November 29, 2020

syaithon masuk Islam?

Home Forums Forum Masalah Tauhid syaithon masuk Islam?

Viewing 8 posts - 1 through 8 (of 8 total)
  • Author
    Posts
  • #77868962
    Kabut
    Participant

    Assalamualaikum ya habibana..semoga habibana selalu diberikan kesehatan dan kekuatan dalam berdakwah dan membimbing ummat. Begini Bib, ana pernah dapat suatu keterangan bahwa syaithon yang menggoda Rasulullah itu akhirnya masuk Islam. Apakah benar demikian? Apakah ada keterangan yang menyatakan demikian? Bukankah syaithon itu tempatnya di neraka? Jika dia muslim berarti dia akan masuk ke dalam syurga dong? Mohon penjelasannya ya habib.
    wassalamualaikum

    #77868970
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabaraktuh,

    Semoga Keagungan Cahaya Rajab dan kemuliaan Isra wal Mi’taj selalu menerangi hari hari anda,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    hal itu merupakan hadits Rasul saw, seraya berkata kepada Ummulmukminin Alisyah ra bahwa setiap manusia itu ada syaitan pada dirinya, maka Ummulmukminin Alisyah ra bertanya pada Rasul saw : \"apakah pada dirimu juga terdapat syaitan?, Rasul saw menjawab : Betul, pada dirikupn ada syaitan, namun Allah memeliharaku hingga membuatnya masuk islam\" (Shahih Muslim hadits no.2815).

    mengenai hadits itu ad dua makna, karena dijelaskan sampai syaitan itu \"Aslam\", nah, aslam ini ada dua makna, makna pertama adalah masuk islam, makna yg kedua adalah menyerah.

    sebagian ulama menafsirkannya syaitan itu masuk islam, dan ini adalah kekhususan bagi Rasulullah saw.

    pendapat lain mengatakan bahwa syaitan itu sudah menyerah, maksudnya sudah menjadi jinak dan tak berdaya, karena hati beliau sawe telah dicuci oelh Jibril as dimasa kecilnya.

    mengenai masuknya syaitan itu ke sorga tentunya tidak, karena penduduk sorga itu adalah Jin dan Manusia, syaitan, hewan, tumbuhan dan malaikat tidak termuliakan dg sorga.

    namun bukan hal mustahil bila syaitan yg satu itu masuk sorga pula karena kekhususan Nabi saw, namun hal itu tak teriwayatkan dalam riwayat tsiqah.

    demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu,

    wallahu a\’lam

    #77869061

    Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

    Alhamdulillah wassalaatu wassalaamu \’alaa rasuulillaah wa aalihii wa man waalah.

    Habiib, mohon maaf sebelumnya wallaahu aklam bilhaqq, pada hemat ana berkaitan permasalahan syaitan masuk syurga ini, saya sependapat dengan Habiib bahwa syaitan itu tidak akan masuk syurga, jadi yang masuk syurga itu bukan syaitan, tapi JIN Islam yang menjadi Qarin Rasulullah, di mana menurut ahli kasyf bernama Habibul huda dan dia masih hidup lagi di Madinah sehingga sekarang, dengan rido dan izin Allah SWT tidak mustahil mungkin saja dia akan masuk syurga, sebagai mana kata Habiib, sebab ketika masuk syurga itu dia sudah berstatus sebagai Jin yang ASLAMA, baik yang bermaksud masuk Islam ataupun bermaksud sudah berserah diri kepada Allah, menjadi Jin Islam yang baik dan taat tentunya, bukan sebagai iblis atau syaitan lakantullaah \’alaihim, musuh Allah yang sudah dipastikanNYA akan berada di neraka Jahannam selama-lamanya.

    Habiib mohon betulkan bila pendapat ana salah, dan mohon doakan ana sekeluarga ya.

    Baarakallaahu lakum wa ahaaliikum jamii\’an.
    Wassalamualaikum Warahamtullah Wabarakatuh.

    #77869089
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabaraktuh,

    Cahaya keberkahan Rajab dan kemuliaan malam isra wal mi’raj semoga selalu menaungi hari hari anda,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    mengenai hadits shahih Muslim yg saya kemukakan itu jelas jelas merujuk kepada syaitan penggoda, bukan jin, sebab Rasul saw saat itu melihat Aisyah ra yg curiga atas kepergian beliau saw dimalam hari, lalu Rasul saw berkata : apakah datang padamu syaitanmu?, maka Aisyah ra bertanya : Wahai Rasulullah, apakah pada diriku ada syaitan?, maka Rasul saw bersabda : pada diri setiap manusia ada syaitan, hingga akhir hadits, maka tentunya yg dimaksud Rasul saw adalah syaitan yg menggoda dalam hal cemburu, curiga dlsb, tentunya bukan Jin.

    mengenai masuk sorganya atau tidak, wallahu a\’lam

    demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu,

    wallahu a\’lam

    #77869097

    Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

    Alhamdulillaah wassalaatu wassalaamu \’alaa rasuulillaah wa aalihii wa man waalah.

    Di hari yang mulia nan penuh berkah ini, semoga Allah selalu melimpah curahkan keberkatanNYA ke atas Habiib, seluru ahli keluarga Habiib, warga MR dan kaum muslimin semuanya.

    Habiib shukran wa jazaakumullaah \’alaa ta\’liimikum iyyaaya.

    Habiib mohon pendapat Habiib tentang pendapat yang mengatakan bahwa iblis dan syaitan itu termasuk golongan jin yang bermaksiat kepada Allah Ta\’aalaa, lebih lanjut pendapat tersebut mengatakan iblis la\’natullaah \’alaiih yang menggoda dan mengakibatkan terusirnya nabi Allah Adam a.s dan Hawa, sebenarnya dari golongan jin yang bernama AZALZIL yang telah beribadah dan mengabdi kepada Allah SWT sekian lama bersama-sama golongan Malaikat, oleh itu ketika Allah SWT memerintahkan dia untuk sujud kepada Adam a.s, dia enggan karena merasa lebih mulia dari Adam a.s yang diciptakan dari tanah yang gelap sedangkan dia dari cahaya api yang terang benderang, kerana dia ingkar tak taat kepada Allah untuk memberi pengjormatan kepada Adam a.s, maka Allah SWt menggelarnya dengan panggilan iblis, yang terputus dari rahamt Allah, selanjutnya karena bukan saja dia dah ingkar dan bermaksiat, tapi dia juga berusaha ingin menggoda Adam untuk bermaksiat kepada Allah SWT, karena hasad iri dengki kepada Adam a.s, maka dengan sifat yang sangat tercela dan buruk ini Allah menambah gelarannya menjadi syaitan, bila dia berjanji dan bersumpah di hadapana Allah untuk menyesatkan bani Adam a.s, maka Allah menambahkan gelaran untuknya denga sebutan AR_RAJIIM.
    Berdasarkan pendapat ini maka iblis dan syaitan itu sebenarnya juga dari golongan jin yang bernaksiat kepada Allah SWTdan rasul SAW, maka golongan jin yang jahat itupun bermacam namanya, ada KHANNAAS, HINJAAB, QARIIN dsb. Kata pendapat ini lebih lanjut bahwa hanya saja golongan jin atau syaitan yang bergelar Qarin yang selalu mengikuti dan bersama Rasul SAW itu dengan pertolongan ALLAH telah dapat diislamkan oleh rasul SAW.

    Habiib betul tak pendapat ini?, mohon huraian Habiib, mohon maaf telah banyak menyusahkan Habiib, semoga Allah menerima amal ibadah Habiib dan membalasnya dengan limpahan berkah dariNYA.

    Shukran wa jazaakumullaahu khairaljazaak.
    Wassalamualaikum Warahmatullah Wabaraktuh.

    #77869111
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Limpahan kebahagiaan dan kasih sayang Nya swt semoga selalu tercurah pada hari hari anda,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    ada pendapat demikian, namun bila kita lihat surat Al jin, maka fahamlah kita bahwa Jin itu sendiri ada yg beriman dan yg kufur, maka tentunya yg kufur itu mestilah di goda oleh syaitan pula.

    dan diriwayatkan dalam hadits shahih ketika para Jin itu bertanya pada Rasul saw, mereka harus makan apa yg halal bagi mereka?, maka Rasul saw memperbolehkan mereka memakan tulang belulang bekas makanan muslimin dan bekas makanan muslimin lainnya.

    dan Jin bisa berwujud, dan ada masyru\’iyah diperbolehkannya menikah dengan wa nita dari golongan Jin, walaupun hanya qaul saja, bukan mu\’tamad.

    nah.. disini kita bisa melihat perbandingannya dan dapat mengambil kesimpulan masing masing, tentunya kita lebih condong bahwa jin bukanlah syaitan, namun ia bersekongkol dengan syaitan bila dalam kekufuran sebagaimana manusia bersekongkol dengan jin atau syaitan bila dalam kekufuran,

    wallahu a;lam

    #77869162

    Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

    Alhamdulillah semoga salawat dan salam yang sempurna dilimpahcurahkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW dan seluruh ahli keluarga, zurriyyat, pada sahabat radillaah anhum, para isteri beliau ummahatilmukminiin, para taabi\’iin dan seluruh ummat beliau yang mengikuti sunnahnya.

    Habiib shukran jaziilan, semoga Allah SWT menerima dan membalas segala amal ibadah Habiib.

    Alhamdulillah ilmu dan maklumat ana tentang perkara ini dah semakin bertambah dan semakin meluas, terima kasih atas ta\’liimikum iyyaayya wa iyyaanaa jami\’an.

    Baarakallah fiikum ajma\’iin yaa Habiib.

    Wassalamualaikum Warahmatullah Wbarakatuh.
    Wassalamualaikum Warahmatullah Wabaraktuh.

    #77869199
    Munzir Almusawa
    Participant

    Hayyakumullah..

    semoga Allah menyambut anda dengan segala anugerah Nya swt.

Viewing 8 posts - 1 through 8 (of 8 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Tauhid’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru