November 28, 2020

perjodohan

Home Forums Forum Masalah Umum perjodohan

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • Author
    Posts
  • #90699255
    nizar zulmi
    Participant

    assalamu\’alaikum

    Sebelumnya, mohon maaf bila saya menggangu HABIB dgn pertanyaan ini. Saya ingin bertanya,menurut pandangan islam bagaimana anak gadis yang jodohnya ditentukan orang tuanya,atau ditentang hubungannya dengan seseorang alias tidak disetujui?. Dan bagaimana menurut HABIB apakah salah sikap sianak bila menolak perjodohan dari orangtuanya tersebut

    Saya tunggu jawabannya, sekali lagi maaf bila merepotkan.

    wassalamu\’alaikum

    #90699270
    mfd
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Saudaraku yang kumuliakan, jawaban dari pertanyaan anda ada sebelumnya didalam forum, berikut jawaban Habib :

    [quote]Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Anugerah dan Cahaya Rahmat Nya semoga selalu menerangi hari hari anda,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    permasalahan ini mudah saja, pernikahan / akad nikah itu sah walau putrinya tidak setuju, ini jika ayahnya yg menjadi wali, berbeda jika kakaknya (ayah sudah wafat) maka harus seizin wanita tsb, maka jika ayahnya yg menikahkannya maka pernikahannya sah dalam syariah.

    toleransi dalam hal ini adalah jika ayahnya itu menikahkan atas dasar kedhaliman, misalnya dinikahkan dg pria yg fasiq, maka hal semacam ini putrinya berhak menentang, karena hak taat pada orang tua telah jatuh jika bertentangan dengan Allah swt, dan anaknya boleh menentang jika ia dirujuk pada kemungkaran, hak Allah swt lebih berhak ditaati dari hak seluruh manusia.

    saran saya dalam masalah ini, adalah wanita tsb mencari penengah untuk menengahi ayah ibunya, apakah pamannya, kakeknya, atau teman ayahnya, yg bisa memberi nasehat pada ayahnya untuk mengurungkan niatnya, jadi penolakan datang bukan dari anaknya, melainkan dari orang lain yg kurang setuju/tidak mendukung pernikahan itu, hal ini lebih aman hingga tak berbenturan dg birrul walidayn.

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

    Wallahu a\’lam[/quote]

    Berikut Linknya :

    [url]https://majelisrasulullah.org/index.php?option=com_simpleboard&Itemid=&func=view&catid=8&id=10252&lang=en#10252[/url]

    [quote]Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Limpahan Rahmat dan Inayah Nya swt semoga selalu menyelimuti hari hari anda,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    tenanglah, karena gundah tak bisa merubah keadaan, kita mesti berlapang dada atas keputusan Nya, kita berdoa dan lalu pasrahkan pada Nya, karena Dia swt akan memilihkan yg terbaik bagi anda dan bagi teman wanita anda.

    percayalah pada Nya wahai saudaraku, titipkan teman wanita anda kepada Nya, Dia swt yg memilikinya dan menciptakannya, pasrahkan pada Nya, biarkan Dia mengaturkan yg terbaik bagi kalian berdua,

    Dia swt yg mengatur gen anda akan berpadu dengan gen siapa untuk menjadi keturunan anda, Dia swt yg mengatur rizki mereka dan usia mereka, Dia swt yg menciptakan dan mengatur seluruh kehidupan dan gen manusia yg berpasang pasangan..

    saya keluar sedikit dari pembahasan, dizaman Nabiyullah Yusuf as, zulaikha sangat mencintai Yusuf as, semua orang yg berbicara tentang yusuf as diberinya kalung perhiasan, semua orang yg memuji yusuf as diberinya uang dinar emas, dia tergila gila pada Yusuf as, sampai semua barang barang yg dicintainya diberi nama yusuf.

    namun kemudian ia berhasil menikah dg yusuf as, lalu Allah memberi Nya cahaya mahabbah, sehingga zulaikha tenggelam dengan mencintai Allah…

    ia lupa pada Yusuf as, zulaikha siang malam tenggelam dalam kamar khalwatnya, ia tak lagi perduli pada Yusuf as, hingga Nabiyullah yusuf as berkata : bukankah kau dahulu selalu merindukanku dan tergila gila padaku?? maka Zulaikha berkata : sungguh dahulu aku tergila gila padamu wahai Yusuf, namun setelah aku mengenal keindahan Pencipta Mu maka aku tenggelam dalam kecintaan pada Nya, dan lupa dengan semua makhluk Nya.

    anda ingin tenang..?
    dinginkan hati, ingatlah semua musibah dan kenikmatan akan anda tinggalkan, dan anda akan dikafani dan tubuh anda akan dimakamkan,

    ingatlah dan bayangkan kejadian ketika tangan tangan para teman menurunkan jasad anda kedalam makam anda, airmata mereka membasahi pipi menangisi kepergian dan berpisahnya anda, khayalkan hal itu terjadi pada anda dan memang pasti terjadi.

    nah.. pusatkan perhatian pada Allah, Maha Tunggal dalam Kesempurnaan Yang Abadi, maka dengan ini anda telah mengawali langkah pertama dari terbitnya kemudahan dan penyelesaian dari segala masalah yg pernah timbul diatas Bumi Nya.

    langkah kedua yakinlah pada ayat Nya swt : \"SUNGGUH BERSAMA KESULITAN AKAN DATANG KEMUDAHAN, DAN SUNGGUH BERSAMA KESULITAN AKAN DATANG KEMUDAHAN\"

    lalu tenanglah, Ingatlah bahwa anda tak kehilangan Dia swt, bolehlah kesemua yg ada dilangit dan bumi ini hilang dari anda, anda tetap beruntung selama mendapatkan Dia swt.

    kembalilah pada Nya, katakanlah : Gusti… Tuhanku, biarlah semua sirna asal Kau tukar dengan kedekatan pada Mu, dengan keridhoan Mu.. aku memilih Mu..

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

    Wallahu a\’lam[/quote]

    Berikut Linknya :

    [url]https://majelisrasulullah.org/index.php?option=com_simpleboard&Itemid=&func=view&catid=9&id=9549&lang=en#9549[/url]

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Umum’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru