November 30, 2020

Sholat Sunah Sebelum & Sesudah Sholat Wajib

Home Forums Forum Masalah Tauhid Sholat Sunah Sebelum & Sesudah Sholat Wajib

Viewing 10 posts - 1 through 10 (of 12 total)
  • Author
    Posts
  • #81222133
    Kukuh Hargianto
    Participant

    Assalamu\’alaikum Wr Wb Habib,

    Semoga Allah SWT selalu memberikan kemuliaan dan kesehatan kepada Habib dan keluarga.

    Sepengetahuan kami Shollat Sunnah sebelum dan sesudah Sholat Wajib adalah:
    1. 2 rakaat sebelum Subuh;
    2. 2 rakaat sebelum dan sesudah Dzuhur;
    3. 2 rakaat setelah Maghrib; dan
    4. 2 rakaat sebelum dan sesudah Isya\’.

    Dalam hal ini sering kami kami melihat ada pula yang mengerjakan Sholat Sunnah 1) 2 rakaat sebelum Ashar dan 2 rakaat sebelum Maghrib. Bagaimana menuru syariat Islam ?
    Bagaimana pula tentang Sholat Sunnah 2 rakaat sebelum Sholat Jum\’at, setelah Adzan ?

    Mohon penjelasan Habib. Sebelumnya kami mengucapkan terima kasih.

    Wassalamu\’alaikum Wr Wb

    Kukuh Hargianto

    #81222143
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    semoga kemuliaan ramadhan, keagungan shiyaam, kesucian Qiyaam, keberkahan Alqur;an, dan cahaya Lailatul Qadr selalu terlimpah dan menghiasi hari hari anda dan keluarga.

    Saudaraku yg kumuliakan,
    hal itu banyakteriwayatkan dg riwayat hadits yg berbeda, ada riwayat qabliyah dhuhur dan ba\’diyyah nya masing masing 4 rakaat, ada riwayat qabliyyah asar 4 rakaat, ada riwayat Qabliyah magrib 2 rakaat.

    mengenai dua rakaat sebelum jum\’at memang riwayatnya lemah, namun demikian pendapat dari madzhab syafii melakukannya, adapula para ulama syafiiyah yg melakukannya 4 rakaat sebelum jumat (sesudah adzan)

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga sukses dalam semua cita cita, semoga dalam kebahagiaan selalu,

    Wallahu a’lam

    #81222254
    fuady abdullah
    Participant

    Assalamualaikum war wab
    Alhamdulillah washsholaatu wassalaamu \’alaa rosuulillah saw wa\’alaa aalihii washohbihii waman waalaahuu.

    Ikutan ya bib.
    1- sholat sunah subuh 2 rokaat.hadits shohih bukhori,muslim,abu dawud,tirmidzi.
    Sedangkan surat yang sunah dibaca dalam 2 rokaat qobliyah subuh tersebut untuk rokaat pertama setelah alfatihah adalah surat Al kaafirun dan rokaat kedua adalah al ikhlas.Sebagaimana hadits dari Abu Hurairah ra bahwa nabi SAW membaca alkafirun dan al ikhlas dalam 2 rokaat sunah subuh.(HR Muslim,abu dawud dan tirmidzi).

    Begitu juga Hadits riwayat Ibnu majah dengan isnad yang kuat,dari Abdullah bin syaqiq dari Aisyah ra bahwa Rosulullah SAW sholat 2 rokaat sebelum subuh membaca surat Al kafiruun dan al ikhlas.

    Sholat sunah sebelum subuh ini boleh dilakukan dimasjid ataupun dirumah.Kedua riwayat yang masing memperbolehkan sholat dirumah dan dimasjid sama dari Ibnu Umar ra tapi dengan jalan berbeda.Namun sebagian salaf lebih memilih sholat sunah sebelum subuh itu dilakukan dirumah sebelum pergi kemasjid.Sebagaimana dinyatakan oleh mahky dari ibnu umar dan pendapat ini juga diperkuat oleh para guru imam Ibnu Hajar.

    Ada pertanyaan bolehkah sholat sunah subuh dilakukan setelah sholat subuh apabila tertinggal?..Jawabanya bolehDalilnya sebuah hadits dari Abu hurairah ra,nabi SAW bersabda:\"Barang siapa tidak sempat sholat sunah subuh,maka boleh dilakukan setelahnya (sholat subuh)\".(HR Tirmidzi 423,juga imam haim dalam Al mustadrok 1/274,Baghowy dalam syarah sunah 3/335,Tafsir alqurthuby 2/304 dan alhindy dalam kanzul umal 19331).

    Tapi dalam salah satu kitab fiqh syafi\’iyyah disebutkan bahwa yang diperbolehkan untuk melaksanakan sholat sunah subuh dilakukan setelah sholat fardhu subuh adalah bagi yang terbiasa melakukan sholat sunah tersebut.Jika tidak terbiasa melakukannya maka tidak diperbolehkan karena ada hadits shohih yang mengatakan tidak ada sholat setelah sholat subuh.

    Oleh para ulama larangan tersebut adalah pada sholat2 yang tidak mempunyai sebab/sunah mutlak.Tapi kalau sholat itu dzuu sababin seperti sholat qodho,sholat janazah dll maka diperbolehkan.

    Mudah2an kita semua senantiasa mengamalkan sholat 2 rokaat sunah subuh.Karena nabi SAW sangat memperhatikannya,bahkan dalam sebuah hadits shohih nabi bersabda :\"Dua rokaat sunah subuh lebih aku cintai dari dunia seisinya\".(HR Muslim dalam kitab sholat almusafiriinb bab 14 no 97).

    Masya Allah….Lihatlah bagaimana nabi SAW sangat mementingkan 2 rokaat sunah subuh itu.Mudah2an kita semua bisa konsisten mendirikan 2 rokaat sunah subuh sebagaimana nabi kita Muhammad SAW senantiasa melaksanakannya.

    Untuk sholat2 rowatib yang lainnya,insya Allah pada tulisan berikutnya…Tapi ana permisi dan minta izin dulu sama habib.Boleh ga bib kalau ntar ana terusin tulisan ini…

    Wassalam
    Ibnu Abdullah

    #81222260
    Munzir Almusawa
    Participant

    saudaraku yg kumuliakan, terimakasih atas tambahannya,

    sering saya tersibukkan dg menjawab pertanyaan di email pribadi hingga kehabisan waktu pula menjawab di web ini, sayapun mengajar di 80 cabang majelis kita, belum pula undangan umum dan luar kota dan luar negeri, belum pula permasalahan yg timbul pada muslimin, dengan pemuda, tokoh masyarakat, kyai, aparat pemerintah, kelompok anti maulid dll yg muncul di cabang cabang majelis, dan saya terus berusaha online dimanapun saya berada, di mobil, di airport, bahkan di pedalaman manokwari sekalipun saya masih usahakan bisa membantu muslimin dg menjawab pertanyaan dan membantu menyelesaikan masalah, namun sering sekali waktu saya sempit maka saya meringkasnya seringkas mungkin.

    saya gembira sekali jika ada malaikat mulia yg sudi membantu dan dapat melengkapi, beribu Jazakumullah khair,tentunya saya akan terus mendoakan anda karena turut meringankan beban saya dan membantu saudara kita yg butuh penjelasan.

    #81222314
    fuady abdullah
    Participant

    Assalamaulaikum war wab
    LANJUTAN….
    Syukron jaziilaa atas izin habib.Semoga Habibuna tetap dalam lindungan dan penjagaan Allah \’azza wajalla.

    BAB ROOTIBAH AL DZUHRI / rowatib dzuhur.
    Dari Abdullah bin Umar: ra\"Saya sholat bersama nabi SAW 2 rokaat sebelum dzuhur dan 2 rokaat setelahnya\".(HR Bukhori,Muslim dan tirmidzi).

    Dari Aisyah ra :\"Bahwa Rosulullah SAW tidak pernah meninggalkan sholat sunah sebelum dzuhur 4 rokaat dan 2 rokaat sebelum sholat subuh\".(HR Bukhori).

    Dua hadits diatas adalah shohih semuanya,lalu manakah yang benar.Tentu saja dua2nya benar,karena semua shohih.Sebagian Ulama mengatakan bahwa jika nabi SAW melakukan 4 rokaat sebelum dzuhur itu karena nabi SAW melakukannya dirumah,sehingga Aisyah ra mengetahuinya.Sedangkan Ibnu umar hanya tahu ketika nabi sholat dimasjid 2 rokaat.

    Menurut pendapat Abu ja\’far Al thobary bahwa Rosulullah SAW lebih sering melakukan 4 rokaat sebelum dzuhur dari pada 2 rokaat.

    Ada pendapat lain seperti berikut,4 rokaat sebelum dzuhur yang rosulullah SAW lakukan bukanlah sunah dzuhur,tapi sholat sunah mutlak dimana nabi SAW selalu melakukan setelah zawal/matahari mulai condong sedikit dari arah tegak diatas kepala.Sebuah hadits dari tsauban ra:\"bahwa nabi SAW sangat menyukai sholat setelah nishfi al nahaar/setelah tengah hari.Lalu Aisyah ra bertanya;\"Ya Rosulallah,aku melihat engkau suka sekali sholat disaat2 seperti ini\".Nabi SAW menjawab:\"Pintu2 langit dibuka,Allah melihat makhluknya dengan rahmat,itulah sholat,dimana nabi Adam,nuh,ibrahim,musa dan isa selalu menjaganya\".(HR Al Bazzar).

    Hadits diatas disebutkan oleh Al Zubaidy dalam kitab Ittihaf al saadat al muttaqin 5/145,kemudian Al haitsamy dalam mujma\’ Al Zawaaid 2/219,Al mundziri dalam At Targhib wa attarhiib 1/400 dan Al Muttaqy Al Hindy dalam kanzul umal 23463.

    Ada lagi hadits dari Abdillah bin Saib ra:\"Bahwa Rosulullah SAW selalu sholat 4 rokaat setelah zawaalnya matahari dan sebelum dzuhur,dan Rosulullah SAW bersabda:\"Bahwa pada saat2 tersebut pintu2 langit dibuka dan aku sangat senang jika amalku naik merupakan amal sholih\".(HR tirmidzi) Wallohu a\’lam.

    akan berlanjut nanti dengan sholat sunah sebelum asar…
    Wassalam
    Ibnu Abdullah

    #81222362
    fuady abdullah
    Participant

    Assalamualaikum war wab
    LANJUTAN TULISAN SEBELUMNYA…

    Masih berkisar sholat sunah dzuhur.
    Dari Umi habibah ra berkata:\"Nabi SAW bersabda:\"Barang siapa menjaga 4 rokaat sebelum dzuhur dan 4 rokaat setelahnya,maka Allah haramkan ia dari neraka\".(HR Abu Dawud 1269,tirmidzi 427).Menurut Imam tirmidzi hadits ini Hasan shohih.

    Umi habibah adalah salah isteri Nabi SAW (Ummul mulminin).Nama aslinya adalah Romlah binti Abi sufyan.Menurut pendapat yang lain namanya Hindun binti abi sufyan.Sebelum dinikahi Rosulullah SAW,Umi habibah adalah janda dari seorang sahabat bernama ubaidillah bin jahsy yang menjadi kelompok pertama yang ikut hijrah ke habayah.Kemudian setelah Ubaidillah wafat dan nabi SAW memuliakan ummi habibah dengan menikahinya.

    Hadits berikutnya dari Aisyah ra :\"Bahwa jika Rosulullah SAW tertinggal sholat 4 rokaat sebelum dzuhur,maka beliau melakukannya setelah dzuhur\".(HR Tirmidzi 426).Menurut Imam tirmidzi hadits ini hasan shohih.

    Sementara hadits lainnya dari Ibnu Umar ra,beliau berkata:\"rosulullah SAW bersabda:\"SEmoga Allah merahmati orang-orang yang sholat sunah dzuhur 4 rokaat\".(HR Ahmad dan titmidzi).Hadits ini dihasankan oleh Abu Dawud.Tapi oleh Ibnu khuzaimah dan Ibnu Hibban hadits ini shohih.

    Melihat beberapa hadits diatas,disimpulkan oleh kalangan madzhab Syafi\’i bahwa yang rojih bahwa sholat sunah qobliyyah dan ba\’diyyah dzhur masing-masing 4 rokaat.Wallohu a\’lam

    Wassalamualaikum war wab
    Ibnu Abdullah

    #81222367
    Munzir Almusawa
    Participant

    lanjut sdr Ibn Abdillah.. Barakallahu fiikum,. saya langsung pindah ke pertanyaan lain

    Mas kukuh semoga dalam kebahagiaan dan kebahagiaan selalu, terimaksih atas jamuannya di kediaman anda. ALhamdulillah..

    tinggal mas Ibn Abdillah ni belum ngundang saya..

    #81222487
    fuady abdullah
    Participant

    Assalamualaikum war wab

    Ana belum cuti nih bib…masih di tim-teng.
    Saya asal indramayu,isteri saya dari tasikmalaya.Saya sedang menunggu kelahiran jabang bayi saya yang pertama.saat ini isteri lagi hamil masuk 7 bulan.Doakan buat isteri dan anak saya.

    Wuzaroh al auqof wasysyuun al islamiyyah dimana saya bekerja,mengizinkan saya cuti mulai tanggal 22 oktober (bulan depan).Insya allah laula al \’udzru ana pulang.Ana ingin sekali berkunjung ke Majlis rosulullah dan mengikuti dzikir bersama habib.

    Insya Allah ana usahakan bisa berkunjung ke MR.Doakan ana bib agar Allah SWT melancarkan dan memudahkan segala urusan ana.

    Wassalam war wab
    Ibnu Abdullah

    #81222494
    fuady abdullah
    Participant

    Lanjutan rowatib…
    BAB SHOLAT SUNAH ASAR

    1- Hadits dari Ali Bin Abi Tholib ra ,bahwa Rosulullah SAW sholat sunah sebelum ashar 2 rokaat.(HR Abu Dawud 1272 dengan isnad shohih).

    2- Hadits dari Ali Bin Abi Tholib ra,bahwa Rosulullah SAW sholat sunah 4 rokaat sebelum ashar dengan 2 salam.(HR Tirmidzi 429)menurut beliau hadits ini hasan.

    3- Hadits dari Ibnu Umar ra,dari nabi SAW bersabda:\"Semoga Allah merahmati orang2 yang sholat 4 rokaat sebelum ashar\".(HR Abu Dawud 1271 dan Tirmidzi 430).Hadits ini hasan menurut tirmidzi,tapi menurut Ibnu Hibban hadits ini shohih.

    Hadits ke 1 dan ke 2 yang dari Ali Bin Abi Tholib nampak berbeda.Hadits pertama menjelaskan bahwa sholat sunah ashar 2 rokaat.Tapi pada hadits yang ke 2 mengatakan 4 rokaat.

    Menurut Ibnu \’Allan 2 hadits diatas tidak bertentangan,karena jumlah bilangan rokaat bukanlah hujjah.Karena menurut beliau Rosulullah SAW pada satu waktu melaksanakan sholat sunah ashar tersebut 2 rokaat dan saat yang lain 4 rokaat.

    Melihat hal ini sebagian madzhab syafi\’i berpendapat sholat sunah ashar ghoiru muakkad.Ini menurut Ibnu \’Allan.Sedangkan Ibnu Ruslan mengatakan bahwa sholat sunah ashar adalah muakkad..Wallohu a\’lam.

    Catatan;
    A). Madzhab Syafi\’i : Disunahkan mengqodho sholat sunah yang punya waktu apabila tertinggal seperti sholat rowatib,dhuha dan dua hari raya.Misalnya qobliyah subuh jika tertinggal maka disunahkan untuk di qodho setelah sholat subuh,atau qobliyyah ashar boleh dilakukan setelah ashar jika tertinggal.

    Namun oleh sebagian ulama syafi\’iyyah mensyaratkan diperbolehkannya hususnya mengqodho sholat qobliyah subuh dan qobliyah ashar adalah bagi orang2 yang yang memang membiasakan diri melakukan sholat2 sunah tersebut.jika tidak biasa,maka tidak diperbolehkan.Tapi menurut sebagian yang lain hal itu mutlak diperbolehkan,baik biasa maupun tidak biasa melakukannya.

    Kalau sholat sunah itu tidak punya waktu maka tidak boleh diqodho jika tertinggal,apakah sholat sunah itu dzuu sabab/punya sebab seperti sholat gerhana atau sholat sunah yang tidak punya sebab seperti sunah mutlak,maka sholat itu tidak boleh diqodho.
    Wallahu a\’lam.
    Insya Allah tulisan berikutnya adalah sholat sunah maghrib.

    Wassalamualaikum war wab
    Ibnu Abdillah.
    NB:Ana jadi malu sama habib nih.Ternyata habib ini teliti sekali kalau ana tuh salah pakai IBNU ABDULLAH yang seharusnya IBNU ABDILLAH sebagaimana habib luruskan.Memang itu adalah tarkib idhofiyah/mudhof dan mudhof ilaihi yang mesti jadi al jaaru wal majruur dan alamat jar nya memakai kasroh.

    Makasih ya bib.

    #81222515
    Munzir Almusawa
    Participant

    wah.. jauh sekali, tapi dekat dihati..

    terimakasih artikelnya,

    semoga anda dilimpahi keturunan yg shalih dan shalihah.., dan selalu dalam keberkahan,

    saya menanti perjumpaan jasadi wahai saudaraku yg kumuliakan,

    salam rindu

Viewing 10 posts - 1 through 10 (of 12 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Tauhid’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru