November 27, 2020

surga di telapak kaki ibu

Home Forums Forum Masalah Umum surga di telapak kaki ibu

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • Author
    Posts
  • #71860734
    yetty
    Participant

    Assalamualaikum wr,wb
    Semoga Curahan Rahmat dan Rizki, dan semoga habib sekeluarga diberikan ni\’mat sehat wal afiat, ni\’mat iman, dan ni\’mat Islam.
    Habib, begini ada yang mau saya tanyakan. Ada seorang anak dia sangat disayangi oleh Ayah, Ibunya. mungkin karena sudah beberapa tahun, mereka baru di karuniai anak. dan dia sangat dimanaja sekali. sampai-sampai dia tidak menghargai sama sekali ibunya. Sampai waktu itu Ibunya menyuruh dia , dan dia berkata \"ah\", \"nggak\", tetapi ibunya tetap sabar. Dan pada hari Idul Fitri, Ibunya sakit. Dan ada temannya berkata, kok loe, nggak temenin Ibu loe sich, kan ibu loe, lagi sakit. tapi dia menjawab\" gak apa-apa, entar juga ibu gue sembuh kok\". dan temannya bilang lagi,loe tuh harus jaga ibu loe, loe kan enak masih ada Ibu loe, entar kalau gak ada, entar loe nyesel?
    trus, keesokkanya, kita semua dapat kabar bahwa ibunya meninggal. Dan saya berpikir Alhamdulillah saya masih, mempunyai Orang Tua, terutama ibu. dan saya bersyukur alhamdulillah.
    trus, bagaimana dengan anak itu, habib. Apakah dia anak yang tidak berbakti kepada orang tua, terutama ibunya, atau sebaliknya?
    hanya itu saja, yang mau saya tanyakan habib. jika ada kesalahan dalam tulisan ataupun katanya, saya mohon maaf.
    jazakumullah kashiron
    wassalamualaikum wr,wb

    #71860746
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalawam waahmatullah wabarakatuh,

    semoga limpahan Rahmat dan Cahaya Keridhoan Nya selalu menaungi siang dan malam anda, dengan kelembutan yang melebur segala permasalahan dan dosa, amiin.

    sebelumnya saya mohon aaf atas keterlambatan menjawab,

    mengenai anak itu memang ia telah kehilangan satu amal yg merupakan salah satu dari amal yg paling mulia.

    Sabda Nabi saw : \"Sebaik baik amal adalah Shalat pd waktunya, lalu berbakti kepada Orang tua, lalu Jihad di jalan Allah\" (Bukhari Muslim)

    namun dalam hal ini bila kedua orang tuanya tak mendidiknya dimasa kecil, maka tidaklah kesalahan tertumpah pada anaknya semata, namun sebagian kesalahan ini adalah juga tanggungjawab kedua orangtuanya kelak.

    dan kita tidak bisa menghukumi anak itu durhaka, terkecuali dengan dua hal :
    1. Ayah dan Ibunya telah menjalankan kewajiban mereka dalam mendidik.
    2. Ibunya wafat dalam keadaan tidak ridho pd sang anak.

    bila salah satu atau kedua hal diatas terjadi, maka beban si anak sangat berat di hari kiamat dan ia tergolong anak durhaka, siksa kubur menantinya, dan beban dahsyat di akhirat akan menimpanya, terkecuali bila Allah menghendaki baginya keselamatan.

    namun bila ada dari salah satu hal diatas atau keduanya tak terjadi, maka yg jelas beban sang anak akan lebih ringan, karena kesalahan tidak mutlak ada pd nya.

    wallahu a\’lam

    sekali lagi mohon maaf atas keterlambatan jawaban,

    wassalam

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Umum’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru