Home › Forums › Forum Masalah Fiqih › PENJELASAN TERAWIH?
- This topic has 3 replies, 2 voices, and was last updated 17 years, 3 months ago by Munzir Almusawa.
-
AuthorPosts
-
October 31, 2007 at 6:10 pm #84310961umar asegafParticipant
assalamualaikum wr wb
DALAM KITAB RISALAH IMAM SUYUTI DI KITABNYA المصابيح في صلاة الراويح
HALAMAN:16
فالحاصل ان العشرين ركعة لم تثبت من فعله صلى الله عليه وسلم.وما نقله عن صحيح ابن حبان غاية فيما ذهبنا اليه من تمسكنا بما في البخاري عن عائشة انه كان لا يزيد في رماضان ولا في غيره على احدى عشرة,فانه موافق له من حيث انه صلى التراويح ثمانا,ثم اوتر بثلاث,فتلك احدى عشرة
WASSALAMUALAIKUM WR WBNovember 1, 2007 at 2:11 pm #84310994Munzir AlmusawaParticipantAlaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,
Cahaya keagungan Nama Nya swt semoga selalu menerbitkan kemudahan pada hari hari anda,
Saudaraku yg kumuliakan,
coba diteruskan kalimat itu, jangan digunting di kalimat itu, sebab Imam Assuyuthiy bermadzhabkan Syafii, dan semua madzhab tak satupun yg melakukan 11 rakaat, jika ucapan itu benar dari Assuyuthiy, tentunya kita tetap berpegang pada Jumhur seluruh Madzhab, dan saya yakin Assuyuthipun demikian, karena ia bermadzhabkan syafii.tidak satupun madzhab yg mengerjakan 11 rakaat, entahlah wahabi menganggap diri mereka lebih tahu dari seluruh Imam Madzhab barangkali lalu memproklamirkan tarawih 11 rakaat di akhir zaman.
baiknya anda lanjutkan dan lengkapi ucapan Assuyuthiy itu sebelum dan sesudahnya, guntingan spt ini sudah sering digunakan oleh missionaris nasrani dan juga wahabi untuk menipu ummat.
Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu,
Wallahu a\’lam
November 2, 2007 at 11:11 pm #84311059umar asegafParticipantassalamualikum wr wb
itu yang saya tulis persis ada di kitabnya,memang suyuti pun ikut madhab syafi\’i tp dikitab beliau menyebutkan seperti itu ,jadi itu adalah masalah yg membingungkan.kalau wahabi saya sudah tidak menghiraukan,yang saya permasalahkan itu kan perkataan imam suyuti jadi perlu ada kejelasan didalam pembicaraannya agar tidak disalah gunakanNovember 3, 2007 at 6:11 pm #84311070Munzir AlmusawaParticipantAlaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,
Cahaya keagungan Nama Nya swt semoga selalu menerbitkan kemudahan pada hari hari anda,
Saudaraku yg kumuliakan,
saya berharap anda dapat menuliskan kalimat yg sebelum dan sesudahnya, sebab para Imam imam biasa menyebutkan demikian, namun sebelum atau sesudahnya mereka memberikan kejelasan tentang kesimpulan fatwanya.mengenai tarawih sebelas memang diakui dan pernah dilakukan oleh Umar ra, namun Umar bin Khattab ra merubahnya menjadi 20 rakaat, demikian dilakukan oleh Utsman bin Affan ra dan kemudian Ali kw, demikian hingga seluruh madzhab tak ada yg melakukan 11 rakaat, kecuali Madzhab Imam Malik yg melakukan 36 dan 38 rakaat, karena menganggap tarawih 20 rakaat adalah di Masjidil haram dan disana ada Thawaf, namun di Madinah mestilah ditambah lebih dari itu karena tak ada thawaf.
Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu,
Wallahu a\’lam
-
AuthorPosts
- The forum ‘Forum Masalah Fiqih’ is closed to new topics and replies.