July 29, 2021

sanad, ilmu, dan pemilu

Home Forums Forum Masalah Umum sanad, ilmu, dan pemilu

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • Author
    Posts
  • #147944001
    sitimaryam
    Participant

    Assalamualaikum wr wb..

    Teriring doa agar habibana beserta keluarga selalu sehat, sukses dan diberi kekuatan dan ketabahan memimpin kami khususya saya pribadi yang sangat haus akan bimbingan habibana tersayang…

    Habib yang baik, saya ingin bertanya mengenai sanad guru. Kerapkali saya mendengar dalam forum misalnya bahwa si fulan sanad gurunya terputus. Misalnya sebagai contoh yang saya ingat habib pernah mengatakan yusuf al qardhawi sanad gurunya terputus (mohon maaf dan koreksi kalau saya salah yaa habib ), ketika saya menyatakan ini kepada teman terkait zakat profesi yang habib katakan tidak ada dalam hukum islam dan mengenai sanad guru dari yusuf al qardhawi yang terputus, maka pembahasan menjadi lebar pada apa hubungan sanad guru yang terputus tersebut, apa hukum ibadah dari pengikut guru yang sanad nya tidak bersambung pada rasulullah ?? teman-teman yang berimam dan berguru pada orang yang sanad gurunya terputus bagaimana dengan amal mereka yaa habib ?? apa ibadah yang dilakukan dengan berguru pada yang sanadnya terputus pasti dihukum tidak diterima ?? dan bagaimana cara menjelaskan masalah sanad guru ini dengan bahasa yang sederhana pada yang baru paham apalagi yang selama ini tidak mengerti ttg sanad guru tersebut ?? sesungguhnya saya pun sangat jauh dari paham mengenai penjelasan hal ini apalagi menjelaskan dengan bahasa yang baik dan mudah dicerna..

    Selanjutnya yaa habib, apa urutan yang benar dalam mencari atau mengkaji ilmu ?? ilmu apa yang pertama kali harus kita kaji, dan apa seterusnya setelah itu ? apakah setiap orang urutannya sama atau bagaimana ? saya pernah ditanya dan bingung menjawabnya, secara spontan saya jawab fiqh dan syariat, tapi menurut yang bertanya tasawuf. Mohon pencerahannya ya habiibb..

    Habib yang dirahmati Allah..bib, hasil pemilu sebentar lagi akan keluar, hasil pemilu legislatif bahkan sudah menampakkan hasil perhitungan, prediksi partai pemenang pemilu sudah mendekati perhitungan akurat baik dari quick count maupun perhitungan resmi. Terkait itu yaa habibana..bagaimana kami harus menyikapinya ?? apakah hasil ini adalah jawaban dari doa yang seringkali dan selalu kita baca ba`da majlis untuk mendapatkan pemimpin yang membela ajaran rasulullah ?? apakah hasil pemilu legislatif kemarin dan koalisi capres adalah jawabannya yaa habib ? sungguh semoga pada pilpres nanti ALLAH memberikan bangsa ini pemimpin yang berpihak pada kemenangan ajaran Al Musthofa SAW…

    Terakhir, jika habibana berkenan, tak henti2nya saya merepotkan habib untuk mendoakan kedua orang tua saya agar diberi kesehatan dan umur yang berkah khususnya untuk ibu saya yang belakangan ini seringkali sakit juga untuk kakak saya yang kemarin mendapat musibah. Saya belum bisa membahagiakan beliau yaa habib, sampai umurnya terus melaju dan penyakit sering mengganggu ibadahnya, sungguh saya tidak tega yaa habib, adakah doa yang tepat yang bisa saya panjatkan khusus untuk kesehatan beliau, yang sering habibana ladzimkan ? Yaa habibana mohon doanya agar kami sekeluarga lebih istiqamah dan lebih baik dalam beribadah dan mampu mengikis penyakit hati ini…

    Yaa habibana tersayang yaa abaana munsawa…
    demikian pertanyaan dari saya..mohon maaf yang sebesar-besarnya kalau ada kelancangan kata-kata dan pertanyaan yang kurang berkenan dihati habib, mohon maaf yaa habibana…sebelum dan sesudahnya saya mengucapkan terimakasih…
    Salam rindu dan sayang dari kami…tetap semangat yaa bib, salam sayang dan ta`dzhim pada habibana…

    Wassalamualaikum wr wb

    #147944007
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Kesejukan kasih sayang Nya semoga selalu menerangi hari hari anda dg kebahagiaan,

    Saudariku yg kumuliakan,
    1. semua yg beramal ikhlas karena Allah akan diterima oleh Allah, tidak tergantung pada sanad gurunya, namun permasalahan ini adalah permasalahan mengambil/mempercayai fatwa seorang ulama, kita harus berhati hati dalam mengikuti fatwa guru, jangan sembarang mengikuti fatwa guru, maka guru yg mempunyai sanad guru pada Rasul saw lebih afdhal diikuti daripada yg sanadnya terputus, maka siapa panutannya jika ia diujung gurunya yg kesekian tak punya guru lagi?, siapa yg bertanggungjawab untuk ilmunya?, darimana ia mengambil ilmu hingga berfatwa?, apakah cuma dari buku yg bisa salah terjemah dan salah cetak?, sedangkan buku tak bisa dimintai pertanggungjawaban di hari kiamat.

    demikian saudariku.

    mengenai yg pertama kali kita pelajari adalah Tauhid, setelah itu fiqih syariah dasar, lalu tasawwuf.

    mengenai pemilu, hasil doa kita insya Allah akan muncul pada Pimpinan No. 1 negara kita, siapapun yg naik semoga lebih perduli pada islam dari pemerintahan masa kini.

    tangan penuh dosa ini berharap keridhoan Nya swt dengan membantu bermunajat kepada Mu wahai Rabb pemilik jiwaku dan jiwa Muhammad saw, agar Engkau kabulkan harapan saudariku ini, hingga ia bahagia dan gembira dengan segenap pengabulan atas hajatnya, dan ia memuji syukur kepada Mu Rabbiy, salahkah bila aku berharap hamba Mu bersyukur dan memuji Mu Rabb..

    maka kabulkanlah munajat hamba Mu ini, jadikan ia bersyukur dan menyaksikan kedermawanan Mu Rabbiy.., Demi Sayyidina Muhammad Nabiy pembawa Rahmat .., amiin.

    Demikian saudariku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

    Wallahu a\’lam

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Umum’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru