May 16, 2021

Numpang tanya ya habiban……

Home Forums Forum Masalah Fiqih Numpang tanya ya habiban……

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • Author
    Posts
  • #122880009

    Assalamu alaikum wr. Wb
    Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah yang Maha Pemberi, Pengasih dan Penyayang, solawat dan salam tercurah kepada Baginda Nabi Muhammad SAW . Yang saya muliakan Habib Munzir Almusawa, semoga Habibana sekeluarga diberikan kesehatan. Amiin,
    Habibana ada beberapa pertanyaan yang ingin saya sampaikan :
    1. Ketika membasuh anggota wudlu manakah yang lebih afdhol, membasuh 3 kali bergantian anggota yang kanan 1x lalu kiri 1x sampai 3x atau 3 kali yang kanan dulu kemudian yang kiri 3x?
    2. Saya sering menemukan ketika sholat berjamaah ada beberapa makmum masbuk kemudian setelah imam salam, membuat jamaah baru (ada yang jadi imam baru atau tidak meneruskan sendiri-sendiri sholatnya). Bagaimana hukumnya, apakah ada di madzhab syafi’i?
    3. Mohon penjelasan, katanya kekhus’uan dalam sholat itu tergantung kadar kekuatan tauhid atau ma’rifatnya pada ALLAH SWT.?
    4. Apakah dalil man’arofa nafsahu faqod ‘arofa robbah itu merupakan hadits atau atsar. Kalau hadits riwayat siapa?ada teman saya menanyakan , tapi saya kurang tahu. Dan mohon penjelasan maknanya.
    5. Saya pernah mendengar ada salah satu aliran tarekat, ketika selesi bay’at kemudian murid tersebut tidur dan mengenakan kain kafan layaknya orang meninggal. Apakah diperbolehkan menurut syari’at?
    6. Apakah yang dimaksud dengan ilmu futuh, saya sering dengar dalam doa ada futuhal’arifiin?
    7. Di daerah saya ada seorang kiyai sepuh, diakhir hayatnya kelakuan beliau seperti orang gila. Kata orang seh sedang mencapai puncaknya iman dan rindu pada Allah. Apakah ketika orang betul-betul rindu dan mahabbah pada Allah bisa mengalami keadaan seperti itu?
    8. Saya pengamal ratib haddad, ratib aththos dan wirdul latiif kapan waktu yang terbaik untuk membacanya?
    9. Habibana..mohon ijazah sholawat dan subhanallahi wa bihamdihi.untuk ibunda dan adik-adik saya…

    10. * text disembunyikan atas permintaan penanya *

    Mohon maaf juga apabila ada kata-kata yang kurang berkenan.
    Terima kasih atas kesediaan waktu habibana….

    Wassalamualaikum wr wb.

    #122880030
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    kebahagiaan dan Kesejukan Rahmat Nya semoga selalu menaungi hari hari anda,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    1. yg benar adalah membasuh yg kanan dulu 3X baru yg kiri 3X, wajibnya sekali, kedua ketiga adalah sunnah, namun jika ia membasuh tangan kanan sekali lalu membasuh tangan kiri, maka tidak sah ia membasuh kekanan lagi.

    2. hal itu boleh, namun dalam madzhab syafii yg terbaik adalah meneruskan shalatnya masing masing setelah imam yg pertama.

    3. khuysu adalah amalan hati dan ruh, maka semakin kuat imannya dan tauhidnya maka akan makin mudah ia mencapai khusyu.

    4. sebagian ulama hadits mengatakannya Maudhu\’ dan Hujjatul Islam Al Imam Nawawi mengatakannya bahwa hadits ini tidak kuat pembenarannya sebagai hadits, namun ada sebagian ulama mengakuinya sebagai hadits, namun sebagian mengatakan ia adalah ucapan Yahya bin Muadz Arraziy dan bukan hadits.

    namun kita tak berani mendustakannya karena Imam Nawawi mengatakannya tidak kuat pembenarannya, dan beliau tak mengatakannya hadits palsu.

    5. syariat tidak mengajarkannya, namun jika dimaksudkan untuk menambah kekhusyuannya dan kesadarannya akan kematian maka hal itu boleh saja, namun sebaiknya tidak dijadikan syarat wajib

    6. Futuh artinya keterbukaan makrifah baru, awal futuh adalah syahadat dan kesilamanan dan keimanan kita pada Allah, Futuh ada awalnya dan tak ada akhirnya, terus menembus tabir tabir keluhuran dan semakin tinggi derajatnya.

    7. sebagaimana orang yg tergila gila pada kekasihnya bisa terjadi padanya hal itu, maka lebih lebih pada Allah swt, namun umumnya orang yg mempunyai Guru pembimbing dalam ilmu tasawufnya

    8. boleh kapan saja dibacanya, namun waktu terbaik menurut tuntunan hadits haditsnya adalah pagi atau sore, karena ratib adalah kumpulan hadits pilihan yg dikumpulkan oleh shohiburratib untuk diamalkan, dan masing masing poinnya adalah hadits Nabi saw yg mempunyai kelebihan masing masing, diantaranya anda dapat mendownload Wirdullatif di kiri tampilan web ini, saya telah syarahkan hadits haditsnya, dan bacaan ratib banyak yg mnirip bacaaannya dg wirdullatif Imam Haddad, dan saya belum sempat mensyarahkan hadits hadits ratib

    9. saya Ijazahkan pada anda dan adik anda, semoga membawa keluhuran, kemuliaan dan keberkahan.

    10. hal itu adalah perjumpaan ruh anda dengan beliau, dan jenazah itu adalah jenazah seorang shalih dari wali Allah swt yg wafat.

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

    Wallahu a\’lam

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Fiqih’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru