December 1, 2020

surat al hujurat

Home Forums Forum Masalah Umum surat al hujurat

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • Author
    Posts
  • #72012039
    sholeh
    Participant

    assalamualaikum wr. wb. Habib
    semoga Allah mencurahkan selalu ratmanya – kepada Habib
    Habib, saya sangat terkesandengan mauzoh khasanah pada selasa 17/4\’ 06 kemarin, terutama ketika Habib membacakan surat al-hujurat yang menyuruh kita untuk merendahkan suara kita di hadapan sang Nabi SAW . menurut pendapat teman saya ayat ini turun untuk teguran para sahabat yang memanggil Nabi dengan seenaknya. tetapi pada saat sekarang ini kata teman saya ayat ini untuk orang yang menegluarkan suaranya dgn keras pada pembacaan sholawat dan ayat ini adalah teguranya.
    Mohon Penjelasanya tentang masalah ini supaya saya bisa memberikan penjelasan kepada temen saya tersebut. terima kasih dan doa kan saya Habib.

    sholeh

    #72012042
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Limpahan Anugerah Nya semoga selalu menaungi anda setiap saat.

    he..he.. iya, demikianlah keadaan mereka, menafsirkan Alqur\’an semau nafsunya, satu ayat bisa ditafsir 1000 makna atau lebih bila tanpa ilmu.

    orang yg menafsirkan Alqur\’an tanpa ilmunya bagaikan keledai yg membawa tumpukan kitab, sebagaimana firman Allah swt dalam surat Aljumu\’ah ayat 5.

    keledai itu tak tahu apakah yg dipundaknya itu emas atau batu, atau kitab ilmu atau kertas belaka, namun ia terlihat gagah dengan membawa puluhan kitab dipundaknya, padahal ia tak tahu maknanya.

    Alqur\’an tak bisa ditafsirkan semaunya kecuali dg Asbabunnuzul nya.

    ayat ini turun untuk Tsabit bin Qeis bin Syimas ra, yg mengeraskan suaranya didepan Rasul saw (Tafsir Ibn Abbas ra hal 515), Tafsir Imam Thabari Juz 26 hal 117).

    ayat ini turun untuk Abubakar a dan Umar yg sedang saling berdebat dihadapan Rasul saw (Tafsir Imam Qurtubi Juz 16 hal 303)

    dan ayat inipun teguran agar para sahabat jangan memanggil Rasu saw dengan namanya, tapi harus dengan Penghormatan, Wahai Rasulullah, wahai Abulqasim dll (Tafsir Qurtubi, Tafsir Attabari, Tafsir Ibn Abbas alam pembahasan ayat yg sama).

    nah.. bila mereka menafsirkan ayat ini utk orang yg bershalawat di zaman sekarang dg suara keras, maka mintalah dalil buktinya?, tak satupun para mufassirin menafsirkannya demikian, hanya mereka saja yg usil dan tak suka orang bershalawat.

    wallahu a\’lam.

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Umum’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru