu 5 waktu, jika mulai subuh ia diperintah shalat ia tak mau/membangkang, lalu ditunggu dhuhur, ia tetap menolak shalat, demikian hingga Isya, maka diperintah shalat ia tetap tak mau hingga adzan subuh hari kedua maka ia diperintah untuk tobat, jika menolak maka ia dibunuh

    namun tentunya bukan sekarang ini, dimana orang yg tidak shalat lebih banyak dari orang yg shalat, mustahil hal ini diberlakukan, karena hal itu diberlakukan hanya jika mayoritas masyarakatnya semua shalat, hanya ia yg tak mau dan membangkang, dan yg memerintahnya adalah Khalifah, atau Qadhiy (hakim syariah islam).

    jauh berbeda antara orang yg malas shalat, dengan orang yg menolak shalat.

    2. uang hadiah itu halal kecuali anda benar benar tahu pasti bahwa uang itu langsung diterima dari hasil korupsi lalu diberikan pada anda, maka haram hukumnya, namun jika bisa saja uang itu bercampur dengan uang lainnya atau bukan dari hasil korupsi, walaupun pemberi adalah korputor maka tetap halal hukumnya.

    jika kita masih waswas dan enggan, maka baiknya tetap diterima dan lalu dibelanjakan pada hal hal yg tidak disantap, misalnya membayar pajak, jasa Tol, atau hal hal lainnya.

    3. anda jangan menyerah pada perintah orang tua, namun jangan pula kasar dan menentang mereka, rayulah dan bujuklah, oleh anda atau juga saudara saudara anda atau teman ayah bunda atau siapa saja yg bisa membantu anda untuk menasehati ayah ibu untuk mengizinkan, jadi anda jangan sesekali berbuat tak senonoh pada ayah dan ibu, namun jangan pula menyerah tuk berusaha, dan semasa belum diizinkan anda bersabarlah tetap dirumah dan jangan ke majelis, namun jangan berhenti berusaha.

    4. ajaklah adik anda untuk lebih mulia, katakan padanya kamu shalatlah, lalu ajaklah ibu shalat, apakah kamu tak kasihan pada ibu jika Ibu tak disayang ALlah?,
    cobalah dg ucapan ucapan lembut dan hindarilah cara kasar, sungguh cara lembut akan meresap pada hatinya, buatlah ia mencintai shalat dan mencintai ALlah swt.

    Semoga Cahaya kesucian Idul fitri, keberkahan, pengampunan dan segala rahasia keluhuran g terpendam pada hari Idul fitri 1 syawal ini terlimpah pada anda dan keluarga,
    Amiin

    Mohon Maaf Lahir Batin

    Munzir

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Umum’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru