November 24, 2020

Sayidina Ali ra

Home Forums Forum Masalah Umum Sayidina Ali ra

Viewing 4 posts - 1 through 4 (of 4 total)
  • Author
    Posts
  • #102923777
    LAIL
    Participant

    Assalammualaikum Wr.Wb.

    Semoga limpahan rahmat, berkah dan kesehatan untuk habib dan keluarga.

    Bib saya ingin di ceritakan secara ringkas biografi sahabat Nabi yaitu Sayyidina Ali bin abi thalib ra, dan mohon klarifikasinya karena saya pernah mendengar bahwa beliau tidak diketahui makamnya, karena beliau terbunuh di atas kuda.

    Terimakasih atas perhatiannya dan mohon bimbingannya.

    Wassalammualaikum Wr.Wb.

    #102923798
    Munzir Almusawa
    Participant

    alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    cinta dan rindu yg berpadu pada Dzat Allah swt semoga selalu berpijar pada anda dengan cahaya kebahagiaan

    mengenai kejadian syahidnya beliau kw, adalah dibunuh didalam masjid, dan demikian hadits Rasul saw yg menyampaikannya pada beliau saat Rasul saw masih hidup, bukan diatas keledai/kuda tentunya.

    mengenai makam beliau memang terdapat ikhtilaf.

    mengenai riwayat beliau saudaraku saya mohon beribu maaf saya sangat sibuk sekali tuk menuliskannya, Insya Allah saudara saudara kita bisa membantu anda tuk menampilkan riwayat beliau yg shahih, yaitu bukan dari riwayat sekelompok saudara kita yg sampai menuhankan beliau, dan banyak mengambil dari riwayat yg tak jelas tanpa sanad yg jelas pula

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga sukses dg segala cita cita, semoga dalam kebahagiaan selalu,

    Wallahu a\’lam

    #102923838
    Andi
    Participant

    Maaf habib, saya cuma ingin membantu mungkin ini sedikit biografi Imam Ali kw yg dibutuhkan saya ambil dari Web Site Rabithah:

    Imam Ali adalah orang yang pertama kali masuk Islam. Abu Ya’la meriwayatkan dari Ali, bahwa Ali telah berkata, \’Rasulullah diutus pada hari Senin dan aku masuk Islam pada hari Selasa.\'[1]
    Abdulbirr dalam kitabnya yang berjudul al-Isti’ab mengetengahkan sebuah hadits yang berasal dari Imam Ali , bahwa Rasulullah saw berkata kepada Siti Fatimah ra : ‘Suamimu adalah orang yang terkemuka di dunia dan akhirat, ia sahabatku yang pertama memeluk Islam, yang paling banyak ilmunya dan paling besar kesabarannya’

    Dalam hal nasab, seperti diriwayatkan oleh Thabrani, bahwasanya Rasulullah saw telah bersabda : “Allah menciptakan keturunan setiap Nabi dari tulang sulbinya sendiri, namun Allah menciptakan keturunanku dari tulang sulbi Ali bin Abi Thalib.”
    Hal ini diperkuat dengan hadits yang bersumber dari Umran bin Hushain, bahwa Rasulullah telah berkata : “Apakah yang kamu inginkan dari Ali, apakah yang kamu inginkan dari Ali, apakah yang kamu inginkan dari Ali ? Sesungguhnya Ali dariku dan aku darinya. Ia adalah pemimpin semua orang mukmin sesudahku.” Ibnu Abbas ra meriwayatkan sebuah hadits, bahwasanya Rasulullah saw menyatakan: ‘Manusia diciptakan dari berbagai jenis pohon, sedang aku dan Ali bin Abi Thalib diciptakan dari satu jenis pohon (unsur). Apakah yang hendak kalian katakan tentang sebatang pohon yang aku sendiri merupakan pangkalnya, Fatimah dahannya, Ali getahnya, al-Hasan dan al-Husein buahnya, dan para pencinta kami adalah dedaunannya ! Barangsiapa yang bergelantung pada salah satu dahannya ia akan diantar ke dalam surga, dan barangsiapa yang meninggalkannya ia akan terjerumus ke dalam neraka.”
    Imam Ali bin Abi Thalib wafat sebagai syahid pada hari Jum’at tanggal 17 Ramadhan tahun 40 Hijriyah ketika sedang melaksanakan sholat Subuh. Beliau dikarunia lima belas orang anak laki-laki dan delapan belas orang anak perempuan :[2]
    – Hasan
    – Husein – Muhsin (meninggal waktu kecil)
    Ibunya Siti Fathimah binti Rasul saw.
    – Muhammad al-Hanafiah ( Menurut satu pendapat keluarga Ba Qasyir di Hadramaut adalah keturunannya)[3]
    – Abbas
    – Usman
    – Abdullah
    – Ja’far
    Ibunya ummu Banin bt. Hazm al-Kilabiyah
    – Abdullah
    – Abu Bakar
    Ibunya Layla binti Mas’ud al-Nahsaly
    – Yahya
    – Aun
    Ibunya Binti Umais al-Khosmaiy
    – Umar al-Akbar ( Ibunya ummu Habibah al-Taghlibiyah )
    – Muhammad al-Ausath ( Ibunya Amamah binti Abi Ash )
    – Muhammad al-Asghor
    Kelima belas anak laki-laki tersebut sesuai dengan pendapat al-Amiri, sedangkan Ibnu Anbah menambahkan nama : Abdurahman, Umar al-Asghor dan Abbas al-Asghor. Adapun yang membuahkan keturunan ada lima, yaitu : Hasan, Husein, Muhammad al-Hanafiyah, Abbas al-Kilabiyah dan Umar al-Tsa’labiyah.
    Sedangkan anak perempuannya dalam riwayat yang disepakati berjumlah 18 orang, yaitu : Zainab, Ummu Kulsum, Ruqoyah, Ummu Hasan Ramlah al-Kubra, Ummu Hanni, Ramlah al-Sughro, Ummu Kulsum al-Sughro, Fathimah, Amamah, Khadijah, Ummu Khoir, Ummu Salmah, Ummu Ja’far, Jamanah.

    [1] Al-Syablanji, Nur al-Abshor, hal.162.
    [2] Ibnu Hazm, Jamharoh Ansab al-Arab, hal.37. Ibnu Anbah, Umdah al-Thalib, hal. 167. Al-Masyhur, Syamsu al-Zhahirah, Jilid 1, hal. 15.
    [3]Abdurrahman Bin Muhammad al-Masyhur, Syamsu al-Zhahirah , Jilid 1, hal. 16.

    #102923876
    Munzir Almusawa
    Participant

    Hayyakumullah.. semoga Allah menyambut anda dengan segala anugerah Nya swt..

Viewing 4 posts - 1 through 4 (of 4 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Umum’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru