October 26, 2020

sikap terbaik

Home Forums Forum Masalah Umum sikap terbaik

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • Author
    Posts
  • #175587241
    ajid didik widianto
    Participant

    Assalamu`alaikum Wr.Wb..Ya Habib yg saya muliakan. keberkahan dan kesehatan smoga selalu menaungi hari-hari antum.
    Ya Habib saya butuh beberapa masukan dalam bagaimana saya harus bersikap terhadap beberapa keadaan.
    – ada teman yg berhutang pada saya dgn jumlah cukup lumayan,sebelum berhutang dia tanya k saya kpn mau di kembalikan? teman saya bekerja jadi saya yakin dia bisa mengembalikan dengan jumlah uang segitu.saya jawab silahkan pakai dulu nanti kalau saya butuh saya tagih atau tunggu nanti saya pulang (kebetulan sekarang sedang merantau). pada saat sekarang keluarga saya di rumah sedang perlu uang dan saya bermaksud menagih dia,tapi tiap di telp atau di sms tidak di balas. bisa saja saya tanya keluarga atau temannya di sana,tapi saya pikir tidak enak bila sampai harus cerita2 untuk menanyakan nya.
    – atau mungkin itu balasan untuk saya karena dulu pernah janji untuk membantu teman yg sanak keluarga sedang kena sakit. pada saat itu ada teman saya yg di atas itu hutang dalam jumlah besar dan agak berat makanya ingin cerita ke teman bagaimana sebaiknya,tapi malah dia juga ingin hutang.saya jadi tidak enak. ketemu lg temen A saya ceritakan kejadian tadi kemudian A cerita bahwa temen B saudaranya sedang mengidap penyakit dan akan di operasi tapi belum ada biaya.saya jwab insyaAllah bulan depan saya coba bantu karena bulan itu sudah memberi hutang pada 2 teman. bulan depannya saya coba hub teman B untuk menanyakan kabar,tapi tidak di angkat.saya sudah coba beberapa kali tapi agak susah. waktu itu memang belum ada kebutuhan di rumah jadi saya masih bisa membantu.tapi sekarang di rumah sedang ada perlu untuk kebutuhan kami sendiri. sedang untuk menagih ke teman dengan rasa yg benar2 sungkan tapi terpaksa walau agak susah. Ya Habib bagaimana sikap yg harus saya lakukan menghadapi semua itu. teman butuh bantuan dan saya berusaha menolong sebisa saya tapi saya juga punya keperluan untuk diri saya sendiri.
    Mohon bimbingan dan sarannya Ya Habib.

    syukron,

    Wassalamu`alaikum Wr.Wb

    #175587247
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    kebahagiaan dan Kesejukan Rahmat Nya semoga selalu menaungi hari hari anda,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    menagih diperbolehkan dalam syariah, tapi syariah melarang kita menagih jika ia sedang susah,
    membantu meminjami orang lagi sangat mulia, tapi Allah melarang kita berlebihan dalam membantu

    saya pernah terjebak hal seperti anda, sampai saya hancur sendiri, hutang numpuk akhirnya saya harus menjual banyak yg saya punya karena kebutuhan sehari hari terarah pada orang lain, karena saya tidak tega menolak

    sdrku ketahuilah dan ingatkan diri anda, bahwa ada Yang maha Memberi rizki yg menafkahi mereka, mungkin Allah swt ingin memberi mereka kemakmuran namun diawali dg kesulitan, mungkin penhapusan dosanya dll, maka bantulah semampunya saat kita punya kelebihan, saat tidak maka tahanlah rizki itu karena menafkahi diri dan keluarga pun adalah pahala shadaqah.

    yg disebut kikir adalah yg punya kelebihan namun tak mau membantu orang lain.

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

    Wallahu a\’lam

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Umum’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru