March 7, 2021

mohon pencerahan dan ijazah

Home Forums Forum Masalah Umum mohon pencerahan dan ijazah

Viewing 4 posts - 1 through 4 (of 4 total)
  • Author
    Posts
  • #158996390
    rhado
    Participant

    assalamu\’alaikum….

    Salam rindu Habibana Munzir yang ana cintai…
    Semoga Habibana dan keluarga selalu dalam Sehat dan dapat melewati bulan Sya\’ban ini dengan penuh Keluhuran…..

    Ada beberapa hal yang ingin ana tanya,

    1.Bagaimana adab bersalaman yang paling baik,(dengan orang tua,guru,teman,)??adakah sunah apabila stlah bersalaman kemudian orang itu mencium tangannya….

    2. Ana bingung Habib, pernah dengar bhwa sholat ashar pd jm 5 boleh dilakukan 2 rakaat,??apa itu benar?

    3.. Kemudian teman ana pernah diajari seseorang untuk meminum air dari cucian kaki ibu,,Bagaimana dengan ini Habibana,??

    4. Apakah dalam shalat berjamaah kita di wajibkan untuk menyentuh kaki orang di sebelahnya?

    5. Saya jg ingin meminta ijazah segala do\’a dan ratib Al-Atthos,Ratib Al-Hadad………

    Itu saja dulu Habibana,Maaf bila ada kata-kata yang kurang sopan terhadap guru tercintaku…..
    saya takut kehilngan quota pertanyaan yang sekian lama saya nanti…Hhehehe.

    Do\’akan ana jg ya Habibana,agar ana bisa lebih banyak mengajak rekan-rekan untuk datang di Majelis Rasulullah……

    Semoga Allah menjadikan Kota Jakarta sebagai KOta Sayyidina Muhammad saw,begitu jg dengan kota lainnya,Dan semoga musuh-musuh islam dihancur leburkan Allah swt,…
    Semoga Habibana Selalu dalam Keridhaan Allah swt…

    AllahummaAmiin…

    #158996408

    Assalamu\’alaikum Wr Wb

    Apa Kabar Habibana, Semoga tambah sehat, dan semakin disayang Allah dan Sayyidina Muhammad SAW dan Kaum Muslimin.

    Sebelumnya saya mohon di doakan, saya ini seorang pendosa, hati terasa keras membatu, munkin karena sudah terlalu sangat banyak dosa yang saya lakukan. Saya meminta kepada Habib melalui tangan habib yang mulia, dan yang sanadnya sampai kepada Kekasih Allah Sayyidina Muhammad SAW, agar kiranya mendoakan saya yang hina dan diof ini, semoga Allah mencabut keinginan saya untuk melakukan dosa, dan agar saya dapat menjadi imam yang baik bagi istri dan anak saya.
    Dan juga tidak lupa pada kesempatan ini mohon ijazah amalan yang ada di web ini, sehingga apa yang saya amalkan dapat lebih bermanfaat. Aamiin

    Terimakasih sebelumnya kepada Habibana semoga kelak kita semua dapat berkumpul bersama dengan Kekasih hati yang selalu di rindu dan dinanti Sayyidina Muhammad SAW.

    Wassalam

    #158996405
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    kebahagiaan dan Kesejukan Rahmat Nya semoga selalu menaungi hari hari anda,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    1. para sahabat menciumi tangan Rasul saw bahkan mengusapkannya kewajah mereka, sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Jahiifah ra kulihat para sahabat mengambil kedua tangan beliau dan mengusapkannya kewajah mereka, maka kuambil pula tangan beliau dan kututupkan kewajahkuā€¯ (Shahih Bukhari 3289 Bab Manaqib).

    berkata Hujjatul Islam Al Imam Ibn Hajar Al Aqalaniy bahwa telah banyak riwayat shahih dalam cium tangan sahabat kepada Rasul saw dan sahabat dg sahabat lainnya, namun Imam Malik memakruhkannya, namun makruh yg dimaksud Imam Malik adalah ala sabiilittakabbur (jika menjadi kesombongan). (Tahul Baari Bisyarah Shahih Bukhari Bab Isti\’dzan).
    maka mencium tangan ulama, orang shalih dan ulama, juga ayah bunda dan orang yg lebih tua adalah sunnah, sebagaimana perbuatan sahabat pada Rasul saw, dan perbuatan sahabat pada lainnya.

    2. hal itu boleh dilakukan jika dalam perjalanan jauh yg jaraknya melebihi 82km, yaitu shalat asar yg di qashar, selain itu maka syariah tidak membolehkannya.

    3. hal ini tidak diajarkan oleh Rasul saw, namun jika untuk bertabarruk, mengambil berkah saja maka hal itu diperbolehkan, namun saran saya sebaiknya bakti pada orang tua, dan bertabarruk (tabarruk = mengambil berkah) dari air yg didoakan ayah atau ibu lebih baik.

    4. menyentuhkan kaki satu sama lain dalam shaf sunnah muakkadah, dan bukan rukun shalat, jika tidak dilakukan maka tidak batal wudhunya, para Imam menjelaskan bahwa ketika kejadian itu terjadi pada para sahabat, mereka tidak mengulang shalatnya, jika hal itu rukun shalat, maka shalat mereka tidak sah dan harus mengulangi shalatnya, buktinya mereka tidak melakukan itu, jelas sudah bahwa hal itu bukan rukun shalat namun sunnah saja dalam menyempurnakan pahala shalat, namun hendaknya dilihat orang disebelahnya, jika ia sepuh, atau terlalu gemuk., atau sakit, jangan paksakan untuk berdesakan dg nya, karena itu menyusahkan dan menyakitinya,
    orang sepuh butuh jarak lebih lebar untuk duduk dan berdirinya dalam shalat dan akan kesusahan jika sempit, demikian pula orang yg sakit dan terlalu gemuk, saat orang yg sakit atau gemuk bertasyahud akhir maka ia akan menyita tempat lebih lebar, maka jika sempit itu akan menyiksanya dan hal itu menjadi dosa.

    5. saya Ijazahkan pada anda Ratib Alattas dan Ratib Alhaddad, keduanya boleh dibaca tanpa ijazah, namun dg ijazah lebih afdhal demi bersaambungnya sanad kepada mereka dan diteruskan sanad mereka kepada Rasul saw.

    terimakasih doanya saudaraku

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

    Wallahu a\’lam

    #158996421
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    kebahagiaan dan Kesejukan Rahmat Nya semoga selalu menaungi hari hari anda,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    tangan penuh dosa ini berharap keridhoan Nya swt dengan membantu bermunajat kepada Mu wahai Rabb pemilik jiwaku dan jiwa Muhammad saw, agar Engkau kabulkan harapan saudaraku ini, sucikan hatinya dari segala hal yg tak kau cintai, sejukkan jiwanya dg ketenangan dan cahaya Nama Mu, hingga ia bahagia dan gembira dengan segenap pengabulan atas hajatnya, dan ia memuji syukur kepada Mu Rabbiy, salahkah bila aku berharap hamba Mu bersyukur dan memuji Mu Rabb..

    maka kabulkanlah munajat hamba Mu ini, jadikan ia bersyukur dan menyaksikan kedermawanan Mu Rabbiy.., Demi Sayyidina Muhammad Nabiy pembawa Rahmat .., amiin.

    saya ijazahkan pada anda seluruh apa ayg telah saya ijazahkan di web ini pada anda

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

    Wallahu a\’lam

Viewing 4 posts - 1 through 4 (of 4 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Umum’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru