November 27, 2020

panduan sholat yang benar

Home Forums Forum Masalah Tauhid panduan sholat yang benar

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • Author
    Posts
  • #98470656
    rangga
    Participant

    assalamu\’alaikum wr.wb……

    smoga habibana tercinta beserta keluarga…smoga kita slalu dicurahkan kasih sayang oleh yang Maha Pengasih dan Penyayang…

    Habibana tercinta,,,sbenarnya banyak skali buku tuntunan shalat yg berjudul Tuntunan Shalat Nabi SAW atau Shifat Shalat Nabi SAW beredar saat ini…

    tetapi yang jadi pertanyaan saya ialah, yang mana sebenarnya buku yang berdasarkan tuntunan tuntunan dan panduan Nabi SAW?? dan siapa pengarangnya & penerbitnya??
    saya khawatir, karena zaman skarang terlalu murah menjual nama Agama apalagi nama Nabi Mulia kita demi lakunya buku tersebut di pasaran…

    mohon bantuannya Bib dalm hal ini,,demi ketenangan hati saya. karena takut yang saya lakukan adalh Bid\’ah….
    dan, boleh tahu Bib…apa arti dari Hayyakumullah?

    trima kasih sebelumnya…
    wassalam wr.wb…

    #98470660
    mfd
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Saudaraku yang saya muliakan, berikut cara shalat Rasulullah saw yang sudah ada di forum bisa anda jadikan pandangan dalam mencari buku panduan shalat yang benar :

    [quote]Hadits 1
    Sebagaimana yang diambil dari hadits Rasul saw yang diriwayatkan oleh Aby Hurairoh ra sengguhnya Rasullulah saw berkata : “ Apabila engkau berdiri untuk melakukan shalat maka berwudhulah dengan sempurna, kemudian menghadap kiblat, kemudian engkau bertakbir kemudian bacalah yang termudah bagimu dari AlQur’an, kemudian engkau berrukuk hingga tuma’ninah dalam berukuk kemudian angkatlah kepalamu sampai engkau meluruskan badanmu berdiri (I’tidal), kemudin bersujut hingga engkau bertuma’ninah dalam bersujut, kemudin angkat kepalamu (duduk antara 2 sujud) hingga engkau bertuma’ninah dalam dudukmu kemudian engkau sujud kedua kalinya hingga bertuma’ninah dalam sujut, kemudian lakukanlah seperti yang tadi diseluruh shalatmu” (HR. Imam Bukhari dan Muslim)
    dalam Riwayat Muslim Rasullulah saw berkata : “Hingga engkau bertuma’ninah dalam berdirimu”

    Hadits 2
    Riwayat An Ibn Umar ra Rasulullah saw berkata : “ketika duduk untuk berTasyahud menaruh tangan kiri diatas lutut sebelah kiri dan tangan kanannya diatas lutut sebelah kanan, dan memajukan jari telunjuk, dalam Riwayat Muslim (mengumpulkan semua jarinya dan menunjuk dengan jari yang setelah jari jempol).

    Hadits 3
    Riwayat An Aby Mashud ra shabat Basyir bin Syaid “Kita diperintah untuk bershalat.. maka bagaimana kami bershalawat keatasmu, kemudian Rasul saw terdiam lalu Rasulullah saw menjawab “ katakanlah, Allahumma Shali’alla Muhammadin wa’alla ali Muhammad kama shalaita ala Ibrahimma…” sampai dengan akhir shalawat Ibrahimiyah. (HR. Muslim). (Ditambahkan oleh Ibn khuzaimah bagaimana kami bershalawat atasmu jika kami dalam shalat).

    Hadits 4
    Sabda Rasulullah saw “sesungguhnya Rasulullah saw menutup shalatnya dengan salam” (HR.Imam Bukhari dan Muslim) dan dari Wail bin Hujr ra “aku shalat bersama Rasul saw dan beliau salam awal sebelah kanan (Assalamu’alaikum warohmatullahhi wabarokatu) dan salam akhir sebelah kiri (Assalamu’alaikum warohmatullahhi wabarokatu)”.( HR. Abu daut dengan sanad sahih )

    Rukun shalat ada 17
    1. Niat,
    sebagaimana hadits 1 diatas “Apabila engkau berdiri untuk melakukan shalat,,,” dan Hadits Rasul saw “sesungguhnya amal itu dengan niat”
    2. Menghadap kiblat dan berdiri dalam shalat Fardhu,
    dari susunan hadist 1 diatas bahwa hendaknya menghadap kiblat sebelum bertakbir (syarah dari Imam alwi abbas al Maliki kitab Ibanatul ahkam)
    3. Bertakbir,
    yaitu membuka shalat dalam takbirratul ikhram (pendapat terbanyak dari Imam Syafi’I, Imam Hambali dan Imam Maliki bahwa takbiratul ikhram wajib dengan lafdz ‘Allahhu Akbar’)
    4. Membaca Alfatihah,
    para ulama sepakat Imam Syafi’I, Imam Hambali dan Imam Maliki wajibnya membaca Alfatihah disetiap rakaatnya. sebagaimana Hadits Rasulullah saw : “ Tidak sempurna shalat seseorang bila tidak membaca biummil Qur’an (Al Fatihah)” (HR. Bukhari dan Muslim)
    5. Rukuk,
    diriwayatkan oleh sahabat Rasulullah saw Ubbayd assaa’idi ra berkata : “bahwasannya melihat Rasulullah saw jika bertakbir kedua tangannya sejajar dengan bahunya, jika berukuk kedua tangannnya memegang kedua lututnya, sampai dengan akhir…..” ( HR. Imam Bukhari dan Muslim)
    6. Tuma’ninah dalam berrukuk,
    sebagaimana hadits 1 diatas “…kemudian engkau berrukuk hingga tuma’ninah dalam berukuk…”
    7. I’tidal,
    sebagaimana hadits 1 diatas “… kemudian angkatlah kepalamu sampai engkau meluruskan badanmu berdiri (I’tidal)…”
    8. Tuma’ninah dalam I’tidal,
    sebagaimana hadits 1 diatas “…Hingga engkau bertuma’ninah dalam berdirimu…”
    9. Sujud pertama dan Sujud kedua,
    sebagaimana hadits 1 diatas “…kemudin bersujut hingga engkau bertuma’ninah dalam bersujut…” dan Hadits Rasulullah saw : “aku diperintah untuk bersujud dengan 7 anggota tubuh (atas dahi, kedua tangan, kedua lutut dan jari-jari kaki)” ( HR. Mutafaqul’alayh). Sabda Rasul saw : “Bahwa engkau sujud maka taruhlah kedua telapak tanganmu dan angkatlah kedua sikumu” (HR. Muslim)
    10. Tuma’ninah dalam sujud pertama dan tuma’ninah dalam sujud kedua, sebagaimana hadits 1 diatas “…kemudin bersujud hingga engkau bertuma’ninah dalam bersujud…”
    11. Duduk diantara dua sujud,
    sebagaimana hadits 1 diatas “…kemudin angkat kepalamu (duduk antara 2 sujud) …”
    12. Tuma\’ninah diantara dua sujud,
    sebagaimana hadits 1 diatas “…hingga engkau bertuma’ninah dalam dudukmu…”
    13. Tasyahud akhir,
    Riwayat Muslim dari Ibn Abbas berkata Rasul saw mengajari kami tasyahud “Attahiyatul mubaarakatus shalawatutthoybatulillah…” sampai dengan akhir.
    14. Duduk diTasyahud akhir,
    sebagaimana hadits 2 diatas “ ketika duduk untuk berTasyahud…”
    15. Bershalawat kepada Rasul saw,
    sebagaimana hadits 3 diatas “ Kita diperintah untuk bershalat.. maka bagaimana kami bershalawat keatasmu…”. Imam Syafi’I berpendapat bahwa beshalawat atas Rasul saw dan keluarganya dalam shalat adalah Wajib bagi kita, sebagaimana hadits 3 diatas.
    16. Salam,
    sebagaimana hadits 4 diatas “sesungguhnya Rasulullah saw menutup shalatnya dengan salam” (HR. Imam Bukhari dan Muslim). Sebagaimana hadits 4 maka para Imam beritifak bahwa salam awal wajib bagi seorang imam atau ma’mum atau sendiri dan salam kedua sunah, dan paling sedikitnya salam (Assalamu’alaikum) dikarnakan penduduk madinah melakukannya. (Kitab Ibbanatul Ahkam: Imam Alwi bin Abbas al maliki)
    17. Tertib,
    Sebagaimana urutan rukun – rukun hadits diatas.[/quote]

    Berikut Linknya :
    [url]https://majelisrasulullah.org/index.php?option=com_simpleboard&Itemid=&func=view&catid=8&id=9354%E2%8C%A9=id#9354[/url]

    Hayyakumullah ( ucapan untuk mendoakan orang ) artinya umum, bisa \"Semoga Allah menghidupkan hati yang mati\", atau bisa \"Semoga Allah menghidupkan semangat dalam ibadah\"

    Wallahu a\’lam

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Tauhid’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru