February 28, 2021

sholat ba\’da shubuh

Home Forums Forum Masalah Fiqih sholat ba\’da shubuh

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • Author
    Posts
  • #136424566
    deni ariyansyah
    Participant

    Assalamu\’alaikum Warahmatullohi Wabarokatuh

    ana mo tanya klo abis sholat shubuh kan tidak da sholat lagi, nah bagaimana dengan hadist yg menyatakan jika kita sholat shubuh berjama\’ah lalu berdiam di tempat sholat kita sambil berdzikir lalu sholat 2 rakaat, maka kita akan mendapat pahala haji yang sempurna,sempurna,sempurna…….

    Mohon penjelasannya dari Habib Mundzir tata cara pelaksanaan sholat tsb, mulai dari waktu,niat, surah yg dibaca, doa sesudah sholatnya, soalnya selama ini saya masih bimbang karena da yang menyatakan Sholat tsb adalah sholat dhuha, Tapi juga da yang bilang bukan sholat dhuha karena waktunya sebelum matahri terbit setinggi galah….sekali lagi mohon penjelasan dari Habib Mundzir sejelas-jelasnya, karena saya pernah melakukannya tapi sekarang saya berhenti melakukannya j=karena masih ada keraguan…….
    sebelumnya saya ucaokan banyak terima kasih, semoga Habib Mundzir selalu di berkahi Allah SWT dalam membimbing Umat…..

    Wassalamu\’alaikum Warahmatullohi Wabarokatuh….

    deniboe@yahoo.com

    #136424589
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah abarakatuh,

    Limpahan kelembutan ilahi semoga selalu menyelimuti aktifitas anda,

    saudaraku yg kumuliakan,
    yg diharamkan adalah mulai setelah shalat subuh, hingga Isyraq.

    dalam shalat Isyraq dan shalat lainnya yg teriwayatkan 4 rakaat, maka boleh dg dua salam atau dg satu salam dan satu tasyahhud, namun ulama ulama syafii melakukannya dg dua salam.

    mengenai shalat Isyraq tak ada surat yg khusus yg diwajibkan padanya,

    ada ikhtilaf mengenai shalat Dhuha, ada yg mengatakan bahwa shalat dhuha adalah shalat Isyraq, maka mereka yg berpegang pada pendapat ini tentunya boleh saja mereka shalat dhuha jam 7 pagi karena saat itu sudah masuk waktu isyraq.

    namun pendapat kedua memisahkan antara shalat Isyraq dan shalat Dhuha, dan bagi yg berpegang pada pendapat ini maka hendaknya ia menunggu waktu dhuha yaitu tepat ditengah antara adzan subuh dan adzan dhuhur, seandainya (misalnya) adzan subuh adalah pk 5 tepat dan adzan dhuhur pk 12.00 tepat, maka waktu dhuha nya adalahdimulai pk 8.30 pagi.

    Sabda Rasulullah saw : ?Barangsiapa yg shalat subuh lalu duduk berdzikir hingga terbitnya matahari (Isyraq) maka baginya pahala bagaikan pahala haji dan umrah, sempurna, sempurna (HR Imam Tirmidziy hadits no.586)

    demikian saudaraku yg kumuliakan,

    wallahu a\’lam

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Fiqih’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru