November 25, 2020

Perbedaan keturunan Sayyid dengan Massaikh??

Home Forums Forum Masalah Umum Perbedaan keturunan Sayyid dengan Massaikh??

Viewing 4 posts - 1 through 4 (of 4 total)
  • Author
    Posts
  • #93282106
    alfaqir
    Participant

    Assalammualaikum Wr, Wb,

    Semoga Habib beserta keluarga dalam keadaan sehat selalu….

    Bib, ane mau tanya, setau ane keturunan Arab itu kan ada yang dikatakan \"Sayyid\" (keturunan Rasulullah) seperti : Alatas, Alaydrus, Assegaf, dll. Dan ada juga yang dikatakan \"Massaikh\" (klo tidak salah). Yang ane mau tanyakan apakah itu \"Massaikh\"? darimanakah asal usulnya? bagaimana kita membedakan antara marga yang Sayyid dengan Massaikh? apakah \"derajat\" Keturunan arab Massaikh sama dengan yang Sayyid? Dan bagaimanakah asal muasal terbentuknya marga2 seperti Alatas, Alaydrus, Alhamid, dll ?

    Atas jawabannya ane ucapkan berjuta terima Kasih,

    Sekian dulu bib, Mohon Maaf yang sebesar2nya jika ada kesalahan penulisan.

    Afwan,

    #93282144
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Kebahagiaan dan Cahaya Kelembutan Nya swt semoga selalu menaungi hari hari anda dan keluarga,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    mengenai derajat, adalah dimata Allah dg ketakwaan,
    namun Allah swt memerintahkan kita mencintai keluarga Rasulullah saw, maka kecintaan kita kepada keluarga Rasul saw tidak terkait pada perlakuan mereka, namun terkait pada bakti kita pd Rasul saw.

    tentunya kita membedakan mereka yg keluarga Rasul saw dengan yg bukan, karena firman Allah swt : \"Katakanlah (wahai Muhammad saw) bahwa aku tidak meminta balas jasa upah (atas dakwahku ini), kecuali kecintaan dan kasih sayang kalian pada keluargaku\" (QS Assyuura 23).

    maka jelaslah kecintaan pada keluarga Rasul saw wajib hukumnya, sehingga disebut pula dalam shalawat kepada Nabi saw dan keluarganya.

    istilah Masyaikh artinya guru guru, tidak semua bangsa arab disebut masyaikh, yaitu mereka yg qabilah qabilahnya banyak yg menjadi Imam, Guru besar, ulama besar dll maka qabilahnya tergolong qabilah masyaikh, merekapun dimuliakan karena nenek moyang mereka adalah para ulama besar.

    ini semua bukanlah kasta, sebagaimana dalam hindu, ini adalah penghargaan seorang muslim pada muslim lainnya. sebagaimana kakak, mesti lebih dimuliakan, dan ayah, mesti lebih dimuliakan lagi, lalu Ibu, mesti lebih dimuliakan lagi, demikianlah iman, demikianlah budi pekerti mulia.

    mengenai nama nama assegaf dll itu adalah sebagai gelar pengenal, ketika muncul seorang Imam Besar pada mereka, maka diberi gelar pengenal, maka keturunannya tetap disebut keturunan Assegaf, keturunan Alaydrus dll.

    maksudnya adalah mengabadikan kemuliaan para pejuang Syariah dan ulama yg mengajarkan kemuliaan ALqur\’an, hadits dan ilmu ilmu syariah lainnya.

    demikian pula pada para Kyai, misalnya KH Abdurrasyid Syafii, nama beliau adalah Abdurrasyid, dan nama ayah beliau adalah KH Abdullah Syafii, maka setelah KH Abdullah Syafii wafat, maka putranya disebut KH Abdurrasyid Syafii, dan kata : Syafii diambil dari nama ayahnya, digelarkan padanya agar lebih dikenal, dan mengabadikan dahsyatnya perjuangan ayahnya di Bumi Jakarta ini.

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga sukses dg segala cita cita, semoga dalam kebahagiaan selalu,

    Wallahu a\’lam

    #93282163
    alfaqir
    Participant

    Jazakallahu Katsiron ya habib atas jawabannya….

    #93282212
    Munzir Almusawa
    Participant

    Hayyakumullah.. semoga Allah menyambut anda dengan segala anugerah Nya swt..

Viewing 4 posts - 1 through 4 (of 4 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Umum’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru