November 25, 2020

Penjelasan Tentang Perjalanan Ruhiyah Manusia

Home Forums Forum Masalah Tauhid Penjelasan Tentang Perjalanan Ruhiyah Manusia

Viewing 4 posts - 1 through 4 (of 4 total)
  • Author
    Posts
  • #89047469
    abu bakar al-hakim
    Participant

    [b]Assalamua\’laikum Warahmatullahi Wabarakatuh[/b][i]

    Semoga Allah senantiasa memberikan rahmat dan pertolongannya kepada Habibina Syekh Munzir besrta keluarga khususnya dan kepada kita semua…aaamiinn…

    Ya Habib, ada beberapa pertanyaan yang ingin Ana utarakan, diantaranya:
    1. Tolong jelaskan kepada Saya tentang \"Perjalanan Ruhiyah \" seorang manusia?
    2. Apa yang menyebabkan hati terhijab?
    3. Mohon penjelasan Habib tentang NUR MUHAMMAD?

    Ana Al-Fakir mohon penjelasannya…..

    Sebelumnya Ana minta di bukakan pintu maaf apabila ada kesalahan dalam berucap.Tidak lupa juga Ana mohon do\’a dari Habibina agar ana tetap istiqomah untuk menjadi mujahid, mujadid dan aulianya Allah…Aamiinn..

    [b]Wassalamua\’laikum Warahmatullahi Wabarakatuh[/b][u]

    #89047486
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Keridhoan dan kelembutan Nya semoga selalu membuka jalan kemudahan pada hari hari anda,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    1. yg menghijab hati adalah dosa, dan sifat buruk.

    2. perjalanan ruhiyah adalah perjalanan ruh yg terlepas dari jasad, bisa bermakna kematian,.bisa bermakna mimpi, bisa bermakna ruh yg melihat sesuatu / mendengar sesuatu yg jauh tanpa tubuhnya sampai disana, sebagaimana pada riwayat yg tsiqah bahwa Umar bin Khattab ra ketika sedang khutbah jumat ia melihat kejadian peperangan pasukan sahabat di negeri yg jauh, lalu beliau mengomandoi mereka, dan suara umar bin Khattab ra terdengar oleh mereka disana, dan Umar bin Khattab ra melihat mereka disana, namun tubuh Umar bin Khattab ra sedang khutbah jumat di Madinah.
    bisa juga bermakna perjalanan ibadah, digelari ruhiyah karena kesucian perjalanan yg tidak diniatkan padanya maksiat, misalnya perjalanan umrah dan haji, inipun bisa dinamakan perjalanan ruhiyah, walaupun jasadnya ikut, namun perjalanan itu bukan untuk kemaslahatan jasad dan dunia, taoi untuk kemaslahatan ruh yg akan hidup abadi menikmati pahala perjalanan tsb.

    3. mengenai Nur Muhammad anda silahkan tuliskan pada forum tanya jawab ini terdapat kotak kosong di kanan atas, bertuliskan : \"cari forum forum\", nah.., tuliskan padanya : nur muhammad

    maka anda akan melihat pembahasan panjang lebar kami tentang Nur Muhammad, jangan lupa huruf tulisan muhammadnya adalah dg doble m.

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

    Wallahu a\’lam

    #89047573
    abu bakar al-hakim
    Participant

    assalamua\’laikum warahmatullahi wabarakatuh

    Semoga keberkahan dan keselamatan tercurah kepada habibina beserta keluarga…

    Menaggapi penjelasan habibina tentang penyebab hati terhijab ada satu pertanyyan lagi yang merurut Saya mempunyai korelasi. Saya pernah mendengar tausiah dari seorang guru, beliau berkata bahwa selain dosa hijab juga bisa disebabkan oleh ilmu. Beliau mengkategorikan hijab menjadi 2, yaitu hijab kegelapan dan hijab cahaya. Sedangkan ilmu masuk sebagai hijab kecahayaan. Mohon penjelasan habibina?

    Mengenai perjalanan ruhiyah sesorang, bahwa dalam perjalanannya ruh sesorang mendiami/melalui fase-fase alam. Diantaranya alam malak, alam barzah, alam mahsyar alam bahud, alam lahud, alam ahud. Saya mohon di berikan pencerahan tentang alam lahud, alam bahud dan alam ahud?

    Saya al-fakir ucapkan banyak terimakasih kepada habib atas tanggapan pertanyaan saya kepada habib sebelumnya. Mohon di bukakan pintu maaf apabila ada kesalahan.

    wassalamua\’laikum warahmatullahi wabarakatuh

    #89047605
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Keridhoan dan kelembutan Nya semoga selalu membuka jalan kemudahan pada hari hari anda,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    sebaiknya anda jangan tertipu dengan ucapan orang yg mengatakan ilmu adalah hijab, bagaimana ilmu menjadi hijab?, ilmu adalah belahan nama Allah swt, dan syaitan mengajari bahwa ilmu adalah salah satu hijab agar orang menghindari ilmu.

    yg dimaksud ilmu adalah hijab adalah jika seseorang sudah mencapai derajat tinggi dalam kedalaman ilmu syariahnya, maka ia mesti menafikan kesibukannya dalam syariah, ada beberapa jebakan seperti ikhtilaf antara permasalah furu;iyyah, dan permasalahan permasalahan sangat pelik yg menyita waktu untuk memecahkannya namun kurang bermanfaat bagi masyarakat dan pribadinya, maka ini menjadi hijab, walaupun ia cahaya (ilmu).

    mengenai alam malakut, Lahuut, \’Ahuut dlsb adalah alam alam gaib yg dibahas panjang lebar oleh para ulama dan berikhtilaf dengan ikhtilaf yg panjang, masing masing mempunyai pandangan sendiri sehingga tak bisa diambil satu kesimpulan yg jelas sebagai Qaul Jumhur dalam hal ini,

    pemikiran tentang pembahasan ini lebih banyak menipu daripada manfaatnya, sebaiknyakita lebih merujuk pada puncak kemuliaan seluruh alam gaib, yaitu Qiblatul Arwah, sayyidina Muhammad saw, beliaulah saw Nururrahmah ilahiyyah, Cahaya Rahmat Nya swt yg menjadi sumber penuntun pada keabadian,

    berpalinglah saudaraku dari pembahasan yg padanya terdapat seribu ikhtilaf yg tak pernah ada akhirnya, dihadapan kita sunnah Sayyidina Muhammad saw yg menuntun kita paling cepat kepada Allah swt.

    jadilah Pendukung Perjuangan dakwah beliau saw, maka anda akan sampai dan melewati seluruh maqam dan hijab, hingga derajat tertinggi yg bisa dicapai hamba hamba Allah, yaitu derajat Ahlusshiddiqiyyatul Kubra.

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

    Wallahu a\’lam

Viewing 4 posts - 1 through 4 (of 4 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Tauhid’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru