November 30, 2020

Nama Majelis Rasulullah SAW

Home Forums Forum Masalah Umum Nama Majelis Rasulullah SAW

Viewing 4 posts - 1 through 4 (of 4 total)
  • Author
    Posts
  • #72465327
    Adie bin Ahmad
    Participant

    Ada rekan Adie yang menitipkan pertanyaan ini yaa Habibana tercinta : ?Mengapa Habib Munzir memilih nama Rasulullah SAW untuk majlisnya?? Adie telah memberikan beberapa gambaran mengapa nama mulia Rasulullah SAW itu disandarkan ke nama majlis yang Habibana asuh, tetapi sepertinya dia masih belum faham atas sedikit gambaran yang Adie berikan (Adie berikan sedikit keterangan dari visi misi Habibana mendirikan majlis Rasulullah SAW ini, yang mungkin bisa dijadikan alasan memilih nama mulia Rasulullah SAW tersebut ; yaitu untuk menjadikan Baginda Rasulullah SAW sebagai sang idola kita dan agar kita dapat menanamkan pribadi Rasulullah SAW agar kelak insan-insan yang mengidolakan Rasulullah SAW tersebar ke berbagai pelosok di kota untuk menyebarkan kembali keindahan daripada mengidolakan Baginda Rasulullah SAW).

    Alasannya rekan Adie itu dia takut terjadi pemahaman yang salah atas orang awam yang belum mengenal Majlis Rasulullah SAW ini. Sampai dia bilang, bait Habibana pun juga disebut Baitur Rasul. Dengan segala kehormatan Adie kepada Habibana, bisakah Habibana menjelaskan mengapa majlis Habibana dinamakan Majlis Rasulullah SAW? Apakah Guru Besar tercinta al-Allamah as-Sayyid al-Habib Umar bin Hafidz bin Syeikh Abi Bakr meng-amanahkan kepada Habibana untuk memilih nama tersebut?

    Mungkin Habibana telah menyampaikan hal ini ke khalayak ummat, namun Adie disini masih tergolong ?new comer? sehingga belum sempat untuk mendengarkan penjelasan Habibana secara langsung.
    Jazakallah khoiro jaza? atas jawabannya Yaa Habibana tercinta.

    Adie mohon maaf kepada Habibana atas kelancangan Adie untuk mempertanyakan hal ini dan atas kebodohan Adie dalam memberikan penjelasan kepada rekan Adie itu.

    #72465334
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Cahaya Mahabbatullah warasuuluh semoga selalu menerangi hari hari anda wahai saudaraku,

    mengenai Nama Majelis Rasulullah saw itu pada hakikatnya dakwah kita ini tidak pakai nama, sama saja dengan dakwah yg lainnya, semua adalah dakwah sang nabi saw. dan saya tak pernah terpikirkan untuk mengangkat sebuah nama sebagai nama majelis dakwah ini, namun ketika perkembangannya mulai pesat, maka mulailah para penggerak dakwah berkata bahwa majelis ini harus diberi nama, untuk keperluan administrasi seperti kop surat, permohonan izin dakwah disuatu wilayah, atau undangan, atau lainnya, itu harus pakai kop surat, maka namanya majelis apa?, saya bingung juga karena dakwah Rasul saw ini kok mesti pakai nama, maka singkat saja saya katakan : Ya Majelis Rasulullah deh.., memang dakwah ini dan semua dakwah yg ada di bumi ini kan dakwah Rasulullah saw, dan semua majelis taklim dimuka bumi ini tentunya majelis Rasulullah saw, karena yg diajarkan adalah ajaran Rasulullah saw,
    maka bila ada satu majelis taklim yg ajarannya bukan ajaran Rasulullah saw, maka itu bukanlah majelis muslimin, mengenai keteangan lebih lanjut anda dapat meng klik di tampilan kiri di wesite ini pada \"Tentang kami\". demikin dijelaskan serinci rincinya mengenai sejarah Majelis Rasulullah saw.

    mengenai kediaman saya yg diberi nama \"Baiturrasul saw\", maka itu sebenarnya hanya nama saja, karena rumah itu bukan milik saya, milik seorang dermawan yg sangat mencintai Rasul saw, dan ia menginginkan saya dan memaksa saya untuk pindah dari Jatiwaringin (kediaman saya th 2000-2002) untuk pindah kerumah itu, ia sudah niat rumah itu dipenuhi para pecinta Rasul saw, dia senang kalau rumah itu dipadati jamaah yg hadir di majelis, dan memang saya sendiri yg menjelaskan pada beliau bahwa rumah ini untuk dakwah Rasul saw saja, jangan untuk pribadi saya, maka beliau setuju saja. maka dinamai \"Baiturrasul saw\", sama saja dengan pesantren guru saya di Tarim Yaman dengan Nama Darulmustafa.

    salah satu kebiasaan Rasul saw adalah memberi nama dan gelar mulia, demikian pula guru saya Alhabib Umar bin Hafidh, beliau memberi nama kamar kamar dipesantrennya dengan nama : Ghurfat Hijrah, (Kamar Ahlul hijrah), Ghurfat Badr, Ghurfat Uhud, Ghurfat Maulidinnabiy, Ghurfat Mi\’raj, Musholla Alkisa, demikian pula saya memberi nama rumah itu, sekedar gelar saja.
    berat bagi saya kalau ada ucapan terdengar telinga ini bahwa rumah yg besar dan didaerah komplek elite itu adalah rumah ustaz munzir atau rumah habib munzir, duh.. saya tak berani bertanggung jawab dihari kiamat nanti, saya tak mau punya harta pribadi, harta saya adalah untuk dakwah sang nabi saw, dan beliau pemilik rumah itu sudah jauh jauh hari saya beri wanti wanti bahwa rumah itu tidak mau saya miliki, biar milik Rasulullah saw saja.

    demikian saudaraku yg kumuliakan,

    wallahu a\’lam

    #72465409
    Adie bin Ahmad
    Participant

    Jazakallahu khoiro jaza?… Syukron katsir Yaa Habibana

    Insya Allah penjelasan ini merupakan pengetahuan yang bermanfaat bagi Adie pribadi dan akan Adie sampaikan kepada khalayak yang bertanya mengenai hal ini termasuk ke rekan Adie. Kelembutan kasihNya Yang Maha Kasih selalu Mengasihi Habibana yang sudi menempatkan kalam indahnya di dunia maya untuk menjelaskan ini semua. Cahaya kemuliaan shohibul aqtab SAAW selalu menaungi perjalanan da?wah Habibana dari waktu ke waktu.

    Allahu yaftah alaika Yaa Habibana ; )

    #72465425
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Cahaya Keagungan Fatah Makkah semoga selalu menaungi hari hari anda,

    termikasih saudaraku yg kumuliakan atas doanya, Barakallahufiikum.

Viewing 4 posts - 1 through 4 (of 4 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Umum’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru