February 27, 2021

Seputar Tradisi dan orang kristen

Home Forums Forum Masalah Umum Seputar Tradisi dan orang kristen

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • Author
    Posts
  • #139242003
    Arul
    Participant

    Assalammualaikum Waruhmatullah Wabarokattu,

    Habib Munzir yang saya hormati dan saya kagumi, semoga habib dan keluarga senantiasa sehat wal afiat selalu, untuk mempersingkat waktu saya ingin langsung bertanya :

    1. Di kampung saya ada kebiasaan setelah ada yang wafat dibacakan Al Qur\’an selama tujuh hari siang dan malam. Setelah pembacaan Al Qur\’an, mereka yang membaca diberikan upah. Bagaimana hukumnya dengan masalah ini bib, karena kalau saya bandingkan dengan wilayah lain misal di Pasuruan yang sama2 Aswaja, kebiasaan ini tidak ada.

    2. Bib, di kampung saya ada tetangga yang beragama Kristen. Saya pernah lihat tetangga yang Kristen ini ikut acara kaya tasyakuran atau tahlilan. Pada acara Natal, ada tetangga yang muslim mendatangi rumahnya untuk mengucapkan selamat Natal. kerukunan antar agama di kampung kami begitu harmonis, tapi bagaimana hal yang sepantasnya dalam menghormati pemeluk agama lain dengan kaidah2 ahlak islam yang agung namun tanpa keluar dari syariah Islam yang sebenarnya.

    Demikian pertanyaan saya bib, Terima kasih atas jawabannya.

    #139242015
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Rahmat dan Kebahagiaan Nya semoga selalu menerangi hari hari anda,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    1. pembacaan Alqur\’an, tahlilan, doa, dzikir dirumah duka, adalah hal yg baik, selama tak ada padanya pesta, karena yg dilarang adalah mengadakan pesta pasca kematian, demi menggembirakan keluarga duka dg jamuan besar2an agar orang banyak datang.

    jika dzikiran mendoakan almarhum, lalu bersedekah pula pada tamu tamu, hal itu tidak ada larangannya dalam syariah, bahkan perbuatan para sahabat radhiyallahu \’ahum

    . dari Ibn Abbas ra bahwa seorang lelaki bertanya pada Rasul saw bahwa ibunya telah wafat, apakah bermanfaat baginya jika ia bersedekah untuknya?, Rasul saw menjawab : Ya. (Shahih Bukhari)
    hadits semakna pada shahih Bukhari dan shahih Muslim.

    berkata Imam Nawawi : “Dan dalam hadits ini menjelaskan bahwa shadaqah untuk mayit bermanfaat bagi mayit, dan pahalanya disampaikan pada mayyit, demikian pula menurut Ijma (sepakat) para ulama, dan demikian pula mereka bersepakat atas sampainya doa doa” (syarh Imam Nawawi ala shahih muslim juz 7 hal 90)

    dari Ahnaf bin Qeis ra berkata : “Ketika Umar ra ditusuk dan terluka parah, ia memerintahkan Shuhaib untuk membuat makanan untuk orang orang” (AL Hafidh Al Imam Ibn Hajar pd Mathalibul ‘Aliyah Juz 1 hal 199 no.709, dan ia berkata sanadnya Hasan)

    dari Thaawus ra : “Sungguh mayyit tersulitkan di kubur selama 7 hari, maka merupakan sebaiknya mereka memberi makan orang orang selama hari hari itu” (Diriwayatkan Oleh Al Hafidh Imam Ibn Hajar pd Mathalibul ‘Aliyah Juz 1 hal 199 dan berkata sanad nya Kuat

    namun mengambil upah dari keluarga mayyit inilah yg diharamkan, maka sebaiknya diberi peringatan akan hal tsb.

    2. mengenai berhubungan / berbuat bik dg non muslim adalah hal yg sunnah, namun hadir dihari natal merupakan ihtilaf ulama, sebagian mengatakan jika untuk menarik simpati mereka kpd islam maka boleh, asalkan dihatinya tidak ada sama sekali memuliakan hari / agama mereka, namun sebaiknya dihindari, karena pada perayaan itu ada nyanyian mereka, ada kekhusyuan mereka, ada peribadatan mereka, yg hal itu merupakan hal yg dimurkai Allah swt.

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

    Wallahu a\’lam

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Umum’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru